Drama Sageuk Ahn Hyo Seop & Kim Yoo Jung (2021)

Review-lovers-of-the-red-sky

 Annyeonghaseyo Chinguya ❤

Drama Ahn Hyo Seop dan Kim Yoo Jung ini berjudul Lovers of The Red Sky. Judul dalam bahasa Koreanya adalah Hong Cheon Gi. Drama ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jang Eun Gwol. Entah kenapa ketika pertama denger judulnya aku jadi inget drama When The Wheater is Fine. Padahal ngga ada hubungannya sama sekali, baik dari genre ataupun pemainnya. Mungkin karena judulnya yang agak panjang dan nama karakter pemeran utama prianya bernama Im Eun Seop. Padahal yang main Seo Kang Joon. 

Drama ini berfokus pada kisah Hong Cheon Gi yang merupakan pelukis pertama wanita pada jaman Joseon dan Ha Ram seseorang yang bertugas di kerajaan sebagai pembaca rasi bintang atau bisa dibilang peramal kerajaan. Prediksinya tidak pernah salah.

Tentu saja semua kisah itu dibalut dengan konflik kerajaan. Drama Sageuk tanpa politik kerajaan atau perebutan kekuasaan kalau kata mbk Inul rasanya seperti sayur tanpa garam. 

Mari kita bahas dari sinopsisnya terlebih dahulu.


Sinopsis Drama Lovers of The Red Sky

Hong Cheon Gi adalah pelukis wanita yang berbakat. Bakat melukisnya menurun dari sang ayah. Ketika dia lahir sang ayah sedang menyelesaikan lukisan penting. Hong Cheon Gi ketika lahir tidaklah buta. Karena sebuah kutukan beberapa jam setelah lahir dia menjadi buta. Meskipun buta bakat melukisnya sudah terlihat. 

Dia pernah bertemu dengan anak laki-laki yang membuat kenangan di hatinya. Ha Ram menjadi orang pertama yang mau berteman dengannya dan membantunya. Mereka berjanji akan bertemu lagi ketika urusan Ha Ram di kerajaan selesai. Sayangnya Ha Ram tidak bisa menepati janjinya

Kehidupan berubah. Suatu kejadian membuat Cheon Gi tiba-tiba bisa melihat dan Ha Ram menjadi buta. Namun mereka sudah ditakdirkan akan bertemu lagi ketika saatnya tiba. 


Pemeran Drama Lovers Of The Red Sky

cast-lover-of-the-red-sky
sumber: instagram sbs.official

Ahn Hyo Seop sebagai Ha Ram

Kim Yoo Jung sebagai Hong Cheon Gi

Gong Myung sebagai Lee Yul (pangeran Yangmyeong)

Kwak Si Yang sebagai Lee Hoo (pangeran Juhyang)

Mun Suk sebagai Sam Shin

Jo Sung Ha sebagai Raja Seongjo 


Profil Drama 

Genre : Historical, Romance, Fantasy

Jumlah Episode : 16

Tayang : SBS

International : Viu

Penulis : Ha Eun

Sutradara : Jang Tae Yoo


Awal Mula Kisah Lovers of The Red Sky

samsin-lovers-of-the-red-sky

Diceritakan bahwa ada jaman dimana manusia dan para makhluk lainnya hidup harmonis berdampingan. Ada makhluk yang bernama Samsin. Samsin adalah makhluk yang dalam satu tubuh bersemayam tiga dewa. Sam yang artinya 3 dan Sin yang berarti dewa. 

Ketiga dewa tersebut bertanggung jawab atas kelahiran, kematian dan menjaga keseimbangan keduanya. Sang iblis yang bertanggung jawab atas kematian keluar dari tubuh Samsin dan memakan dewa yang bertugas menjaga keseimbangan. Alhasil keseimbangan pun runtuh. Sang iblis ini hidup dari rasa serakah manusia. 

Suatu ritual diadakan untuk mengurung iblis ini agar tidak menyebabkan kekacauan yang lebih parah. Atas kerjasama berbagai pihak terutama Ha Sung Jin dan Hong Eun Ho si iblis berhasil di segel dalam sebuah lukisan. Namun iblis tersebut membuat kutukan yang akhirnya menyusahkan seluruh negeri. 


Nasib Malang Ha Ram & Cheon Gi

Ha Ram adalah anak yang dikorbankan saat ritual pemanggilan hujan. Disaat yang bersamaan pangeran Lee Hoo tanpa sengaja melepas segel iblis. Iblis yang kembali terlepas disemayamkan dalam tubuh Ha Ram. Tentunya Ha Ram sendiri tidak sadar jika ada iblis dalam dirinya. Samsin memutuskan mengambil mata si iblis agar dia tidak bisa menggunakan kekuatannya. Itulah penyebab Ha Ram menjadi buta.

Mata si iblis dipinjamkan kepada Cheon Gi sehingga di bisa melihat lagi. Cheon Gi adalah anak yang dijanjikan akan menyelamatkan dunia melalui lukisan yang akan dia buat. Itulah sebabnya Cheon Gi dipinjamkan mata oleh Samsin. Namun Samsin sempat berkata bahwa saat mereka bertemu kembali semua akan kembali seperti semula. Apakah itu sebuah pertanda untuk ending drama ini?

Sejatinya nasib mereka sangat tidak beruntung. Keluarga Ha Ram yang dulu membantu kerajaan menyegel si iblis justru dibunuh oleh orang kerajaan sendiri. Entah ini perintah raja atau ada unsur ketidaksukaan anggota dibawah raja dan membunuh keluarga Ha Ram tanpa sepengetahuan Raja. Terutama tokoh Mi Su paranormal wanita kerajaan yang mengorbankan Ha Ram saat ritual pemanggilan hujan. Padahal raja sudah melarang untuk mengorbankan nyawa manusia apalagi anak-anak.  

Ha Ram kini menjadi kesayangan Raja Seongjo. Namun diam-diam dia juga menyusun rencana balas dendam untuk ayahnya. Berhasilkan Ha Ram membalas dendam atas kematian ayahnya? Mengingat Cheon Gi kini ada di istana.

Cheon Gi juga hidup bersama ayahnya yang kehilangan akal akibat melihat iblis pada masa lalu. Ayahnya masih mengingat Cheon Gi yang anak-anak dan buta. Dia selalu bersedia melakukan hal apapun untuk kesembuhan ayahnya. Dia berhasil memenangkan kontes melukis dan berhasil masuk istana. Dia diberi tugas khusus untuk memulihkan lukisan raja (ayah raja Seongjo) yang terbakar dulu. 


Kesan Pertama Menonton Lovers Of The Red Sky

kesan-menonton-lovers-of-the-red-sky

Langsung tertarik. Kali ini bukan karena pemainnya tapi karena ceritanya. Drama ini memang mengangkat sosok nyata Hong Cheon Gi pada masa Joseon sebagai pelukis pertama wanita. Bahkan sang sutradara menggarapnya sangat hati-hati agar tidak mendapat protes k-netz sebagai distorsi sejarah. 

Tentunya hal klasik dalam drama sageuk seperti perebutan kekuasaan, balas dendam bahkan cinta segitiga tetap ada. Cerita dramanya dibalut dengan kisah mistis dengan adanya makhluk gaib yang membuat semakin seru. Iblis yang ada dalam diri Ha Ram dan bisa membuat Ha Ram berubah menjadi jahat justru diinginkan oleh pangeran Juhyang demi kekuasaan. Bisakah si iblis disegel lagi? Apakah pangeran Juhyang akan bertakhta? Bagaimana akhir kisah  Ha Ram dan Cheon Gi?

Drama ini tayang pada hari senin selasa di SBS dan kita bisa menontonnya di Viu. 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar