Menyoal Perselingkuhan Dari Drakor Hingga Layangan Putus

selingkuhan-layangan-putus

Hebohnya serial Layangan Putus mengingatkanku pada drama Korea The World of Married yang juga berhasil bikin kegaduhan di kalangan netizen. Yup serial yang memiliki tema perselingkuhan ini memang memiliki daya tarik sendiri bagi penontonnya. Mungkin karena kisah seperti ini sangat lekat dengan kehidupan nyata. Bahkan sering tersambung dengan pengalaman pribadi. 

Dalam kasus perselingkuhan pasti akan muncul istilah Pelakor yang tak lain adalah "perebut laki orang". lalu kenapa hanya perempuan yang salah? bukankah perselingkuhan terjadi karena adanya kemauan kedua belah pihak. Pihak laki-laki dan si perempuan. Dan mereka melakukan itu secara sadar.

Bahkan tak jarang muncul stigma negatif ketika laki-laki berselingkuh. Perempuan yang selalu disalahkan. Mulai dari si istri yang tidak becus mengurus suaminya hingga memilih wanita lain. 

Atau si pelakor yang merebut suami orang.  Padahal yang namanya selingkuh ya sudah tabiat aja. Baik laki-laki maupun perempuan bisa saja berkhianat.  

Beberapa drama berikut ini setidaknya memberikan gambaran bahwa perselingkuhan bisa terjadi karena banyak faktor.

Drama Tentang Perselingkuhan 

Tentunya drama yang mengangkat tema perselingkuhan ada banyak. Beberapa diantaranya berhasil membuat penonton naik darah dan gemas dengan tingkah laku mereka. 

Drama yang menampilkan dua keluarga yang berselingkuh. Keluarga ini memiliki latar belakang yang berbeda. Son Ji Eun (Park Ha Sun) memiliki suami pegawai negeri dan dia mengisi waktu dengan bekerja di supermarket. Kehidupannya membosankan. 

Dia menaruh rasa iri pada tetangganya yang terlihat sempurna. Suami yang penyayang dan putri yang manis. Tapi ternyata si istri diam-diam berselingkuh dengan mantan pacarnya dimasa lalu. 

Son Ji Eun tanpa sengaja terlibat dengan tetangganya tersebut dan seorang guru biologi Yoon Jung Woo. Mereka makin sering terlibat hingga muncul rasa suka diantara mereka. Son Ji Eun menyadari bahwa tindakannya salah. Tapi ada rasa yang tidak bisa dibendung hingga perselingkuhan tersebut terjadi.  

Tipe Pelakor

Agak susah ya menggambarkannya. Karena mereka berselingkuh karena sama-sama tidak bahagia dengan kehidupan pernikahannya dengan pasangan masing-masing. 

Si guru biologi menjalani kehidupan LDM (Long Distance Marriage) dan dia merasa terintimidasi dengan keluarga istri yang menganggapnya tidak memiliki masa depan cerah.

Son Ji Eun kurang perhatian dan kasih sayang dari sang suami. Bahkan suaminya tidak ingin memiliki anak meski Son Ji Eun sangat mengharapkan anak agar dirinya tidak kesepian.

Kalau untuk tokoh Choi Soo A dan Do Ha Yoon mereka menjalin hubungan terlarang karena cinta lama belum kelar sih. Dan juga kehidupan membosankan karena mimpinya hilang ketika menikah ditambah suaminya sering berlaku kasar secara fisik maupun mental. Tapi lebih sering menyerang mentalnya.


  • VIP (2019)

Drama yang berhasil membuat penontonnya gregetan tapi juga penasaran. Na Jung Sun ( Jang Na Ra) adalah wanita sukses. Dia dan suaminya bekerja di satu perusahaan hanya beda departemen. kehidupan pernikahannya juga biasa saja. Adem ayem.

Hingga suatu hari ada yang memberi tahunya bahwa suaminya berselingkuh dengan salah satu rekan kerjanya. Dia mulai mencurigai suaminya dan mencari tau kebenaran itu.

Dan benar saja suaminya selingkuh dengan salah satu anak buahnya yang sungguh tidak dia duga. Cara Na Jung Sun melabrak pelakornya juga sangat elegan. Inilah salah satu yang membuat drama ini sangat menarik.

Tipe Pelakor

Wanita muda yang hidup sendiri dan kurang  kasih sayang. Suami Na Jung Sun yaitu Park Sung Joon (Lee Sang Yoon) awalnya hanya membantu. Lalu merasa kasihan dan dia melihat dirinya dalam wanita tersebut. Si wanita muda tetap berani mendekati Sung Joon meski tahu sudah beristri. 

Dia merasa mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari seseorang yang tidak pernah dia dapatkan selama ini.


  • The World of Married (2020)

Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) seorang dokter yang menikah dengan calon direktur Lee Tae Oh ( Park Tae Joon). Kehidupan mereka bahagia. Sampai Sun Woo tahu bahwa suaminya selingkuh dengan seorang wanita muda yang tidak tahu diri. Kehidupan pernikahannya berubah menjadi nereka.

Tipe Pelakor

Wanita muda yang hidup berkecukupan tapi tetap memiliki kekurangan. Sosok yang bisa menutupi kekurangannya tersebut sungguh sayang adalah suami orang. 


  • Layangan Putus (2021)

Sebuah web seri Indonesia garapan Benni Setiawan yang kabarnya diangkat dari sebuah kisah nyata salah satu postingan wanita di Facebook yang berlanjut menjadi sebuah novel.

Series ini bercerita tentang rumah tangga Aris dan Kinan yang dihadapkan pada kehadiran orang ketiga yang membuat rumah tangganya menjadi tak tentu arah ibarat layangan putus. 

Tipe Pelakor

Menurutku tidak jauh beda dengan drama The World of Married.


Faktor Penyebab Perselingkuhan

penyebab-perselingkuhan

Blogpost ini sebenarnya terinspirasi dari novel yang sedang kubaca. Judulnya Pelakor tapi diceritakan dari sudut pandang yang unik. Ceritanya sangat menarik. Kagum sama penulisnya yang bisa bikin cerita menarik seperti itu.

Berangkat dari kisah novel tersebut dan beberapa drama yang juga mengangkat tema yang sama jadi kepikiran untuk membuat sebuah blogpost tentang perselingkuhan. 

Baik dalam cerita novel ataupun kisah di drama, pasangan selingkuh bisa saja dari keluarga yang tampaknya bahagia dan baik-baik saja. Laki-laki yang sangat mencintai istri dan anaknya juga bisa memiliki wanita simpanan. 

Jadi sebenarnya apa sih penyebab terjadinya perselingkuhan?? 

Merangkum dari berbagai sumber beberapa faktor dapat memicu terjadinya perselingkuhan

Kurangnya Perhatian

Dalam kehidupan pernikahan selain komunikasi perhatian juga menjadi faktor utama sebuah kebahagiaan. Jangankan pasangan yang menikah, yang masih pacaran saja pasti menuntut adanya perhatian dari pasangannya.

Biasanya pasangan yang sudah tinggal serumah mulai berkurang perhatiannya. Tak jarang mereka tidak lagi banyak menghabiskan waktu bersama dengan alasan sibuk bekerja dan sebagainya.  Selingkuh bisa terjadi karena pasangannya justru mendapat perhatian dari orang lain. 

Ini kasusnya seperti drama Love Affairs in The Afternoon


Hilangnya Rasa Cinta

Tidak ada lagi rasa cinta setelah menikah?? Bisa saja. Hal- hal yang menghilangkan rasa cinta itu tentu saja banyak. Salah satunya masih berkaitan dengan perhatian. 

Menerapkan silent treatment saat ada masalah juga salah satu pemicu hilangnya rasa cinta, Pasangan yang tidak peka dan tidak lancarnya komunikasi dengan pasangan. 


Cinta Lama Belum Kelar

Masih memiliki rasa cinta dengan mantan pacar. Cinta yang dulu bersemi dengan indahnya tapi tidak sampai ke pelaminan. Terputus karena sebuah keadaan. 

Tentu saja perselingkuhan bisa terjadi karena adanya kemauan kedua belah pihak. 


Lingkungan/ Pengaruh Orang Lain

Berteman dengan seorang pelakor terus menjadikanmu pelakor?? Bisa jadi. Apalagi pertemanan tidak sehat seperti sering mendapat nasehat merebut laki orang atau sering mendengar curhatannya berhasil merebut laki orang lantas membuatmu terpacu untuk mencoba. 

Atau juga sering mendengar ceritanya betapa bahagianya dia menjadi wanita simpanan yang gampang mendapatkan uang. 


Tabiat

Faktor terakhir adalah tabiat. Tabiat manusia itu susah sekali dirubah. Percayalah. Jangan pernah berfikir untuk merubah tabiat seseorang. Karena jika bukan karena kemauannya sendiri, tabiat itu tidak akan hilang. Mau seberapa berbusanyapun kita berbicara percuma saja.


Kesimpulan

Apapun alasannya, yang namanya perselingkuhan tetap saja salah. Sebelum memutuskan untuk berpaling atau tergoda hal indah diluar sana, ada baiknya kembali mengingat masa-masa indah sebagai pasangan suami istri sah. atau masa masa indahnya berpacaran. 

Jika mempunyai masalah yang membuat tidak bisa terus hidup bersama lebih baik pisah daripada menyakiti hati pasangan dengan berselingkuh. 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Kalau secara ilmiah, selingkuh juga terjadi karena faktor gen juga kak seperti gen DRD4.
    Btw aku bahas faktor selingkuh secara ilmiah jg di blogku, jaga g lupa beekunjung ya kak, allamandawi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada faktor gen berarti kemungkinan anak yg lahir dari orang tua yg pernah melakukan perselingkuhan berarti kemungkinan besar berpeluang akan selingkuh. nanti aku berkunjung ke blognya mbk.

      Hapus
    2. Hi Amanda, Hi De Eka, ini Menarik untuk dibahas, saya rasa itu adalah aliran nativis dan naturalis. Tapi saya lebih mempercayai pada aliran konvergensi, bahwa memang ada bawaan dari lahir akan tetapi kita masih bisa merubahnya. Salam dari Lastquestions yaa.

      Hapus
  2. apapun alasannya, tetep aja ya tidak membenarkan tindakan selingkuh. Apalagi yang sudah kelewat batas kayak di seriesnya Layangan Putus😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu punya suami kayak mas aris udah lah auto cerai aja. Nyebelin banget ngga sih

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif