Drama Pachinko (2022) Gabungkan 3 Bahasa

pachinko-drama-3-bahasa

Drama Pachinko menjadi drama yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar drama Korea. Pasalnya drama ini menggaet aktor kenamaan yaitu Lee Min Ho. Kabarnya sekelas Lee Min Ho harus mengikuti audisi untuk drama ini loh.... 

Bahkan sebelum drama ini tayang sudah mendapat banyak respon positif dari kritikus film dan disebut sebagai sebuah mahakarya. Drama produksi skala internasional ini pada hari perdana tayang yaitu 25 Maret 2022 menerima skor sempurna dari para kritikus di situs Rotten Tomatoes.

Rotten Tomatoes adalah situs web agregasi ulasan Amerika untuk film dan serial televisi dari berbagai publikasi dan kritikus kemudian mentabulasikan skor dalam presentase. 

Kali ini aku mau review (berbagi pandanganku) terhadap 4 episode drama Pachinko yang lagi bikin heboh karena peran yang diambil oleh Lee Min Ho. Mari kita simak ulas dramanya.


Drama Pachinko (2022)

review-drama-pachinko

Cast Drama Pachinko (2022)

Kim Min Ha sebagai Sunja (remaja)

Lee Min Ho sebagai Koh Han Su

Jin Ha sebagai Baek Solomon 

Youn Yuh Jung sebagai Sunja (tua)

Jeong In Ji sebagai Yang Jin (ibu Sunja)

Lee Dae Hoo sebagai Hoon (ayah Sunja)

Yu Na sebagai Kim Sunja (kecil)

Noh Sang Hyun sebagai Baek Isak

Soji Arai sebagai Baek Mozasu

Anna Sawai sebagai Naomi (rekan kerja solomon)

Jimmy Simpson sebagai Tom Andrews (bos solomon)


Profil Drama Pachinko

Judul : PACHINKO

Hangeul : 파친코 

Penulis : Lee Min Jin (novel), Soo

Sutradara : Kagonada, Justin Chon

Network : Apple TV+

Jumlah episode : 8 episode

Tayang : Jumat mulai 25 Maret-29 April

 

Sinopsis Drama Pachinko

Drama Pachinko bercerita tentang kisah empat generasi keluarga imigran Korea. Kisah berpusat pada Sunja (Kim Min Ha). Gadis dari keluarga miskin dalam masa penjajahan Jepang.

Dimulai dari tahun 1915 ketika Jepang menduduki Korea. Seorang ibu mendatangi rumah dukun ditengah hutan untuk meminta perlindungan. Ia ingin memiliki seorang anak. Selama ini dia memiliki anak tapi akhirnya meninggal, konon katanya dia tidaklah beruntung dan bernasib sial. Maka dari itu kali ini dia ingin memiliki anak yang bisa membentuk sebuah keluarga.

Lahirlah anak perempuan yang diberi nama Kim Sunja. Sehari-hari dia membantu orang tuanya mengelola pondokan. Mulai dari pergi ke pasar untuk membeli bahan sampai memasak. Kehidupannya tidak jauh dari dapur dan pekerjaan rumah lainnya.

Ayahnya sangat menyayangi Sunja. Bahkan dia punya cita-cita untuk menyekolahkan Sunja. Tapi pada jaman itu sekolah merupakan hal yang mustahil bagi warga asli Korea, terlebih lagi perempuan. Karena sakit ayah Sunja tidak berumur panjang.


Pertemuan Terlarang

sunja-hansu

Suatu ketika pasar Yeongdo kedatangan makelar ikan dari Osaka, Jepang. Ia adalah Koh Han Su (Lee Min Ho). Ia adalah makelar ikan yang tegas dalam menetapkan harga sehingga tidak akan ada kecurangan di pasar atau harga yang tidak stabil. 

Di antara pedagang dan pembeli dia melihat sosok yang berbeda. Han Su mulai menaruh perhatian pada Sunja namun Sunja masih malu-malu dan segan.

Sampai pada akhirnya Koh Han Su menyelamatkan Sunja dari para pemuda Jepang yang hendak melecehkannya. Mulai dari kejadian itu mereka menjadi dekat,

Mereka sering bertemu di hutan mulai dari berbagi cerita tentang kehidupan sampai impian. Kata-kata Han Su berhasil memikat hati Sunja. Sunja yang polos akhirnya meruntuhkan pertahanan diri. Ia pikir itu adalah cinta. 

Sampai ketika ia hamil. Awalnya Han Su sangat bahagia mendengar kabar tersebut. Bahkan dia menjamin anaknya kelak tidak akan kekurangan apapun. Tapi ketika Sunja menanyakan kapan akan menikahinya dia justru mendapat kata-kata yang menyakitkan. 

Han Su tidak akan menikahi Sunja karena dia telah beristri dan memiliki 3 putri di Osaka. Meski itu bukanlah pernikahan karena cinta. Mendengar hal tersebut hati Sunja semakin tersakiti. Dia seketika pergi meninggalkan Han Su.

Han Su adalah penggambaran laki-laki egois yang tidak ingin Sunja dimiliki orang lain tapi tidak juga mau terikat hubungan resmi.


Tentang Penyelamat dan Kepergian

baek-isak

Dihari yang menyedihkan dan hujan turun dengan lebatnya datanglah seorang pendeta dari Osaka yang jatuh di halaman pondokan mereka. Pendeta itu bernama Baek Isak. Dia menderita TBC dan dirawat oleh ibu Sunja sampai berhasil sembuh.

Karena sibuk merawat sang pendeta Sunja baru berbicara kepada ibunya setelah beberapa hari. Mendengar pernyataan Sunja hati ibunya tentu saja hancur. 

Baek Isak mendengar percakapan tersebut dan bersedia menikahi Sunja meski itu bukanlah anaknya. Dia hanya berharap Sunja bisa melupakan lelaki tersebut dan perlahan mencintainya. Sunja menyanggupi hal tersebut dan mereka menikah.

Sunja harus ikut ke Osaka bersama suaminya dan meninggalkan ibunya. Adegan yang sungguh menyayat hati. Karena pada jaman itu ketika perempuan menikah dan pergi dari rumah, entah kapan dia bisa kembali atau bahkan tidak pernah kembali.

Menyadari hal tersebut ibu Sunja yang tidak bisa memberi apa-apa berusaha menghadirkan nasi putih untuk anaknya. Dan betapa berlinang air matanya,

FYI* beras pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh tentara Jepang. Jika penjual berani menjual beras kepada warga asli sudah tentu hukuman akan menanti. Maka itu nasi putih adalah sesuatu yang sangat berharga. 

Dengan penuh air mata ibu Sunja melepas kepergian anaknya.


Kisah 4 Generasi

4-generasi-pachinko
sumber: ig appletv edited by iluhwangbi

Alur cerita drama Pachinko mengajak kita melewati zaman yang berbeda. Alur ceritanya bolak balik menceritakan antar generasi.  

Generasi pertama (1915-1925) yaitu Yang Jin dan Hoon (orangtua Sunja). Generasi kedua yaitu Sunja (1931). 

Generasi ketiga yaitu anak Sunja, belum terlalu diceritakan sampai pada episode 4. Hanya ada Mozasu. Menurut spoiler yang beredar harusnya Sunja memiliki 2 anak. Satu anak dari Koh Han Su yang diberi nama Noa, lalu anak dari pernikahannya bersama Isak yang diberi nama Mozasu. Kemudian generasi ke empat yaitu cucu Sunja, Baek Solomon (1989).

Ceritanya lebih sering melompat ke zaman Sunja muda dan kisah cucu Sunja si Solomon. Pada tahun 1989 Sunja sudah tua yang diperankan oleh aktris Youn Yuh Jung. 

Solomon adalah cucu Sunja yang ambisius. Dia lahir dan besar di Jepang tapi fasih berbahasa Korea karena asuhan neneknya. Dia lebih sering menghabiskan masa kecil bersama neneknya karena ayahnya si Mozasu sibuk bekerja.

Dia memiliki bisnis Pachinko. Inilah asal usul judul drama ini. Pachinko adalah jenis permainan mekanik asal Jepang. Permainan ini merupakan jenis permainan arcade rekreasi atau mesin judi yang mirip dengan permainan pinball. 


Kesan Menonton Drama Pachinko

Drama ini cocok dinikmati kalau seluruh episode sudah muncul. Karena asli bikin penasaran. Nonton drama ini berasa nonton film. Tayangnya hanya 1 kali setiap minggu. Jadi harus nunggu 1 minggu untuk melanjutkan kisahnya. 

Aura klasik drama sangat berasa. Dan terlihat juga bertapa mahalnya drama ini. Ditambah opening intro drama ini seru sekali. 

Awalnya memang akan bingung menontonnya makanya pertama rilis drama ini langsung 3 episode. Tapi karena aku nontonnya udah kena spoiler duluan jadi bisa lebih memahami alurnya.

Selain itu yang kusuka adalah penggunaan 3 bahasanya. Bahasa Inggris, Korea dan Jepang. Jadi kayak nonton drama Jepang tapi ya Korea. Penggambaran masa penjajahan Jepang yang sangat merendahkan. Sebagai negara yang pernah dijajah Jepang juga jadi kita bisa merasakan apa yang mereka rasakan.

Pergi meninggalkan tanah kelahiran tapi justru tidak diterima dinegara penjajah. Bahkan dihina dan direndahkan. 

Pokoknya kalian harus mencoba nonton drama Pachinko ini. Menggambarkan rasa rindu tanah kelahiran, Susahnya bertahan hidup dari masa ke masa. Apik banget pokoknya.

Opening Intro Pachinko


Quote Drama Pachinko

Sebagai ibu dan istri kau harus benar-benar sempurna. Baik kepada iparmu, penuhi kebutuhan fisik suamimu - Ibu Sunja

Penting bagi wanita untuk menyembunyikan uang simpanan - Ibu Sunja

Apa kau bisa melupakanku? Bahkan dalam pernikahanmu yang sah kau akan kembali mengingatku - Koh Han Su

Walau aku harus bekerja banting tulang sampai punggungku sakit dan perutku kosong, anakku tidak akan kekurangan apapun - Sunja

Anak perlu tau ada kebaikan di dunia ini, itu akan membuatnya tumbuh kuat - Ayah Sunja


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다



Baca Juga

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Duh kirain di negara kita saja yg masa penjajah Jepang segala harta benda dan makanan diangkut Jepang. Ternyata di korea juga ya dampak nya begitu menyedihkan sampai beras saja dilarang. Di kita masih mending di kampung petani masih bisa makan nasi meski memang harus setor ke Jepang sebagian besarnya penghasilan

    BalasHapus
  2. awalnya aku males nonton pachinko karena alurnya yang lambat. tapi banyak temen yang bilang bagus, jadi sekarang aku nyicil nih nonton dari epsiode 1

    BalasHapus
  3. Next aku bakalan nonton Pachinko nih, memang bnyak yg nonton jadi pada suka nontonnya ya Mbak, hehe.. Apalagi ceritanya apik ya.

    BalasHapus
  4. Wah iya, banyak yang merekomendasikan drama ini mbak
    Katanya emang menarik ceritanya
    Lee Min Ho memerankan tokoh yg tak biasa

    BalasHapus
  5. aku belum nonton drama ini nih tapi rencananya mau baca novelnya di gramedia digital. menarik sih ya ceritanya dengan latar belakang penjajahan jepang

    BalasHapus
  6. Korea - Jepang - Inggris yaa, ga nyangka korsel yang sedemikian maju gitu juga sempet dijajah heuuuu. Aku lagi liat2 trailernya di apple tv nih

    BalasHapus
  7. Kalau melihat babang Min Ho di sini, terasa banget dewasanya haha.
    Soalnya daku masih belum move on melihat gaya dia yang unyu-unyu di BBF.

    BalasHapus
  8. mengajarkan ketangguhan seorang manusia ya mbak. karena kalau gk terbiasa merantau ini bukan hal mudah untuk siapapun tetap survive. saluuuuuut

    BalasHapus
  9. Sudah dari dulu saya maju mundur hendak membeli buku pachinko, namun masih saja saja blm sempat beli, dan pas ada filmnya jg belum jg nonton, lalu pas baca reviewya sepertinya memang tidak ada salahnya untuk membaca bukunya dan menonton filmnya, karena sepertinya bagus

    BalasHapus
  10. kek nya bakal jadi drakor yang ok dan viral neh

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif