Bulgasal (2021) Review : Petualangan Menemukan Jiwa

review-drama-bulgasal

Drama Korea Bulgasal Immortal Souls adalah drama dengan genre fantasi yang tayang di akhir tahun 2021 berlanjut sampai februari 2022. Drama ini awal teasernya muncul dibilang mirip drama Goblin yang dibintangi Gong Yoo dan Kim Go Eun. Setelah tayang menurutku drama ini berbeda. Memang kisah awalnya sedikit mirip tapi setelah beberapa episode bagiku sih lebih banyak bedanya.

Mari kita bahas Drama Bulgasal : Immortal Souls ini


Sinopsis Drama Bulgasal: Immortal Souls

sinopsis-drama-bulgasal

Drama ini berkisah tentang seorang anak kecil yang sejak dalam kandungan sudah dikutuk oleh bulgasal. Bahkan ibu dari anak ini bunuh diri agar anak dalam kandungannya tidak lahir. Tapi bayi ini lahir dari ibu yang telah bunuh diri. 

Warga desa mengucilkan anak ini bahkan ayahnya menukar sang anak dengan sebotol minuman. Dari kecil hidupnya sudah sangat menderita bahkan tanpa dia melakukan kesalahan dia hendak dibunuh warga desa karena dianggap membawa sial.

Untungnya panglima perang kerajaan melihat kejadian tersebut dan membawa anak itu bersamanya. Dia menjadi anak angkat sang panglima dan diberi nama Dan Hwal. Dan Hwal menjadi sosok kuat pemburu monster. Segala macam monster berhasil ditaklukkan dan terakhir dia mengejar si bulgasal ini.

Nasib sial tak dapat ditolak. Seluruh keluarganya mati mengenaskan bahkan dia juga dibunuh oleh bulgasal dan jiwanya terambil oleh si bulgasal ini. Bulgasal yang mengambil jiwa Dan Hwal akan bereinkarnasi menjadi manusia sedangkan Dan Hwal berubah menjadi bulgasal. Makhluk abadi yang hidup 600 tahun.


Profil Drama 

Judul : Bulgasal : Immortal Souls

Hangeul: 불가살 

Sutradara : Jang Young Woo 

Penulis : Kwon So Ra, Seo Jae Won

Episode : 16 

Network : tvN, Netflix

Jadwal tayang : Sabtu & Minggu

Tanggal rilis : 18 Desember 2021- 6 Februari 2022


Cast Drama Bulgasal

Lee Jin Wook Sebagai Dan Hwal

Kwon Na Ra sebagai Min Sang Un

Lee Joon sebagai Ok Eul Tae

Gong Seung Yeon sebagai Min Si Ho

Kim Woo Seok sebagai Nam Do Yun

Jung Jin Young sebagai Detektive Kwon Ho Yeol

Park Myung Shin sebagai Shaman & Lee Hye Suk


Apa itu Bulgasal?

Dari tadi kita bahas bulgasal dan bulgasal terus. Jadi apa sih sebenarnya bulgasal itu? Yang pasti bukan hanya sebuah judul drama Korea.

Bulgasal merupakan makhluk mitos berdasarkan cerita rakyat Korea Selatan pada Dinasti Goryeo yang memiliki arti mustahil untuk dibunuh dan bisa dibunuh dengan api. Bulgasal digambarkan sebagai makhluk mengerikan ibarat binatang buas dan mencekam peminum darah manusia. Dengan meminum darah manusia dia akan semakin kuat. 

Bagaimana penggambarannya dalam drama???

Iya sesuai seperti mitos tersebut. Hanya saja bulgasal di drama ini tampan ya. Oh iya ternyata ada dua bulgasal yang digambarkan dalam drama ini. Bulgasal yang menikmati kehidupan abadinya dan tetap meminum darah manusia agar semakin kuat dan bisa bebas berkuasa. Satu lagi adalah bulgasal yang hanya ingin jiwanya kembali agar dia bisa terlahir sebagai manusia lagi. 

Jadi takdir rumit seperti apa yang akan terjadi kepada mereka bertiga? Karena semakin kesini ceritanya semakin seru dan sepertinya akan ada plot twist diantara kedua bulgasal yang sama-sama mengincar jiwa Min Sang Un.

Manusia Laknat Itu Adalah Monster Yang Lahir Kembali

monster-dalam-drama-bulgasal

Dalam masa lalunya Dan Hwal adalah pemburu monster yang handal. Dia sudah membunuh semua monster yang ada pada Dinasti Goryeo. Sayangnya setiap monster yang dia bunuh memiliki dendam terhadapnya. Gampangannya monster itu tidak terima dibunuh dan akan menyimpan dendam selamanya meski dia dilahirkan kembali.

Monster yang lahir kembali sebagai manusia sayangnya tetap memiliki sifat buruknya. Mereka terlahir sebagai pembunuh. Dan Hwal dalam kehidupannya masa kini masih yang memburu para monster tersebut. Sayangnya para monster tersebut tidak pernah mengejar Dan Hwal karena dendamnya.

Nasib sial justru dialami oleh Min Sang Un. Dia dari kecil selalu diburu oleh orang tidak dikenal. Bahkan kakak dan ibunya terbunuh secara tragis. Dan Hwal sudah memburu Min Sang Un sejak lama.


Drama Tentang Reinkarnasi

bulgasal-drama-tentang-reinkarnasi

Setauku sudah banyak drama Korea yang mengangkat tema tentang reinkarnasi. Dan drama dengan tema reinkarnasi itu selalu menarik. 

Reinkarnasi itu sendiri merupakan sebuah kepercayaan bahwa seseorang akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Secara umum orang tersebut tidak akan ingat kehidupan dia sebelumnya. 

Seingatku ada kisah dari India dimana seorang anak kecil mengingat kehidupan dia sebelumnya. Dia bahkan ingat tempat tinggalnya di kehidupan sebelumnya dan mengingat siapa suaminya dalam kehidupan sebelumnya tersebut.

Kelahiran yang berulang-ulang tersebut tentunya membawa karmanya sendiri. Ada karma instan yang didapat langsung saat manusia itu berbuat jahat atau baik masa kini langsung diterima saat ini juga. Tapi ada pula karma yang dituai di kehidupan manusia itu kelak. 

Dalam drama Korea kita pasti sering mendengar saat ada orang yang bernasib baik atau tiba-tiba ketiban rejeki lah, mereka pasti berkata "kau sangat beruntung pasti kau menyelamatkan negara dalam kehidupanmu sebelumnya." 

Reinkarnasi bisa jadi sebuah hubungan yang rumit. Bisa saja 2 manusia dalam kehidupan sebelumnya adalah musuh namun dalam kehidupannya kini setelah mengalami reinkarnasi 2 manusia itu justru menjadi teman atau bahkan keluarga.

Hal itulah yang dialami Dan Hwal. Dia sangat dendam dengan bulgasal yang menghancurkan keluarganya dan mengambil jiwanya. Dia sudah bertekad ketika dia bertemu dengan reinkarnasi si bulgasal pada masa lalu dia akan mengambil jiwanya. Tapi dalam kehidupan kini, istrinya dulu yang mati ditangan bulgasal bereinkarnasi menjadi adik si bulgasal tersebut. Kedepannya bagaimana jadinya hubungan mereka ini?

"Mereka akan terus terlibat dalam kehidupan kedepan baik sebagai musuh atau sebagai teman"


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar