Drama Monthly Magazine Home dan Masalah Tempat Tinggal

Monthly-magazine-home

Annyeong kdrama lovers semoga kita selalu dalam keadaan sehat. Kali ini aku mau bahas drakor Monthly Magazine Home yang dibintangi oleh Jung So Min dan Kim Ji Seok. Dia juga pernah main di drama My Unfamiliar Family.

Halo saudara yang lagi ada di perantauan bagaimana kabarnya?  Inget ngga sih pertama kali kalian ada di perantauan. Merantau ke daerah yang ngga ada saudara berharap untuk memperbaiki nasib. Hal pertama yang kalian cari pastinya tempat tinggal. Mungkin pertama kali kalian akan nebeng tinggal bersama teman atau kenalan tapi ngga selamanya juga kan. Apalagi tujuan kalian merantau untuk bekerja. 

Nah Monthly Magazine Home ini kurang lebih membahas masalah tempat tinggal dan tentunya dibumbui percintaan si Bos dan anak buahnya agar semakin menarik. Bagaimana susahnya mencari rumah tinggal baik itu sewa bulanan atau tahunan dan tentunya hal yang didambakan semua orang yaitu mempunyai rumah sendiri. 


Sinopsis Monthly Magazine Home

Drama ini bercerita tentang seorang pria (Yoo Ja Sung) yang menganggap rumah hanya sebagai investasi untuk menambah kekayaannya.  Yoo Ja Sung adalah seorang CEO majalah dan pemilik usaha jual beli properti. Lebih tepatnya dia menjadi CEO majalah untuk mempromosikan rumah-rumah yang dia miliki. Tapi siapa sangka jika dulunya dia adalah pria miskin yang bekerja serabutan. Kini dia menjadi pengusaha yang sukses berkat kecermatannya dalam berinvestasi. 

Dia dikenal sebagai orang yang sangat perhitungan dengan pengeluarannya. Bahkan karena menganggap rumah sebagai aset jual beli dia hanya "numpang" tinggal di rumah yang dia beli lalu dia jual tersebut. Makanya dia nyaris tidak punya properti isian rumah. Namun dengan kekayaan yang dia miliki dia masih merasa kesepian. 

Na Young Won adalah editor majalah yang telah bekerja selama 10 tahun namun masih tinggal di rumah sewa bulanan. Naasnya saat dia baru saja kembali dari tugasnya sang pemilik rumah datang mengusirnya. Dia dipaksa pindah tanpa tau harus kemana. Na Young Won kini bekerja di perusahaan majalah bernama Monthly Magazine yang dipimpin oleh Yoo Ja Sung. Pria yang mengusirnya dari rumah sewanya. Dia menjadi editor majalah yang bertanggungjawab kepada Yoo Ja Sung.

Dia menganggap rumah sebagai tempat tinggal Pertemuan awal mereka terjadi dengan konflik membuat hubungan kerja keduanya terasa menegangkan. Diam-diam Yoo Ja Sung mulai tertarik dengan Na Young Won. Apalagi saat Na Young Won berlangganan chanel youtubenya dan menerapkan tips darinya agar segera bisa memiliki rumah. Na Young Won kini bertekad memiliki rumah sendiri. 


Pemeran/ Cast Monthly Magazine Home

Jung So Min sebagai Na Young Won

Kim Ji Seok sebagai Yoo Ja Sung

Jung Gun Joo sebagai Shin Gyeom (fotografer)

Chae Jung An sebagai Yeo Eui Ju (editor)

Ahn Chang Hwan sebagai Nam Sang Soon (editor)

Kim Won Hae sebagai Choi Go (pemimpin redaksi)

Profil Drama Monthly Magazine Home

Jumlah episode : 16

Tayang: JTBC internasional iQIYI

Sutradara: Lee Chang Min

Penulis: Myeong So Hyeon

Hangeul: 월간집 

Genre: Drama, Romance



Bisakah Membeli Rumah Dengan Hasil Menabung?

rumah-dan-tabungan

Kalau pertanyaannya begini kira-kira bisa ngga sih? Oke bahasan saya disini adalah memiliki rumah di kota. Seperti Na Young Won yang ingin memiliki rumah di Seoul yang mana harga rumahnya selangit, tidak sesuai dengan pendapatan bulanan mereka dengan biaya hidup yang harus dihabiskan tiap bulannya. 

Sebagai orang yang merantau jauh dari tanah kelahiran karena alasan bekerja tentunya ingin memiliki rumah sebagai tempat tinggal jangka panjang. Tidak ada yang salah jika kita tinggal di rumah sewa bulanan atau sewa tahunan. Tapi akan lebih baik jika kita bisa memiliki rumah sendiri apalagi jika kita sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Dalam jangka panjang perlu dipikirkan juga biaya sewa yang bisa saja naik tiba-tiba. Anak yang mulai sekolah dan perlu biaya ini itu. Pastinya akan menambah biaya pengeluaran. Jika kita memiliki rumah sendiri setidaknya kita tidak perlu berfikir membayar sewa bulanan atau tahunan.  

Banyak orang yang kini berhutang untuk memiliki rumah. Bagi saya berhutang untuk memiliki rumah tidak bisa dibilang salah. Karena rumah termasuk kebutuhan primer manusia dan nilai jualnya akan terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi jika lokasinya berada di tempat yang strategis. Yang menjadi masalah adalah ketika kita berhutang untuk sekedar memenuhi gaya hidup. 

Sebagai gambaran ini berdasarkan pengalaman pribadi saya survey ke sebuah perumahan yang jarak tempuhnya kurang lebih 20 menit menggunakan sepeda motor dari pusat kota. Pada tahun 2017 rumah itu senilai 73 juta. Rumah dengan 1 kamar kurang lebih type 30 an. Kini tahun 2021 sang pemilik menjual rumah tersebut dengan harga 200 juta nego tipis. Seorang kenalan juga baru saja membeli rumah pada Agustus 2021 type 36  dengan luas tanah 55m2 seharga 195 juta. Tidak jauh dari perumahan yang saya survey . Jadi bisakah kita memiliki rumah dengan murni menabung? 

Ceritanya akan berbeda jika kita sudah memiliki tanah dan tinggal membangun rumah diatasnya. Sebagai gambaran salah satu teman baru membeli tanahnya saja kurang lebih seluas 90m2 kurang lebih seharga 165 juta. Tentunya menabung adalah cara yang pas karena kita tidak perlu khawatir dengan harga tanah dan bangunan yang terus meningkat setiap tahunnya. 


Ada hal yang bisa kalian lakukan jika ingin memiliki rumah di kota dan tidak jauh dari tempat kerja.

1. Mempunyai Tabungan Untuk Membayar Uang Muka

Membeli rumah dalam bentuk tunai ataupun mengajukan KPR tentunya harus membayar uang muka sekian persen dari harga rumah. 

2. Membeli Rumah Subsidi Program Pemerintah

Rumah subsidi adalah rumah yang disubsidi pemerintah dan tentu harganya lebih murah. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi jika menginginkan rumah subsidi ini. Salah satunya tentu tidak mempunyai kredit macet dan gaji tidak melebihi 4 juta untuk rumah tapak.

3. Mengajukan KPR

Jika membeli rumah melalui developer biasanya developer akan membantu mengurus pengajuan ke bank partner. Namun kalian juga bisa mengurusnya secara mandiri ke bank yang bukan partner yang terpenting segala syaratnya sudah disiapkan.


Memaknai Arti Rumah

arti-sebuah-rumah

Bagi Na Young Won rumah adalah tempat dia bisa menjadi diri sendiri. Tempat dia menumpahkan segala emosi. Bagi saya rumah adalah privasi, tempat saya bebas melakukan apapun. Tempat berbagi cerita dan kasih sayang tentunya. 

Dulu semasa bujang saya pernah tinggal di kost (rumah sewa bulanan) yang tidak terlalu luas dan cukup untuk 1 orang saja. Kalau berdua rasanya sumpek. Akhir-akhir ini saya sering teringat rumah itu, Mungkin karena dia berhasil membuat saya merasa aman dan nyaman. Tempat yang bisa saya dekorasi sesuka hati. Tempat untuk saya hibernasi karena habis begadang nonton drama Korea. Tempat dengan ceritanya tersendiri. Rumah adalah tempat yang memberikan rasa aman dan nyaman baik dari dalam rumah itu sendiri dan pastinya dari segi lingkungan pula.

Jadi apa makna rumah bagi kalian??


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다



Sumber:

https://www.rumah.com/panduan-properti/cara-punya-rumah-dalam-waktu-seminggu-7795

https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-58512-syarat-kpr-untuk-anda-yang-mau-beli-rumah-baru-rumah-second-dan-rumah-subsidi-id.html

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar