My Roommate Is a Gumiho Siluman Rubah Generasi ke 4

My roommate is a gumiho pesan moral


My Roommate is a gumiho, siluman rubah generasi ke 4- annyeong sahabat kdrama lovers saat mendengar kata gumiho kalian teringat dengan drama apa saja?? Kayaknya legenda gumiho atau siluman rubah berekor 9 ini sudah sangat sering dijadikan tema drama Korea ya. 

Gumiho merupakan mitos atau legenda yang bisa dibilang populer di kalangan masyarakat Korea. Tidak hanya diangkat dalam kisah drama, bahkan legenda gumiho juga kerap muncul dalam serial animasi atau kartun anak-anak buatan Korea tentunya. Dinamakan gumiho karena siluman rubah ini memiliki sembilan ekor. 

My roommate is a gumiho merupakan drakor dengan tema gumiho generasi ke empat yang saya tonton. Kenapa ke empat? Karena sebelumnya sudah ada drakor yang membahas tema gumiho juga sebut saja drama My Girlfriend is Gumiho tahun 2010 yag diperankan oleh Shin Min Ah dan Lee Seung Gi. Dilanjut dengan drama Gu Family Book pada tahun 2013 yang dibintangi oleh Bae Suzy dan Lee Seung Gi. Tahun 2020 drama Tale of Nine Tailed yang diperankan oleh Lee Dong Wook, Jo Bo Ah dan Kim Beom lalu 2021 ya My Roommate is a Gumiho ini. 


Sinopsis My Roommate is a Gumiho

sinopsis my roommate is a gumiho

Drama ini diadaptasi dari weebtoon dengan judul yang sama. Bercerita tentang gumiho laki-laki yang ingin menjadi manusia. Dia telah hidup ribuan tahun dan di tahun terakhirnya dia justru bertemu dengan mahasiswi jurusan sejarah yang membawa manik-manik gumihonya. Manik-manik tersebut adalah cara agar dia bisa menjadi manusia. Karena manik-manik tersebut mahasiswi itu harus tinggal serumah dengan seorang gumiho.


Pemeran/ Cast My Roommate is a Gumiho

Jang Ki Yong sebagai Shin Woo Yeo

Lee Hye Ri sebagai Lee Dam

Kang Ha Na sebagai Yang Hye Sun

Bae In Hyuk sebagai Gye Sun Woo

Kim Do Wan sebagai Do Jae Jin

Park Kyung Hye sebagai Choi Soo Kyung

Choi Woo Sung sebagai Lee Dan

Cameo

Jung So Min sebagai Seo Hwa (cinta pertama Shin Woo Yeo)

Kang Mi Na sebagai Jin Ah (mantan Do Jae Jin)

Oh Jung Se sebagai kakak Do Jae Jin

Lee Jun Hyeok sebagai Profesor Bo Gum 


Kesan Pertama Menonton My Roommate is a Gumiho

Awalnya tidak ada niat mau nonton drama ini karena ya temanya gumiho lagi... gumiho lagi.. berasa ketebak aja ceritanya. Kalo udah bahas gumiho pasti endingnya pengen jadi manusia. Akhirnya aku baca webtoonnya dulu dan ceritanya kocak juga, apakah dramanya sama ya? Nah jadilah penasaran pengen nonton dramanya. Dan meski bagiku ceritanya biasa aja tapi lumayan menghibur karena akting Hye Ri yang kocak sesuai sama karakter webtoonnya. Terlebih lagi jalan ceritanya cukup ringan. Tidak ada adegan tikung menikung atau mengadu domba yang bikin kesel. Jalan ceritanya seperti ombak laut yang tenang tapi bisa bikin mabuk (eh gimana sih). Selain itu drama ini juga sarat akan pesan kehidupan loh. Ini pesan dari drama My Roommate Is a Gumiho versiku aja ya.. yuk lanjut


Definisi Berubah Menjadi Manusia 

Shin Woo Yeo adalah gumiho yang ingin menjadi manusia. Dia telah hidup seribu tahun tepatnya menjelang seribu tahun. Karena batas perjuangan untuk menjadi manusia adalah seribu tahun. Jika lewat dari waktu tersebut maka dia akan gagal menjadi manusia dan menghilang. Selama 999 tahun dia mengumpulkan energi manusia untuk merubah warna manik-maniknya menjadi biru agar bisa menjadi manusia. Ketika tanpa sengaja manik-manik tersebut ada di tubuh Lee Dam, manik tersebut sempat berubah warna. Nah pak gumiho ini jadi galau dong. Mulai tumbuh rasa suka lalu maniknya berubah warna, tapi jika terlalu lama di tubuh Lee Dam dia bisa dalam bahaya. 

gumiho menjadi manusia

Setelah mengalami kegalauan dan menjalani hubungan yang rumit dengan Lee Dam berepisode-episode akhirnya roh gunung memberi bocoran dong ke Lee Dam kalau yang dibutuhkan untuk menjadi manusia adalah rasa kemanusiaan. Wah langsung makjleb dong dengernya. Jadi rasa kemanusiaan itu adalah perasaan sedih, cinta, empati, bersyukur, tidak semena-mena dan rela berkorban. Kita yang terlahir sebagai manusia sudahkah benar-benar memiliki rasa kemanusiaan??? Hye Sun juga sempat menyinggung bagaimana hewan (disini gumiho alias rubah) sangat ingin menjadi manusia?? karena hanya manusia yang bisa menentukan takdir mereka.

Satu lagi pernahkan kalian mendengar kalau laki-laki bisa berubah jika bertemu dengan wanita yang tepat. Aku memandang Shin Woo Yeo seperti itu. Sebelum bertemu Lee Dam dia sosok yang arogan dan tidak suka berinteraksi dengan manusia. Mengalami gangguan dikit langsung dah keluar sihirnya. Setelah bertemu Lee Dam dia mulai "belajar" memahami perasaan manusia, belajar berbicara yang tidak menyakiti perasaan dan berbicara yang mudah dipahami lawan bicaranya. Kalo dikaitkan dengan manusia jaman sekarang Shin Woo Yeo ini orang yang asal jeplak kalo ngomong. Karena selama 999 tahun hidup dia tidak mengerti bagaimana perasaan manusia, dia hanya mengamati perilaku manusia. 

Teman Tapi Berantem Adalah Sahabat

Sahabat dan teman kayaknya beda tipis kali ya. Kalau teman masih yang suka sungkan dan masih dibatasi sopan santun. Kalau sahabat itu udah kayak saudara padahal bukan, udah ngga ada sungkan-sungkannya lagi. Meskipun berantem ya nanti baik lagi, Iya ngga sih?? 

Kang Ha Na Jang Ki Yong

Nah kalo di drama ini persahabatan ini bisa dilihat dari pertemanan Shin Woo Yeo dan Hye Sun. Mereka sudah bersahabat selama 400 tahun. Hye Sun lebih beruntung karena berhasil menjadi manusia lebih dahulu. Persahabatan mereka ini bisa dibilang kocak. Saling peduli tapi ya gengsian. Saling membantu, saling khawatir tapi kalo bertemu udah kayak anjing dan kucing. Awalnya aku curiga karakter Hye Sun disini akan menjadi orang ketiga antara Lee Dam dan Shin Woo Yeo. Tapi untunglah mereka hanya sahabatan dan saling care.

Kim do wan lee hye ri

Selain persahabatan Shin Woo Yeo dan Hye Sun drama ini juga menampilkan persahabatan lawan jenis antara Do Jae Jin dan Lee Dam. Persahabatan mereka juga menghidupkan suasana drama. Mereka digambarkan pure bersahabat tanpa ada rasa suka. Kan katanya laki-laki dan perempuan itu tidak bisa sekedar sahabat. Bener ngga sih?? Kalo dari pengalamanku sih bisa kok. 

Balasan Untuk Laki-Laki Baik

Do Jae Jin adalah sahabat Lee Dam dan Soo Kyung. Tiga sekawan gitu modelnya, kemana-mana bertiga. Do Jae Jin ini tipe laki-laki setia atau bisa dibilang terlalu nurut sama pacarnya. Ketika dia putus dengan Jin Ah dia sampai yang galau berat, menyusahkan Lee Dam dan Soo Kyung. Sampai-sampai sahabatnya ini muak dengan cerita cintanya Jae Jin. 

kang ha na kim do wan

Karena tugas kuliah Jae Jin menjadi dekat dengan Hye Sun. Jae Jin selalu menjaga sikap dengan Hye Sun karena dia merasa trauma dekat dengan wanita cantik. Hye Sun merasa Jae Jin laki-laki yang berbeda dari semua laki-laki yang pernah dia temui. Hubungan mereka ini menjadi pemanis drama selain pemeran utamanya. Intinya Do Jae Jin yang selama ini selalu disakiti wanita bahkan diejek teman-temannya karena terlalu bucin akhirnya mendapat wanita baik plus cantik yang bisa mengerti dan menerima dia. Bisa dibilang orang baik pasti mendapat yang baik juga. 

Jadi apakah kalian sudah menonton drama ini? Kalau belum, boleh masuk list drakor yang akan ditonton ya. Lumayan menghibur menemani kita yang lagi dirumah aja karena kebijakan PPKM yang membuat aktivitas diluar rumah juga terbatas. 


Sumber gambar: instagram tvndrama

Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar