Advertisement

Main Ad

5 Novel Favorit Yang Menarik Untuk Dibaca

Dulu salah satu cita-citaku yaitu jadi penulis. Mungkin itu sejak SMP. Tentu saja menjadi penulis tidak mudah, merangkai kata-kata agar menjadi kalimat yang indah dan menarik untuk dibaca ternyata masih susah bagi saya. Seharusnya saat SMA saya bergabung dengan ekstra jurnalistik tapi sayang karena ngga PD akhirnya itu hanya jadi sebuah penyesalan. 
Saat membaca novel saya suka terkesan saat penulisnya mampu merangkai kata dan membuat kita hanyut dalam ceritanya. Ada satu novel remaja yang saya suka saat SMA tapi lupa judul bukunya. Karena ketika SMA saya dan teman-teman suka saling pinjam, maklumlah anak sekolahan dengan kantong pas-pasan mana cukup buat beli novel apalagi sampai koleksi. Akhirnya setelah saya bekerja saya mulai rutin mengunjungi toko buku dan memiliki beberapa koleksi novel atapun buku non novel. Sayangnya karena harus merantau, buku-buku tersebut tertinggal di kampung halaman. Dan beberapa buku ini yang saya ingat judul dan ceritanya. 

1. Frankfrut to Jakarta
Mengisahkan tentang seorang wanita bernama Rianda yang menempuh pendidikan di Frankfrut dan menjalin kasih dengan Fedi laki-laki dari Indonesia yang juga kuliah disana. Mereka berjanji akan menikah. Fedi pulang ke Indonesia lebih dulu namun ternyata dia di jodohkan dengan Andini. Rianda sangat kecewa dan memutuskan menjadi sukses dan mandiri. Suatu hari Rianda balik ke Indonesia dan menjadi wanita sukses. Akankah Fedi kembali ke sisi Rianda? Meninggalkan Andini dan anaknya yang sudah tidak Ia pedulikan lagi. 
Novel ini jadi favoritku karena mengobrak abrik perasaan sebagai wanita. Bagaimana perilaku Fedi kepada Andini dan Rianda. Perasaan Andini yg mewakili perasaan wanita korban perjodohan dan ketidakadilan. Pokoknya novel ini recomended, ceritanya tidak membosankan.

2. Serial Bumi karya Tere Liye
Menceritakan petualangan Raib, Seli, Ali dan Miss Selena ke dunia paralel. Buku ini dimulai dari seri Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceroz dan Batozar, Komet, Komet Minor, Selena, dan Nebula. 
Sejujurnya saya kurang suka novel berseri seperti ini, bikin penasaran dan harus nunggu seri berikutnya. Ceritanya sungguh seru ngga hanya fiksi tapi ada penjelasan dalam versi ilmiah. Keren sekali penulisnya. Apalagi karya Tere Liye memang dikenal memiliki cerita yang menarik. Sayangnya saya berhenti di seri Komet. 

3. Hujan karya Tere Liye


Bercerita tentang Lail yang ingin melupakan hujan. Kenapa dia ingin melupakan hujan??? Dari situlah kisahnya dimulai. Bergenre science-fiction dengan latar tahun 2042. Dimana akan ada bencana alam dahsyat yang akhirnya merubah kehidupan manusia. 
Jalan ceritanya menarik hanya saja butuh dibaca dengan hati2 dan teliti karena jalan ceritanya mengambil alur maju mundur.

4. Kitab Epos Mahabharata & Ramayana
Dengan jumlah 885 halaman buku ini cukup tebal ya. Buku ini adalah hadiah dari mantan pacar (suami). Entah kenapa dia terpikirkan menghadiahi saya buku ini. Tentu saja ceritanya adalah tentang Mahabharata kisah perang saudara antara Pandawa dan Korawa. Dan kisah Ramayana. Pasti pada tahu kisah populer ini. 
Saking tebalnya saya belum selesai membaca sampai habis. Apalagi tokoh dalam kisah Mahabharata ini sangat banyak. Tokoh A muncul di bab 2 nanti akan diceritakan lagi di bab 10. Wah udah lupa kan tuh. Jadi membacanya harus ingat nama tokoh yang diceritakan. Sesungguhnya buku ini sangat menarik, dikupas lebih dalam daripada serial tv yang tayang di stasiun tv swasta itu. 

5. Mawar Hitam karya Fajar Dwi Putra
Menceritakan tentang perjuangan janda berumur 20 tahun. Kalian bisa membaca di Resensi novel Mawar Hitam

Itulah novel yang menjadi favorit saya. Adakah yang menjadi favorit kalian juga?
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar