Tips Cepat & Simple Hafal Hangeul by iluhwangbi


Halo teman-teman yang lagi belajar bahasa Korea bagaimana kabarnya?? Semoga masih semangat untuk belajar ya. 

Belajar bahasa Korea berarti kalian harus belajar huruf Koreanya. Karena bahasa Korea tidak seperti bahasa inggris yang menggunakan huruf alphabet. Bahasa Korea mempunyai hurufnya sendiri yang disebut Hangeul. 

Bahasa Korea dibandingkan dengan bahasa Jepang menurut saya lebih mudah bahasa Korea. Karena bahasa Jepang kalian harus menghafal yang namanya huruf Hiragana, Katakana dan yang lebih sulit lagi adalah huruf Kanji. Pernah belajar bahasa Jepang dan saya tidak melanjutkan lagi karena tentunya tidak ada ketertarikan lagi. 

Apa sih yang membuat kalian ingin belajar bahasa Korea?? Apapun alasannya tetap jadikan alasan tersebut sebagai pemacu semangat kalian dalam belajar.

Kali ini saya akan sedikit membagikan tips cepat menghafal Hangeul yang pernah saya terapkan sendiri. Simple aja karena yang terpenting adalah usaha dan niat.


Tips Menghafal Hangeul

1. Kenali Huruf yang Mirip

Bahasa Korea itu mudah. Coba kalian perhatikan huruf Hangeul. Meskipun mereka dibagi dalam istilah vokal tunggal dan vokal ganda, konsonan tunggal dan konsonan ganda serta ada istilah batchim pula. Contohnya untuk huruf (a) 아 tinggal tambah garis satu lagi maka jadi (ya) 야, begitu juga dengan vokal yang lain.


2. Menulis

Cara ini sama seperti cara anak TK belajar menulis abcd. Karena kita belajar bahasa baru maka menganggap diri sebagai anak TK yang baru belajar menulis juga tidak apa-apa. gwaenchana....gwaenchana...

Belajarlah menulis (a) secara berulang sembari mengingat bentuk hurufnya. Begitu pula dengan huruf yang lainnya. Karena dengan menulis kita jadi terbiasa dan cepat mengingat hurufnya.


3. Manfaatkan dinding 

Awal saya mengenal bahasa Korea dan tertarik untuk mempelajarinya, saat itu saya adalah anak kost'an. Namanya anak kost ya kamarnya seadanya kan dan kebetulan kamar saya tidak begitu luas. Saya pun memanfaatkan dinding sebelah tempat tidur saya. 


Jadi huruf hangeul itu ditulis di selembar kertas atau sesuai kreasi kalian dengan spidol hitam dan ditulis agak besar agar terlihat dari jarak jauh. Saya tempel pas disebelah tempat tidur agar bisa dilihat sambil rebahan. Sambil rebahan sambil menghafal hurufnya.


4. Menjadikan Walpaper HP

Hp saat ini kedudukannya sudah setara dengan dompet. Kemana-mana pasti dibawa kan. Coba ganti wallpaper hp kalian dengan huruf hangeul yang menarik. Jadi pas buka hp bisa sekalian melihat hangeul.


5. Gunakan Sticky Note/ Post It

Saya gunakan post it ini untuk menempelkannya pada barang-barang dalam bahasa Korea. Mulai dari lemari, tv, rak buku, pintu kamar mandi, pintu dapur dll. Tulisakan nama barang tersebut dalam bahasa Korea. Bisa gunakan kamus untuk mengetahui nama barang-barang yang akan kalian tempelkan. Jadi kalian juga sekalian menghafal nama benda. 

Intinya jangan cuma menghafal hurufnya satu persatu. Gabungkan dia jadi sebuah kata agar kalian cepat bisa membaca hangeul.


Semoga tips sederhana dari saya ini membantu kalian yang lagi awal-awal belajar bahasa Korea. 

Tetap semangat...


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다 

   

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar