Advertisement

Main Ad

Review Love Affairs in The Afternoon : Kesalahan Pasangan?


Drama ini tayang pada jaringan tv kabel Chanel A pada juli 2019 lalu. Awalnya cuma iseng-iseng aja nonton, tapi ternyata ceritanya sangat bagus. Berkisah mengenai perselingkuhan tentu saja dibarengi dengan konflik rumah tangga. Menceritakan tentang Son Ji Eun (Park Ha Sun) yang mengikuti suaminya pindah ke sebuah kota kecil karena sang suami dipindahtugaskan. Jin Chang Kook (Jung Sang Hoon) adalah seorang PNS. Mereka telah menikah selama 5 tahun dan belum memiliki anak. Sehari-hari Ji Eun bekerja di sebuah supermarket, kehidupannya terasa membosankan dengan keseharian yag monoton. Sang suami memiliki sepasang burung kesayangan, bahkan istrinya sering dipanggil “sarang eomma” yang berarti ibu cinta. Bukan panggilan cinta melainkan burung tersebut bernama “sarang” jadi bisa diartikan istrinya adalah ibu dari burung tersebut. Bahkan sang suami lebih menyanyangi burung tersebut dibandingkan istrinya. Sesungguhnya Ji Eun ingin memiliki anak namun sang suami selalu menolak. Bahkan di suatu adegan sang suami berkata yang menyiratkan bahwa mereka tidak pernah berhubungan layaknya suami istri.

Ji Eun memiliki tetangga yang bernama Choi Soo Ah. Dia wanita rumah tangga, hidup mewah, dikelilingi anak dan suami yang sangat mencintainya. Kehidupannya tampak bahagia. Ji Eun merasa iri karena dia memang menginginkan kehidupan seperti tetangganya tersebut. Seperti kata pepatah “rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau” sesungguhnya kehidupan Soo Ah tidak sebahagia kelihatannya. Kenyataannya di rumah suaminya itu tidak romantis bahkan cenderung cuek. Hal itu membuat dia suka berganti-ganti pasangan untuk menemukan kebahagiaan. Hingga suatu hari dia bertemu dengan seorang seniman dan mulai menjalin hubungan terlarang dengannya. Konflik yang dialami So Ah justru lebih berat karena dia adalah seorang ibu.

Karena tragedi “lipstick” dia menjadi berteman dengan Choi Soo Ah dan bertemu dengan Jung Woo seorang guru Biologi. Ji Eun dan Jung Woo selalu bertemu tanpa disengaja atau sengaja dipertemukan oleh Soo Ah. Soo Ah memang terbuka dengan Ji Eun dan menggapnya teman. Dia bahkan tidak sungkan menceritakan tentang perselingkuhannya. Awalnya Ji eun enggan berteman dengan Soo Ah karena merasa tidak nyaman dengan sikapnya. Namun Soo Ah selalu menghampiri Ji Eun seolah tahu bahwa kehidupan Ji Eun sama saja dengannya, kosong dan hambar. Karena sering bertemu dan Soo Ah pandai berkata-kata, Ji Eun merasa apa yang dikatakan oleh Soo Ah ada benarnya. Mereka hanya ingin bahagia. Pada akhirnya Ji Eun mulai dekat dengan Jung Woo. Mungkin ini definisi dari salah memilih teman.

Saat bersama dengan Jung Woo, Ji Eun merasa bahagia begitu pula dengan Jung Woo. Mereka semakin dekat dan sering jalan bersama pada sore hari. Suatu hari Ji Eun baru mengetahui bahwa ternyata Jung Woo memiliki istri. Jung Woo sedang LDM (Long distance marriage) karena istrinya sedang berkuliah di luar negeri. Sesungguhnya Jung Woo tidak nyaman dengan istrinya. Dia sosok yang mendominasi dalam rumah tangga, bahkan dia memandang remeh kerjaan suaminya sebagai guru, harusnya dia bisa menjadi dosen. Saat mengetahui Jung Woo memiliki istri, ia berniat untuk menjauhi Jung Woo namun semakin dia menjauh perasaannya semakin tidak karuan. Hal itu berlaku juga pada Jung Woo. Namanya sudah saling jatuh cinta susah untuk menghelak dan pada akhirnya mengikuti perasaan sendiri.

Kedekatan mereka mulai tercium oleh pasangan masing-masing. Tragisnya saat istri Jung Woo sudah di Korea dia tanpa sengaja bertemu dengan Ji Eun temannya semasa sekolah. Sayangnya Ji Eun tidak tahu bahwa No Min Young temannya tersebut adalah istri Jung Woo. Mereka saling bertemu, mengobrol tentang pasangan masing-masing. Hingga suatu hari tanpa sengaja Ji Eun melihat foto suami Min Young di ponselnya dan betapa mengejutkannya bahwa itu adalah Jung Woo. Ji Eun menjadi salah tingkah dan perasannya kembali gundah gulana antara mengakhiri hubungan tersebut namun dia sudah terlanjur nyaman.

Meski drama ini mengenai perselingkuhan namun ceritanya berbeda dengan drama- drama genre perselingkuhan lainnya. Selingkuh memang salah, bahkan Ji Eun sendiri menyadari tindakannya. Namun dalam berumahtangga bukankah cinta, perhatian dan kasih sayang yang amat sangat dibutuhkan. Bahkan dalam drama ini susah untuk menyalahkan atau mengutuk tindakan Ji Eun dan So Ah. Mereka sama-sama tidak mendapat perhatian dan kasih sayang dari suaminya. Justru mereka mendapatkannya dari orang lain yang sudah jelas itu tindakan yang tidak dibenarkan. Namun perselingkuhan tidak selamanya bisa disembunyikan. Pada akhirnya mereka ketahuan oleh pasangan masing-masing, mendapat cap buruk dari masyarakat sekitar tentunya. Lalu bagaimanakah akhir kisah rumah tangga So Ah dengan suaminya? Ji Eun dengan suaminya? Jung Woo dengan istrinya? Bagaimana sikap suami mereka setelah mengetahui istrinya selingkuh? Apakah perselingkuhan bisa membuat bahagia? Silahkan ditonton dramanya, sungguh recommended bagi pasangan yang sudah menikah atau bagi yang sedang mempersiapkan pernikahan. Tentunya jangan diambil mentah-mentah ya, ambil makna dan pesan yang disampaikan. 

 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar