Drama Check Out The Event VS The Package

Drama-Korea-check-out-the-event-vs-drama-the-package

Drama Versus- Balik lagi nih membuat drama versus versi aku setelah sempat buat postingan Drama Mouse vs Beyond Evil. Kenapa buat versus gini? Ngga ada tujuan apa-apanya cuma karena kebetulan kedua drama ini kebetulan memiliki vibes yang sama yaitu tentang travel. 

Kali ini aku mau bahas drama Check Out The Event (2021) dan Drama The Package (2017). Kebetulan yang main di drama Check Out The Event adalah pemeran Sung Yo Han, orang yang terfitnah di drama Mouse. Kalau The Package bintangnya cukup banyak yang dikenal pastinya. Apalagi pemeran utamanya adalah Jung Yong Hwa. Kedua drama ini bercerita tentang traveling bersama pasangan. Bedanya yang satu traveling ke pulau Jeju, Korea Selatan yang satunya ke Paris, Perancis. Buat yang kangen traveling bisa nih memanjakan mata sambil nonton kedua drama ini.

Mari kita bahas satu persatu ya

Profil & Pemeran/ Cast Drama Check Out The Event

Bang Min Ah sebagai Ha Song Yi

Kwon Hwa Woon sebagai Park Do Kyum

Ahn Woo Yeon sebagai Seo Ji Kang (pemandu)

Lee Jin Hyuk sebagai Song Jong Ho (pasangan youtuber)

Nam Kyu Hee sebagai Noh Hyo Jung (pasangan Youtuber)

Kim Hee Chang sebagai Kang Jae Nam 

Kim Young Sun sebagai Hyun Kyung Mi

Jumlah Episode : 4 episode

Tayang : MBC, iQiyi


Profil & Pemeran/Cast The Package

Jung Yong Hwa (CNBLUE) sebagai San Ma Ru

Lee Yun Hee sebagai Yoon So So

Choi Woo Shik sebagai Kim Kyung Jae

Ha Shi Eun sebagai Han So Ran

Lee Ji Hyun sebagai Han Bok Ja

Jung Gyo Soo sebagai Oh Gap Soo

Ryu Seung Soo sebagai Jung Yeon Sung

Park Yoo Na sebagai Jung Na Hyun

Jumlah episode : 12 Episode

Tayang : JTBC, Netflix


Sinopsis Drama Check Out The Event

Drama ini mengisahkan pasangan yang memenangkan tour pasangan musim panas ke pulau Jeju. Ha Song Yi dan pacarnya Park Do Kyum mendaftar paket tersebut sudah lama. Sayangnya tanpa firasat apapun suatu hari Park Do Kyum tiba-tiba memutuskan Ha Song Yi tanpa alasan yang jelas. Ha Song Yi bagaikan tersambar petir di siang bolong. Dia masih tidak mempercayai bahwa dia diputuskan oleh pacarnya yang selama ini sangat manis kepadanya. Dia masih berusaha mencari alasan kenapa dia diputuskan dan masih berharap Do Kyum masih memiliki perasaan seperti dulu.

Suatu hari pihak perjalanan menghubungi Ha Song Yi dan mengabarkan bahwa dia memenangkan acara tour pasangan tersebut. Meskipun dia telah putus dengan Do Kyum dia tetap bertekad untuk pergi. Park Do Kyum akhirnya menemani Ha Song Yi dan berpura-pura bahwa mereka masih sepasang kekasih.

Seo Ji Kang adalah penulis essai yang sedang mengamati pasangan dalam berlibur sehingga dia menjadi pemandu wisata mereka. Karena suatu kekocakan di bandara Jeju Seo Ji Kang mulai tertarik pada Ha Song Yi dan mengetahui bahwa mereka sebenarnya sudah putus. Hal itu membuat Seo Ji Kang ingin mendapatkan hati Ha Song Yi.


Lokasi Syuting di Pulau Jeju

wisata-pulau-jeju

Pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya mulai dari pegunungan sampai lautnya yang biru. Banyak drama yang kerap menjadikan Jeju sebagai lokasi syuting. Salah satu lokasi yang dijadikan lokasi di drama ini adalah Saryeoni Forest Path dan Maze Park (taman labirin sesat). 

Saryeoni Forest Path disebut juga "gotjawal" forest karena hutan ini tumbuh di area berbatu dengan tumbuhan tertentu. Hutan ini didominasi pohon aras, tanaman araceae, dan beberapa jenis pakis. 

Selain itu drama ini mengambil adegan di pinggir pantai, bar, taman labirin sesat dan hotel tempat mereka menginap yang penampakannya sangat familiar tapi entah pernah muncul di drama apa. Pastinya memanjakan mata dengan wisata alamnya. 


The Package Sinopsis

Drama ini menceritakan tentang orang Korea yang mengikuti paket liburan ke Paris selama beberapa waktu. Mereka berjumlah 7 orang. Seharusnya 8 orang namun pacar San Ma Ru (Jung Yong Hwa) tidak jadi datang. 

San Ma Ru adalah pekerja baru di sebuah perusahan ternama. Baru bekerja tapi dia sudah berhasil mendapatkan pacar yang dia sukai dari awal pertama sebagai pegawai baru. Mereka memutuskan untuk liburan bersama ke Paris. 

San Ma Ru adalah orang yang polos dan jujur. Suatu ketika dia mendapati perusahannya melakukan kecurangan dan dia tidak bisa menerima itu. Dia melapor kepada atasannya namun malah diceramahi panjang lebar dan menyuruhnya untuk menutupi hal tersebut. San Ma Ru tidak bergeming dan akhirnya membuat kekacauan pada kantornya. 

Meski telah membuat kekacauan dia tetap berangkat berlibur sesuai jadwal. Sayangnya pacarnya tidak ikut berangkat karena jabatan yang ditawarkan jika ia membantu mengatasi kekacauan tersebut. Mereka jadi sering berkonflik dan beradu argumen.


Go To Paris

Sebenarnya yang ikut paket tour ke Paris ini selain 7 orang tersebut ada kumpulan emak-emak rempong yang harusnya ikut. Namun saking rempong selfie-selfie paspor mereka ketinggalan dan tidak bisa berangkat. Jadi tour ini hanya berjumlah 7 orang. Mereka semua berpasangan dan hanya San Ma Ru yang seorang diri dan selalu menjadi orang aneh dalam kelompoknya. 

Sudah datang terlambat ketika berangkat, sampai di Paris dia malah ditahan Imigrasi setempat karena membawa barang mencurigakan dan terkendala bahasa alhasil percakapan mereka si petugas bertanya arahnya ketimur yang jawab arahnya ke barat bikin salah paham. Teman-teman dan tour guidenya dengan terpaksa menunggu.


Mereka dipandu oleh Yoon So So seorang pemandu wisata wanita dari Korea yang tinggal di Paris. Dia menjadi pemandu untuk orang Korea yang liburan di Perancis. Dia pun memiliki masalah pribadi namun tetap profesional saat menjalankan tugasnya. Yoon So So dan San Ma Ru jadi semakin dekat mungkin bisa dibilang cinta sekejap karena Ma Ru yang sering berulah karena rasa ingin tahunya yang tinggi sehingga Yoon So So cukup kerempongan mengatasi masalah yang dia timbulkan. Seringnya mereka bersama jadi muncul rasa suka diantara mereka. Ma Ru ini sering bikin anggota tour lainnya gemes karena tingkahnya. Pokoknya dia jadi anggota yang sering berulah tapi orangnya kocak. 

Cerita ini menjadi unik karena masing-masing pasangan mempunyai kisahnya tersendiri dan diungkap secara perlahan. Perjalanan mereka terlihat nyata karena meskipun mereka adalah kelompok tapi mereka tidak mencampuri urusan masing-masing. Hubungan kelompok ini tidak dipaksakan untuk dekat sehingga benar-benar terlihat orang yang sedang berlibur dengan urusan mereka sendiri-sendiri. Namun mereka adalah tim yang kompak. Jika salah satu dari mereka kesusahan maka yang lainnya siap membantu. 


Lokasi Wisata Di Paris

Banyak banget lokasi wisata yang muncul di drama ini. Jadi berasa kayak virtual tour dan pemandu wisatanya juga memberi pengetahuan lokasi yang dikunjungi dan seluk beluk kota Paris serta kebiasaan orang-orang disana. Berikut ini beberapa lokasi yang dikunjungi oleh rombongan wisata Yoon So So:

1. Menara Eiffel

Objek wisata terkenal yang wajib dikunjungi jika ke Paris. Nah mereka ini juga berkunjung ke menara Eiffel. Menara besi ini dibangun oleh Champ de Mars di tepi sungai Seine, Paris. Menara ini dinamai sesuai nama perancangnya yaitu Gustave Eiffel dan selesai dibangun pada tahun 1889.


2. Arc de Triomphe 

arc-de-triomphe-paris

Bangunan ini merupakan gapura/ monumen kemenangan paling terkenal di kota Paris dan menjadi latar belakang ansambel perkotaan di Paris. Bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte untuk menghormati jasa para tentaranya.


3. Mont Saint Michel

mont-saint-michel-paris

Tempat ini merupakan pulau pasang surut yang terletak di Normandia, Perancis. Air akan pasang pada waktu sore mendekati malam dan membuat tempat ini terisolasi. Biasanya wisatawan sudah meninggalkan lokasi ini pada sore hari agar tidak terjebak air pasang. Pada saat pulau ini muncul di adegan drama saya langsung terpana. Bangunan di atas pulau sungguh indah. Pada 2017 pulau ini dihuni oleh 30 orang. Di puncak pulau ini terdapat gereja. Karena letaknya di puncak sehingga bisa melihat keseluruhan pulau dari atas. Kalian akan diajak mengelilingi pulau ini bersama San Ma Ru dan Yoon So So.


4. Notre-Dame de Paris

notre-dame-paris

Notre-Dame adalah katedral Katolik yang dibangun pada abad pertengahan dengan arsitektur Gothic terbaik. katedral ini mulai dibangun pada tahun 1160. Bangunan ini terus mengalami pemugaran karena sempat rusak pada masa revolusi Perancis.


5. Museum Louvre

museum-louvre-paris

Merupakan museum seni terbesar dan sebuah monumen bersejarah di dunia yang paling banyak dikunjungi. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 380.000 buah dan memamerkan 35.000 karya seni yang dibagi dalam delapan departemn koratorial. Bangunan awalnya merupakan sebuah benteng yang direkonstruksi menjadi bentuk istana Louvre.


6. Point Zero

point-zero-paris

Adalah titik nol kota Paris. Katanya jika kalian menginjak perunggu Point Zero ini maka si penginjak akan selalu kembali ke Paris. 


Kesimpulan

Kedua drama ini memiliki kesamaan tema yaitu tentang traveling bahkan bukan hanya itu bagi saya keduanya memiliki sedikit kesamaan cerita dimana masing-masing pasangan tersebut mempunyai masalah hidupnya masing-masing. Bahkan ada pasangan yang bikin curiga penonton. Kisah mereka belum terungkap

Perbedannya tentu sangat jelas dari jumlah episodenya. Check Out the Event yang hanya 4 episode menyajikan cerita yang to the point. Untuk drama The Package karena jumlah episodenya lebih banyak yaitu 12 episode jadi jalan ceritanya lebih kompleks. Lebih memanjakan mata dengan lokasi yang mereka kunjungi.

Recomended buat tontonan dimasa pandemi gini. Apalagi kita yang hanya dirumah aja. Buat yang kangen traveling bisa virtual dulu dari kedua drama ini. Check Out The Event lebih ke yang pemandangan alam dan pantai. The Package lebih modern karena travelingnya ke kota yang terkenal sebagai pusat mode dunia.


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다



Sumber:

https://www.koreattrack.com/saryeoni-forest-path.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Menara_Eiffel

https://id.wikipedia.org/wiki/Arc_de_triomphe_de_l%27%C3%89toile

https://en.wikipedia.org/wiki/Mont-Saint-Michel

https://id.wikipedia.org/wiki/Notre-Dame_de_Paris

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Louvre

Baca Juga

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Wihhh mantap bangat ni,, nga nonton tapi uda ngerti ceritanya,,,🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas al aidy. Terimakasih coment nya

      Hapus
  3. Aku gak selesai nonton The Package, padahal Jung Yong Hwa.
    Soalnya Yong Hwa intens banget sama pasangannya di sini, heuheu..jantungku gak kuat nonton romance nya.
    ((pocecip mode on))

    Kalau lihat ambiance nya ter da-best yaah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku juga sempet stop nonton the package. Soalnya peran Yong Hwa konyol banget. Akhirnya setelah bbrp tahun lanjut krn penasaran sama endingnya haha

      Hapus
  4. Langsung masukin ke list to be watched Drakor punyakuuuu hahahaha. Aku sukaaa yg tema traveling gini, Krn aku sendiri suka bgt jalan2 sebelum pandemi mba.

    Ga sabar mau liat yg pulau Jeju. Ini bucket listku yg mau aku datangin selesai pandemi nanti soalnya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbk. semoga setelah pandemi ini bisa jalan-jalan lagi nih.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif