Advertisement

Main Ad

Review Drama Sisyphus The Myth (2021)

 

Kdrama Sisyphus The Myth telah menamatkan episode terakhirnya pada 8 April 2021. Sebenarnya banyak pertanyaan kalo nonton drama satu ini. Apalagi di awal episode dengan alur maju mundur yang cukup bikin pusing, ini pas kejadian kapan yang ini kapan dan lain-lainnya. Oke sebelum bahas lebih lanjut kenalan dulu sama pemainnya.

Pemeran Drama Sisyphus The Myth

Cho Seung Woo sebagai Han Tae Sul

Park Shin Hae sebagai Kang Seo Hae

Heo Joon Suk sebagai Han Tae San

Tae In Ho sebagai Eddy Kim

Jung Hye In sebagai Kang Seo Jin

Tae Won Suk sebagai Yeo Bong Sun (asisten pribadi Tae Sul)

Kim Byung Chul sebagai Sigma/ Seo Won Ju/ Seo Gil Bok

Review Drama Sisyphus The Myth

Drama dibuka dengan adegan menengangkan pesawat jatuh dan Tae Sul ada di dalamnya. Aku suka model adegan menegangkan dengan micin saram didalamnya alias gila. Kenapa?? Karena pas lagi tegang-tegangnya Tae Sul masuk ke ruang pilot dan mendapati pilot dan Kopilot pingsan. Makin tegang kan melihat pesawat yang terjun bebas. Dengan santai Tae Sul menyelamatkan pesawat tersebut sambil bertelefon dengan Eddy Kim. Adegan pembuka itu udah keren sih ditambah perjalanan Kang Seo Hae kembali ke masa lalu tahun 2020 dia mendarat di pinggir rel kereta api dan dikejar oleh orang berpakaian Hazmat dan bersenjata. Tentu saja bukan karena Seo Hae kena Covid 19 ya. Pesan ayah Seo Hae adalah ketika sampai jangan sampai tertangkap. Meski tertangkap bersikaplah seperti orang bisu. Jadi mereka itu siapa sih??


Drama ini mengambil alur maju mundur cantik…. Alah!!

Oke alurnya memang maju mundur. Membahas dunia masa kini lalu sebentar scene beralih ke masa depan tahun 2035. Awalnya aku berpikir aneh Seo Hae yang datang dari masa depan ketika makan pisang langsung dimakan bareng sama kulitnya. Kayak manusia primitive. Lha kan katanya dari masa depan tapi kok kayak baru pertama kali tahu buah pisang. Beginilah kalo ngikutin drama on going, penasarannya dapet banget. Dan penulisnya pinter banget dah membuka lembaran-lembaran penasaran orang biar nonton sampe akhir ini drama.

Lembaran-lembaran itu adalah

Masa Depan Yang Hancur


Masa depan digambarkan hancur berkeping-keping karena serangan Bom Nuklir. Seo Hae menghabiskan masa kecilnya di dalam bunker yang jadi rumahnya dan sudah berlatih menggunakan senjata dari kecil. Itulah mengapa dia sangat terampil menggunakan senjata dan ahli beladiri. Masa depan itu menjadi tempat yang berbahaya. Kemanapun mereka pergi harus membawa senjata. Mereka hanya makan makanan kaleng itulah sebabnya Seo Hae tidak tahu bagaimana buah pisang yang fresh.  Karena itu dia bertekad kembali ke masa lalu untuk menghentikan perang. Penulis Lee Jae In & Jeon Chan Ho membayangkan bagaimana jika memang terjadi Bom Nuklir di Negaranya Korea Selatan. Ya tau sendiri lah ya bagaimana hubungan antara negara KorSel dan KorUt yang selalu dibayang-bayangi perang. Itulah inspirasi lahirnya drama ini yang disutradarai oleh Jin Hyuk. 

Han Tae Sul

Dia adalah pemilik perusahaan Quantum & Time yang dia rintis dari nol dan menjadi perusahaan besar. Hubungan dengan kakaknya menjadi berantakan karena Han Tae San mengetahui adanya orang dari masa depan yang mengincarnya. Tae Sul terus menyesali hari dimana kakaknya meninggal. Dia jadi terus berhalusinasi dan mulai kecanduan obat penenang. Dia pun bertemu dengan Seo Hae yang menyelamatkannya dan mulai terlibat dengan hal yang tidak ingin dia percayai dari kakaknya. Ditambah dia mulai dikhianati oleh teman dan sahabatnya. Pada akhirnya dia mengetahui bahwa Han Tae San masih hidup tapi entah dimana. Dia mulai mencari kakaknya dengan bantuan Kang Seo Hae.

Tapi semakin episode berjalan aku merasa seperti tujuan Tae Sul berubah arah yaitu mencari tahu siapa SIGMA dan bagaimana mencegah perang agar tidak terjadi. Mereka mulai menyelidiki siapa SIGMA untuk menghentikan perang. 

Kehidupan SIGMA

Diceritakan jika Sigma adalah orang yang datang dari masa depan. Dia membuat dirinya kaya dengan hal yang dia ketahui telah terjadi. Dia akhirnya menjadi kaya dan mulai berinvestasi di perusahaan Han Tae Sul atas nama orang lain.

Ketika Sigma dan Han Tae Sul bertemu, Sigma menanyakan apakah dia tidak mengingat dirinya?? Hal itu menjadi sebuah pertanyaan besar. Tae Sul kembali mengingat masa lalunya dan mengingat seorang anak yang bernama Seo Won Ju. Sejujurnya dia adalah anak yang malang. Dia korban kekerasan ayanya yang suka mabuk. Sehingga dia membenci dunia karena perilaku ayahnya.

Pernahkan kalian mendengar kalimat “Orang jahat adalah orang baik yang tersakiti”. Ketika dewasa dia berubah nama menjadi Seo Gil Bok. Dia masih orang yang menyedihkan. Dia berurusan dengan polisi karena memberikan komentar buruk pada Han Tae Sul. Bahkan saking menyedihkan hidupnya dia sampai ingin mengakhiri hidupnya dengan gantung diri dan membakar briket. Ya ampun aku bener-bener merasa kasihan saat scene kehidupan masa lalu sigma ini.

Disuatu saat Han Tae Sul dan Kang Seo Hae berhasil mengetahui keberadaan Sigma yang di masa lalu. Mereka mendatangi rumah Seo Gil Bok. Tujuan mereka adalah membunuh Sigma yang di masa lalu. Tapi karena permainan Sigma yang datang dari masa depan membuat Han Tae Sul menghalangi Kang Seo Hae yang hampir menembak mati Sigma tapi meleset dan hanya melukai lehernya.  Hal yang lebih membuat kasihan lagi dia berlari menuju kantor polisi dalam keadaan terluka tapi malah mendapat perlakuan buruk dari anggota polisi dan tidak mempercayai ucapannya. Dalam keadaan terluka dia juga tidak berani pulang kerumah dan bersembunyi di taman bermain selama 2 hari dalam keadaan kedinginan. Ahhh pokoknya memperhatinkan sekali. Orang-orang juga hanya memandang rendah dirinya tapi tidak ada satupun yang bertanya kondisinya. Pantas sajalah dia menginginkan dunia ini hancur.



Episode Terakhir

Menjelang akhir episode Han Tae Sul mengetahui keberadaan Sigma dan berusaha membunuhnya. Namun yang namanya takdir tetaplah harus terjadi. Kita boleh berusaha merubahnya namun apa yang harusnya terjadi tetap akan terjadi.

Han Tae Sul justru tertangkap Sigma dan scene berubah di dalam gereja. Dia diminta memasukkan kode untuk menyelesaikan mesin pengunggah. Harusnya Seo Hae tidak mati kali ini karena dia dikurung dalam bungker oleh Tae Sul tapi Jae Sun yang dapat ancaman dari Biro Kontrol berhasil menemukan Seo Hae dan membawanya keluar. Tentu saja Seo Hae akhirnya mencari Tae Sul ke gereja dan mereka kumpul deh tu bertiga. Tapi ada yang berbeda jika dalam bayangan Tae Sul dan Seo Hae harusnya menggunakan pakaian pengantin namun kali ini tidak. Apakah mereka akan berhasil membunuh Sigma dan mengentikan perang????

Pada akhirnya Sigma berhasil dikalahkan. Dia tertembak oleh seseorang yang tidak terduga pokoknya dan kalo dijelaskan akan jadi rumit hahaha…… karena Sigma berhasil dikalahkan, orang-orang yang datang dari masa depanpun menghilang. Jadi Tae Sul sudah bersedih karena Seo Hae akan menghilang juga. Eh tapi… Seo Hae ngga menghilang dong dia masih ada di pelukan Tae Sul. Hingga dari kejauhan datanglah seseorang dan DOrrrr…. Tepat mengenai Kang Seo Hae. Eddy Kim datang sembari mengancam untuk meminta Tae Sul menyelesaikan kode pengunggah.

Dalam kekalutannya Tae Sul menyadari ada sesuatu yang salah. Akhirnya dia memilih untuk mengakhiri hidupnya maka kejadian yang terus berulang-ulang ini tidak perlu terjadi. Akhirnya perangpun tidak terjadi. Ini merupakan akhir yang indah bagi dunia tapi tidak bagi kisah cinta Han Tae Sul dan Kang Seo Hae. Adapun adegan romantis dalam pesawat itu adalah bayangan atau harapan Han Tae Sul. Kurang lebihnya adalah “andai aku bisa hidup maka kita bisa bersama menuju Hawai dan hidup bahagia”.

Seo Gil Bok akhirnya menjadi pria yang berhati baik karena terjadi perubahan di masa lalunya yang kelam. Dia mendapat kehangatan dari seseorang yang menyelamatkannya namun dia masih terobsesi pada Han Tae Sul.




Kesimpulan

Menurutku drama ini bagus sih kalo kita mengerti alurnya. Sesuai dengan judunya Sisyphus The Myth atau Legenda Sisiphus dalam mitologi Yunani. Diceritakan bahwa Sisyphus adalah raja yang licik dan sering kali membuat marah para dewa. Puncaknya dia pernah membocorkan rahasia dewa Zeus dan dewa Zeuspun murka sehingga dia menghukum Sisyphus untuk mendorong sebongkah batu yang besar ke atas bukit. Namun batu itu akan kembali menggelinding ke kaki bukit. Hal itu terus terjadi berulang-ulang sampai Sisyphus meninggal.

Eksekusinya sudah bagus sesuai dengan judulnya. Kejadian yang terus menerus berulang itu adalah Seo Hae yang balik ke masa lalu untuk menyelamatkan Tae Sul. Karena Seo Hae pernah bertemu dirinya yang sudah menjadi tengkorak berarti ada pengulangan kejadian. Sederhananya sih model main game gitu kalo kalian gagal di level  A maka kalian akan terus mengulangi level A tersebut sampai berhasil. Hanya saja ada yang sedikit mengganggu. Dia masa depan saat dia akan ke masa lalu menaiki pengunggah dia bertemu Sigma dan sempat beradu argument tapi ketika dia sampai di masa lalu dan menyelidiki siapa sigma bersama Han Tae Sul dia malah tidak tahu apa-apa. Apakah ada model penghapusan ingatan saat menaiki pengunggah?

Tapi so far drama ini berhasil menampilkan ketegangan dan peraaan haru. Tapi kalian yang suka genre Romantis-comedy tentu ini tidak recommended. Meski ada sedikit adegan romantis di dalamnya.   

Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Drama ini memang bagus Mba! Aku juga ngikutin dan emang bikin pusing banget sampe aku dan temenku debat cuma karena memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi hahaha
    Tipe-tipe drama kayak gini emang harus siap dengan sad ending atau open ending sih dan ya beneran terjadi.

    Tapi drama ini cinematografinya bagus banget ya Mba! Bisa keliatan dengan jelas mana yang masa kini dan masa lalu, apalagi gambaran tentang masa depannya keren. Akting PSH juga bagus banget disini. Kayaknya dari seluruh dramanya aku paling suka disini deh, badass banget! Wkwkwkwk eh tapi aku belom liat aktingnya di drama 'Doctors' sih tapi disini keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari segi acting PSH memang bagus dsini. Karakternya sangat beda dr drama lain. Dan iya dramanya bikin pusing tp seru. Hahaha

      Hapus