Rekomendasi Drama Sageuk Korea

Drama sejarah Korea atau biasa disebut drama sageuk biasanya mengisahkan tentang romansa, politik, perjuangan dll. Drama ini bisa berdasarkan kisah nyata bisa juga fiksi semata atau bisa gabungan dari keduanya. Berdasarkan kisah nyata yang dibalut fiksi agar lebih dramatis. Tema yang diangkat juga beragam mulai dari cerita rakyat, mitologi, kisah raja dan ratu di Istana hingga dayang-dayang maupun pelayan istana bisa jadi tokoh utamanya. 

Berikut adalah rekomendasi drama sageuk versi aku mulai dari cerita yang penuh konflik sampai bikin tegang hingga cerita yang ringan dan bisa bikin ketawa. Rekomendasi ini berdasarkan drama yang sudah aku tonton tapi ngga semua aku masukin. Cukup 10 aja ya karena itu aja yang diinget. Oke mari kita bahas hana hana (satu persatu)

1. Love In The Moonlight (2016)


Drama ini dibintangi oleh Park Bo Geum, Kim Yoo Jung, Chae Soo Bin & Kwak Dong Yeon dengan latar belakang dinasti Joseon abad 19. Bercerita tentang Kasim Hong Ra On. Dia adalah wanita yang menyamar sebagai kasim istana. Dia bertugas melayani Pangeran Mahkota. Penyamarannya berhasil diketahui oleh Pangeran Mahkota. Tapi mereka justru saling jatuh cinta. Drama ini berjumlah 18 episode dan lebih banyak menceritakan tentang kehidupan kasim Istana.

2. The Moon That Embraces The Sun (2012)  


Drama ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Han Ga In, Jung Il Woo dan Kim Min Seo berlatar dinasti Joseon. Dengan jumlah 20 episode menceritakan kisah cinta raja Joseon yang ingin memilih pasangannya sendiri namun mendapat penolakan dari Ibu Suri. Drama ini penuh konflik, konspirasi, persaingan kekuatan politik dan perebutan kekuasaan. Drama dengan cerita berat ini. 

3. Hwarang : The Poet Warrior Youth (2016)


Dibintagi oleh Park Seo Joon, Go Ara dan Park Hyung Sik dengan latar belakang dinasti Silla. Berjumlah 20 episode menceritakan tentang kelompok elit laki-laki yang masih muda dan putra bangsawan ibu kota yang memiliki kekuatan lebih dibanding manusia biasa yang disebut Hwarang. Tugasnya adalah melindungi raja dan kerajaan dari serangan musuh maupun penjahat. Hwarang sendiri berarti ksatria tampan makanya pemainnya juga tampan-tampan ya. 

4. Queen For Seven Days (2017)


Dibintangi Park Min Young, Lee Dong Gun & Yeon Woo Jin dengan jumlah 20 episode. Drama ini diangkat berdasarkan kisah nyata raja Jungjong dan ratu Dangyeong. Menceritakan tentang kisah cinta pangeran Jinseong dan gadis yang bernama Shin Chae Kyung. Setelah raja Yeonsangun dikudeta karena kekejaman selama masa pemerintahannya. Sang adik yaitu pangeran Jinseong mau tidak mau harus naik takhta. Karena pada saat itu dia sudah menikah dengan Shin Chae Kyung maka otomatis dia menjadi ratu. Namun karena Shin Chae Kyung masih ada hubungan kekeluargaan dengan raja Yeonsangun dan ayahnya adalah pengikut setia sang raja maka dia ditentang untuk menjadi Ratu. Berbagai usaha dilakukan pangeran Jinseong yang dikenal dengan raja Jungjong tetap tidak berhasil menyelamatkan ratu. Setelah 7 hari bertakhta diapun digulingkan dari posisi ratu. Drama ini penuh dengan air mata dan jadi drama favorit aku banget. Karena drama ini diangkat dari kisah nyata cinta yang tragis maka jangan berharap happy ending sebab endingnya memang disesuaikan dengan kenyataannya. 

5. Rookie Historian Goo Hae Ryung (2019)


Diperankan oleh Shin Se Kyung dan Cha Eun Woo dengan jumlah 20 episode. Berlatar belakang zaman Joseon abad 19 menceritakan tentang sejarawan wanita pertama yang bekerja di istana dan bertemu dengan pangeran kesepian yang "diasingkan" di istana. dan berakhir saling jatuh cinta. Drama ini berfokus pada kehidupan para sejarawan istana alias notulen istana. Setiap percakapan, gerak gerik dan perilaku para anggota kerajaan akan ditulis oleh sejarawan ini dan inilah yang akan menjadi arsip sejarah. Drama ini bisa dibilang drama dengan cerita ringan karena minim konflik alis konfliknya tidak berat.

6. Gu Family Book (2013)


Berjumlah 24 episode yang dibintangi oleh Bae Suzy dan Lee Seung Gi. Bergenre fantasi-sejarah yang bercerita tentang Gumiho (manusia setengah siluman) yang berusaha untuk menjadi manusia. Diawali dengan kisah cinta tragis antara Gu Wol Ryung dan Yoon Seo Hwa yang merupakan ayah dan ibu Kang Chi (Lee Seung Gi). Karena Kang Chi lahir dari ibu manusia dan ayah setengah siluman menjadikannya manusia setengah siluman pula. Suatu hari dia bertemu dan jatuh cinta pada Dam Yeo Wool. Dia berusaha untuk menjadi manusia demi wanita yang dicintainya meski jalan yang ditempuh tidaklah mudah.

7. Live up To Your Name/ Deserving Of The Name (2017)


Bergenre fantasi-medis dengan jumlah 16 episode bercerita tentang time traveller. Dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Kim Ah Joong. Jika biasanya drama time traveller kebanyakan dari masa moderen ke masa dinasti, entah muncul di dinasti Joseon, Silla atau Goryeo maka ini sebaliknya. Seorang dokter akupuntur jaman Joseon tiba-tiba muncul di Seoul, Korea modern. Dia bertemu dengan dokter wanita yang tidak mempercayai pengobatan tradisional. Keduanya saling terlibat. Drama ini cukup menarik karena menampilkan cara pengobatan akupuntur disandingkan dengan pengobatan modern.

8. Chicago Typewriter (2017) 


Dibintangi oleh Yoo Ah In, Im Soo Jung dan Go Kyung Pyo berjumlah 16 episode. Drama ini juga termasuk drama sejarah, meski bukan berlatar belakang jaman kerajaan tapi berlatar belakang masa pendudukan Jepang di Korea. Bercerita tentang 3 sahabat aktivis pada masa pendudukan jepang tahun 1930 an.Yoo Ah In adalah penulis terkenal. Bukunya selalu masuk best seller. Suatu ketika dia mengalami writter block, dia tidak bisa menulis lagi. Pada saat seperti itu dia mengalami hal aneh dengan mesin ketik jadul yang ia beli pada saat keluar negeri. Ketika dia ingin menulis dia justru kedapatan tidur dan bermimpi tentang masa lalu. Namun ketika dia bangun mimpinya tersebut sudah menjadi tulisan. Ingatannya terhubung dengan masa lalu dan masa kini.

9. Faith (2012)


Diperankan oleh Lee Mon Ho dan Kim Hee Sun berlatar belakang dinasti Goryeo 700 tahun yang lalu. Drama ini berjumlah 24 episode bercerita tentang dokter bedah plastik zaman modern yang tiba-tiba diculik oleh pengawal kerajaan yang mendadak muncul. Dia dibawa ke masa Goryeo untuk mengobati raja dan ratu yang dalam kondisi kritis. Mereka melewati sebuah lubang yang disebut gerbang surga. Sang Pengawal berjanji akan memulangkannya segera namun sang dokter justru terjebak dan terpaksa hidup di masa itu. Sang dokter dan sang pengawal akhirnya jatuh cinta. 

10. My Only Love Song (2017)


Dibintangi oleh Lee Jong Hyun dan Gong Seung Yeon berjumlah 20 episode dengan latar belakang zaman Goryeo. Bertema fantasi sejarah karena adanya time traveller. Drama ini bercerita tentang seorang gadis yang berprofesi sebagai aktris. Dia sombong dan segalanya diukur dari uang. Suatu keadaan kacau membuatnya melakukan perjalanan waktu dan tiba di zaman Goryeo bersama mobil van nya. Karena dari awal ceritanya ini udah fantasi banget jadi cerita drama ini cukup ringan dan ya agak ngga masuk diakal juga. Cenderung komedi tapi cukup seru. Akting Lee Jong Hyun keren sekali disini.  


Baca Juga

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Rekomendasi nya bagus kak

    BalasHapus
  2. Chicago typewriter sih bagus banget menurutku, sejujurnya yang lain belom aku tonton, kayaknya yang udah cuma Gu Family Book juga. Dan aku kurang suka drama sageuk karena politik nya kuat banget dan kurang suka hehehe

    Kalo aku secara personal yang pasti aku rekomendasiin itu Jewel in the Palace, Mr. Queen (baru tamat), The Crowned Clown dan Tale of Nokdu! Kalo Kingdom dan Arthdal Chronicles masuk historical aku juga rekomendasiin hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya drama sageuk memang agak berat sih konfliknya. Kalo nonton drama genre ini mending maraton biar ngga penasaran. Iya Jewel in the Palace memang bagus dan episodenya banyak 😀.
      Kalo kingdom series aku belum pernah nonton. Udah yg bosen aja sama tema zombie2 hihi.

      Hapus
    2. Hahaha emang sekarang udah banyak banget ya yang bawa2 zombie, setelah Train to Busan emang Kingdom sih yang bagus banget menurutku. Berasa beda aja nontonnya. Yang lainnya kurang memuaskan sih zombie2nya 😆

      Hapus
  3. Mr.queen ga dimasukin gak? Itu drama pertama saeguk yg aku tonton hehe sebelumnya aku ga suka drama kerjaaan2 gitu. Mr.queen mematahkan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mr.queen drama terbaru sih sudah dibahas di postingan sebelumnya jadi ngga aku masukin lagi. Biar ngga dobel pembahasan. Kalo mau model drama sageuk mirip mr.queen bisa coba tonton my only love song.

      Hapus