Mengenal Hari Libur Nasional di Korea

libur-nasional-di-korea

Bulan ini ternyata sudah Desember ya chinggu. Kalau sudah Desember gini rasanya hawa liburan sudah menanti nih. Libur Natal dan Tahun baru. Kesempatan buat pulang kampung juga nih. 

Ngomong- ngomong pulang kampung aku juga udah pengen pulang kampung. Kangen suasana rumah dan keluarga pastinya. Tapi kita tidak bisa bersenang hati meski ini Desember. Karena masih adanya Corona virus, kebijakan libur berubah dan pastinya masih ada himbauan untuk dirumah saja. Libur dan cuti bersama masih di cut guys.

Karena mengingat masa liburan sebelum Corona menjajah, jadi aku bikin blogpost hari libur nasional dan hari besar di Korea. 

Selain hari Chuseok dan Seollal Korea juga punya hari besar dan libur nasional lainnya. Mari kita cari tahu


Hari Libur Nasional di Korea (한국의 공휴일)

신정 (Tahun Baru)

Sama seperti di Indonesia mereka juga ikut merayakan malam pergantian tahun. Tempat terkenal untuk merayakan pergantian tahun ada di Jonggak dan pinggir sungai Han. Namun ada juga yang memilih untuk mendaki gunung atau ke pantai untuk menyaksikan matahari terbit. Seperti ending drama Jirisan.


설날 (Tahun Baru Imlek)

Hari besar ini merupakan salah satu hari besar yang penting di Korea. Semua kantor-kantor tutup. Mereka mendapat libur 3 hari berturut-turut. Pada saat itu keluarga dan saudara akan berkumpul untuk melakukan upacara persembahan kepada leluhur dan memberi hormat kepada orang tua. 

Gerakan memberi hormat dengan cara membungkuk kepada orang tua disebut "sebae" (세배)


삼일절 (Gerakan 1 Maret)

Merupakan hari peringatan untuk mengenang gerakan kemerdekaan melawan penjajah Jepang. 


어린이날 (Hari Anak)

Merupakan perayaan untuk kebahagiaan anak-anak yang jatuh pada tanggal 5 Mei. Biasanya para orang tua akan mengajak anak-anak mereka pergi berlibur.

 

석가탄신일 (Hari Lahir Buddha)

Biasanya dirayakan di akhir bulan Mei. Umat Buddha akan mengunjungi kuil pada hari itu dan kuil-kuil dihiasi dengan lentera yang digantungkan di halaman kuil. Seminggu sebelum hari H orang-orang mulai merayakan dengan Festival Lentera Teratai. 

Selain itu akan ada juga parade Lampion. Umat Buddha dari berbagai kalangan masyarakat akan berbaris dalam pawai dan mereka yang bukan Buddha juga diundang untuk berpartisipasi.


현충일 (Hari Pahlawan)

Diperingati pada tanggal 6 Juni untuk mengingat jasa pahlawan yang telah berkorban untuk negara. 


광복절 (Hari Kemerdekaan)

Merupakan hari kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang tahun 1945. Diperingati setiap tanggal 15 Agustus.


추석 ( Hari Raya Panen)

Merupakan salah satu hari raya Korea yang terkenal. Diadakan pada hari 15 bulan 8 kalender lunar. Pada hari ini diadakan upacara persembahan kepada leluhur dengan menyiapkan hasil panen (buah-buahan) dan kue beras atau berbagai hidangan tradisional. 

Mereka biasanya akan mengunjungi makan leluhur atau membuat upacara peringatan di rumah. 


한글날 (Hari Hangeul)

Setiap tanggal 9 Oktober masyarakat Korea memperingati hari dibuatnya Hunminjeongeum (cikal bakal huruf Hangeul) oleh Raja Sejong. Bisa dibilang merupakan hari untuk merayakan tingkat melek baca masyarakat Korea. 

Seperti yang kita tahu pada jaman dahulu Korea menggunakan karakter China yang dikenal dengan huruf hanja. Huruf ini cukup rumit dan hanya kalangan terpelajar yang bisa membacanya. Sehingga banyak masyarakat kelas bawah menjadi buta huruf. 

Maka Raja Sejong memutuskan untuk membuat huruf yang mudah dipelajari dan dibaca oleh masyarakatnya. Lahirlah huruf Hangeul yang kita kenal kini. 


크리스마스 (Hari Natal)

Hari untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus. 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar