Review Film Korea Architecture 101: Godaan Cinta Pertama

Review film Architecture 101 viu

Annyeonghaseyo uri chingu... 

balik lagi nih aku mau mereview film Korea yang judulnya Architecture 101. Filmnya memang udah lawas dan udah kemarin-kemarin selesai nonton tapi baru sempet nulis reviewnya sekarang. Nontonnya bisa di Viu (mumpung premium) jadi bisa akses viu movies nya. Lagi males ngedrama aja akhir - akhir ini ditambah lagi isolasi mandiri di rumah jadi hiburannya di temenin koleksi film yang ada di Viu aja. Pikirannya juga berasa kacau aja gitu jadi mau ngedrama berasa ngga tenang. 

Oke mari kita bahas filmnya dari profil filmnya dulu. 

Judul : Architecture 101

Sutradara : Lee Yong Joo

Penulis : Lee Yong Joo

Release date : 22 Maret 2011

Durasi : 1j 58m

Genre : Melodrama/ Roman

Layanan Streaming : Viu

Cast/ Pemain 

Lee Je Hoon sebagai Lee Seung Min (muda)

Bae Suzy sebagai Seo Yeon (muda)

Han Ga In sebagai Seo Yeon

Uhm Tae Wong sebagai Lee Seung Min

Jo Jung Suk sebagai sahabat Seung Min muda


Sinopsis Architecture 101

Film ini bercerita tentang seorang arsitek yang bertemu kembali dengan cinta pertamanya 15 tahun yang lalu. Seo Yeon mencari Seung Min untuk memintanya merenovasi rumahnya yang ada di pulau Jeju. Pertemuan mereka membawa kembali kenangan semasa kuliah. Sebenarnya ada alasan lain Seo Yeon meminta Seung Min untuk merenovasi rumahnya.


Review Architecture 101

Kata orang cinta pertama itu tidak terlupakan. Benarkah seperti itu?? 

Seung Min tiba-tiba dihampiri oleh cinta pertamanya yang telah dia lupakan. Pembukaan filmnya agak kocak sih. Ketika Seo Yeon (Han Ga In) datang ke kantor Seung Min (Uhm Tae Wong) dia udah PD aja dong menyapa sambil SKSD gitu lah ternyata Seung Min nya tidak mengenali dia. Dia jadi memperkenalkan diri kalo dia adalah Seo Yeon dari jurusan musik yang pernah mengikuti kelas architecture. Seung Min berfikir keras dan untungnya dia ingat. Setelahnya Seung Min jadi bersikap kaku.

Muncullah kenangan semasa muda mereka yang diperankan oleh Suzy dan Lee Je Hoon. Disini Lee Je Hoon memerankan karakter lelaki polos. Asli polos beda jauh sama karakter dia di drama Taxi Driver. Ah bikin jatuh cinta liatnya. 

Lee Je Hoon Suzy

Jadi semasa muda ini Seung Min sudah jatuh cinta sama Seo Yeon tapi dia ragu-ragu untuk menyatakan perasaannya. Mereka semakin dekat saat mengerjakan tugas kuliah bersama tapi tetep saja Seung Min tidak berani menyatakan perasaannya. Dia hanya menebak-nebak tentang hubungannya dan bercerita pada temannya yang suka memberi saran menyesatkan. 

Jo Jung Suk Lee Je Hoon

Seo Yeon digambarkan sebagai wanita yang pemberani tidak malu-malu dan seolah-olah berhati kuat. Seung Min ragu menyatakan perasaannya karena dia sempat bertanya apakah dia menyukai Jae Wook, teman Seung Min yang populer dan kaya. Sebenernya jawaban Seo Yeon netral "Gadis mana yang tidak menyukai Jae Wook oppa, dia kaya dan populer semua gadis menyukainya sepertinya tidak ada harapan bagiku" tapi Seung Min salah mengartikan perkataan Seo Yeon.   


Sampai terjadilah kesalahpahaman diantara mereka. Ketika Seung Min ingin mengungkapkan perasaannya sudah nunggu dari pagi sampai malem sambil kedinginan pula, Seo Yeon justru datang bersama Jae Wook dalam keadaan mabuk. Seung Min merasa marah dan kecewa ditambah pula Jae Wook mengantarnya ke dalam kamar. Asli adegan ini bikin kesel sama Seung Min nya sih. Kenapa ngga dihampiri saja si Seo Yeon. Ketika Jae Wook mengantarnya ke kamar kalau tidak suka ya harusnya itu pintu diketuk saja. 

Karena kesalahpahaman tersebut Seung Min memutuskan hubungan kedekatannya dengan Seo Yeon. Dia tidak datang menepati janji mereka jika akan bertemu saat salju pertama turun. Begitulah akhir cerita kisah cinta masa muda mereka. Padahal mereka sebenarnya saling suka tapi justru berakhir karena tidak adanya keberanian.

Janji bertemu

Seo Yeon dewasa masih bersikap biasa saja dengan Seung Min. Dia ingin kembali menjadi seperti masa lalu. Tapi ternyata Seung Min dalam posisi akan menikah. Dan pasangannya adalah partner kerja yang juga membantu proyek renovasi rumah Seo Yeon. Dia baru tahu ketika mengajak Seung Min makan malam dan akan memberinya hadiah tapi ternyata dia datang bersama rekan kerja wanitanya dan mereka ternyata akan menikah. 

Bagusnya disni Seo Yeon tidak berusaha merebut Seung Min kembali. Tentunya ini menjadi godaan untuk Seung Min. Mereka jadi sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Ditambah di akhir proyek rumah ketika Seo Yeon mulai pindahan mereka saling membuka kenangan masa lalu. Disitu Seung Min baru tahu jika dulu Seo Yeon juga menyukainya. Mereka sama-sama menjadi cinta pertama. Seo Yeon adalah cinta pertama Seung Min dan Seung Min adalah cinta pertama Seo Yeon. 


Lantas bagaimanakah nasib pernikahan Seung Min?? Apakah dia akan kembali ke cinta masa lalunya?

Yuk lah ditonton filmnya.  


Sebuah Pembelajaran

Pembelajaran yang bisa kita ambil dari film ini adalah jangan memendam perasaan. Ungkapkan aja jika kita memang suka terhadap seseorang. Masalah diterima atau ditolak yang penting dia tahu isi hati kita dulu.


Sumber gambar: twitter Viu

Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다 

Baca Juga

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Waahh terima kasih reviewnya aku jadi penasaran jugaa. Aku suka banget sama cerita-cerita friends to lovers semacam ini.Aku juga agak males nonton drama yang berkepanjangan hehe. Nanti aku cekk filmnya.

    BalasHapus
  2. Oalah film ini toh, emang film udah lama yah. Saya ingat teman saya pernah mengedit wajah dia dengan suzy pakai gambar nomor 2 dari bawah, karena dia ngefans banget sama suzy.
    Belum pernah nonton, seru juga kayaknya.

    Btw salah fokus sama template blog ini, karena saya juga pakai yang ini tuk blog kedua saya yang bertema kpop (yang ini = www.bersamakpop.my.id )

    Salam kenal yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kak. wah iya saya liat blognya dan sama hahaha. seleranya sama berarti ya

      Hapus
  3. Benar sih. Ungkapkan saja, siapa tahu perasaan kita berbalas. Tapi kadang kalau cewek mah cuma bisa nunggu. Kadang kan malu kalau ngomong duluan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe cewek duluan yang mengungkapkan juga ngga apa2 sih mbk. siapa tau saling suka tapi diem2an kayak film ini. hihihi

      Hapus
  4. Babang Je Hoon unyu banget, eh ada uncle Uhm Tae Wong si Kim Yu Shin nya Queen Seondeok. Ternyata film lawas yang asik juga ya ditonton saat ini

    BalasHapus
  5. aihhhhh bisa lah ditonton juga nih film hehhee, aku suka klo masalah cinta2an kak wkkwkwkkw

    BalasHapus
  6. wah ini drakor lawas banget ya, jauh sebelum aku kecanduan drakor, hehehe. tapi ini ada bae suzy, huhuhuhu. kayanya aku mau nonton lagi, apalagi temanya arsitek. asoy geboy deh

    BalasHapus
  7. Temanya bikin baper nih... Jadi penasaran pengen nonton hehehe...

    BalasHapus
  8. Haduh another racun lagi... Aku tuh kalau nonton drakor gak bisa berhenti, jadi kadang menghindari dulu.. hahaha

    BalasHapus
  9. Aduh kenapa sih drakor selalu bikin baper ya.. Apalgi kalau mau ngungkapin perasaan aja susah bener, yg nonton biasanya ikut gemess ya hihihii

    BalasHapus
  10. Uhuy banget nih, bener sih mending diutarakan daripada dipendam. Tapi hati-hati bisa mengubah sikap dia ke kita kalau ga tau cara menyampaikannya, dan siapkan mental kalau bertepuk sebelah tangan

    BalasHapus
  11. Waah aku tau Je Hoon ini pas nonton drama Signal, terus liat lagi di drama Move to Heaven jadi suka deh sama aktingnyaaa hihi. Aku gak punya akun Viu nih kira2 ada di Netflix gak yaa. Kalo ada nanti aku nonton deh 😊

    BalasHapus
  12. wahahah drakor ini juga seliweran di beranda viu aku nih, tapi belum sempet nonton wkwkw. Aduh cinta pertama tuh gimana yaa, senantiasa gagal g tuh wkwkwkkw. Semakin dewasa usiaaa aku setuju sama kamu kaaakk, klo emang ada perasaan apa pun itu ya ngomong aja, jangan dipendem-pendem jangan bikin stres diri sendiri. klo diterima dengan baik ya lanjut, klo ditolak ya udah harus move on dan cari yang lain, time is running, age is getting older. hahhahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya prinsipnya yang penting sudah mencoba

      Hapus
  13. Lee Jehoon di sini masih muda amat ya, mukanya masih chubby. Dan aku baru tahu kalau dia pernah satu drama sama Bae Suzy. Suzy masih remaja jangan2 di sini :D
    Dari ulasannya, ceritanya menarik. Ada di VIU ya, ok kutandai dulu di app.

    BalasHapus
  14. Haaa. yang paling bikin "nyes" ketika baca Pembelajaran di postingan ini. Jujur mengungkapkan perasaan memang perlu sih ya. tapi butuh persiapan untuk mengungkapkannya. hehehe, pengalaman pribadi saya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diungkapkan saja kak siapa tau malah jodoh

      Hapus
  15. saya jatuh cinta sama film korea itu sejak tahu film start-up yang rilis pada tahun lalu. memang sih my bebeb dan kakak saya di rumah demen banget ama drakoran. tapi setelah saya coba-coba nonton beberapa film drakor ternyata asyik juga ya.

    BalasHapus