Refleksi Diri Blog iluhwangbi

refleksi-diri-blog-iluhwangbi

Blogpost ini awalnya ingin ku buat di bulan November 2021 kemarin. Karena pada bulan itulah blog ini tepat berusia 1 tahun, tapi akhirnya tertunda dan tertunda karena sebuah alasan klise. 

Usia 1 tahun masih usia dini bagi blog ini. Apalagi blog ini masih dibilang belum ada apa-apanya. Kadang suka rendah hati juga ketika blog orang lain yang katanya baru mulai sudah berhasil kemana-mana. 

Ditambah lagi kalau blogwalking ke blog yang bahas tentang meningkatkan blog banyak yang bilang dalam setahun mereka sudah dapat PV tinggi dan sebagainya. Mereka juga menjelaskan cara untuk mendapatkannya. So far aku merasa sudah melakukan itu tapi blog ini masih yang segini aja rasanya. 

Oke ini kembali lagi ke si punya blog ya. Mau berlari atau berjalan dalam membawa blognya. Nah kalo aku kayaknya masih yang berjalan santai mungkin juga kelewat santai. 


Perjalanan Blog iluhwangbi

Blog ini sih udah ada dari tahun 2015 dan ada 1 postingan yang pageviewnya sampai 2000 an. Padahal belum tau SEO, belum kenal Search Console, dan masih pakai dot blogspot dot com. Amazing banget gitu rasanya. Dan ada pertanyaan Kok Bisa???

Akhirnya 2020 jadi tahun memulai benar-benar terjun  ke dunia blogging. Inilah ringkasan perjalanan blogku

Juli 2020

Memulai aktifitas blogging. Masih yang cuma nulis tambah gambar buat pemanis lalu posting dan selesai. Ngga peduli ukuran gambarnya berapa.

Oktober 2020

Bergabung komunitas Blogger Perempuan. 

Dari bergabung komunitas ini barulah nambah ilmu blog. Jadi baru tau SEO on page, SEO off page, riset keyword, tool buat riset keyword. Cara mengoptimasi gambar. Kalau dulu asal pasang gambar aja, ngga peduli ukuran berapa kb. 

Setelah gabung komunitas ini berasa wah aku ternyata tidak tahu apa-apa. tetep dibawa ketawa ya. Jadi menertawakan diri sendiri sih.

November 2020

Memutuskan untuk beli domain dot com. 

Awalnya aku sedang membaca di sebuah blog yang aku lupa alamatnya. Setelah baca bogpostnya dan terpatok pada sebuah kalimat, aku yang langsung memikirkan untuk beli domain. Ya bingung ya nekat. Untungnya DM ku dibalas oleh mbk ewa pemilik blog ewafebri.com. Terimakasih banyak mbak.

Untuk pemasangan dipandu oleh blog nya mas sugeng. Sangat membantu sekali. No ribet. 


Tahun 2021

Masuk di tahun baru. Tahun yang masih perlu belajar banyak ilmu. Tahun ini juga nambah gabung jadi anggota komunitas hebat. 

Selama  tahun 2021 ada hal yang patut disyukuri yaitu ada 2 blogpost yang nangkring di halaman pertama google (sekarang sih sudah geser kayaknya)

Pernah menang competition KEB X Viu meski bukan juara utama. Lumayan kan dapet Viu premiun selama 1 bulan. 

Mei 2021

Bergabung jadi member 1 minggu 1 cerita dengan harapan setidaknya dalam seminggu bisa ada tulisan di blog.

Juli 2021

Bergabung jadi member BloggerHub Family

Dari gabung grup whatsapp komunitas ini jadi beneran nambah ilmu. Apalagi bloggerhub ini sering mengadakan blogger talks dengan narasumber blogger yang sudah ahli dibidangnya. Dan mereka ngga pelit ilmu. 

Dari gabung komunitas ini jadi makin tau seluk beluk blog. Mulai dari kualitas artikelnya sampai ke yang bagian terdalam blog. Bagaimana mengoptimasi sebuah blog agar blognya itu sendiri sehat. 


Sebuah Resolusi Untuk Tahun 2022

Sebenarnya dari dulu aku bukan orang yang suka menetapkan sebuah target untuk satu tahun. Jadi ya easy going aja sih. Mengalir layaknya air. Jadi kalau ingin sesuatu aku tidak mengharuskan agar tercapai di tahun ini. Keinginan itu tetap ada tapi ya dibawa santai saja karena sadar diri dengan keadaan. Perlahan satu per satu dari mereka akhirnya terwujud.

Realisasi Awal Tahun

Tahun 2022 ini alhamdulliah kami menempati rumah baru yang alhamdulliahnya juga dibeli secara ngutang.

Hal sederhana yang sudah terealisasi di awal tahun ini selain rumah adalah punya meja kerja. Oke anggaplah ini meja kerja ya. Karena nulis artikelnya ngga lagi sambil rebahan atau selonjoran di lantai. Jadi bisa duduk didepan meja menghadap laptop ala-ala karyawan kantoran gitu.

Tahun ini juga mencoba untuk bikin blog plan ala aku. Balik lagi aku juga bukan tipe orang yang suka menuliskan rencana tapi mumpung awal tahun aku ingin mencobanya. Seefektif apakah nantinya. 


Goals Tahun 2022

Hal yang ingin kulakukan di tahun 2022 yaitu:

Ikut lomba blog

Sejujurnya aku masih yang galau kalau ikut lomba blog. Secara blog ini sudah berniche entertaiment atau hal yang berhubungan dengan Korea. Dari dulu kalau ikut lomba pasti yang berhubungan dengan dunia hiburan (lebih sering review film atau drakor). Dan lomba seperti itu jarang.

Jadi tahun ini mau mencoba ikut berbagai lomba yang sesuai dengan kemampuan meski melenceng dari niche blog.

Daftar adsense 

Sampai saat ini blog ini belum pernah kudaftarkan adsense. Karena ada suatu alasan pastinya. Mudah-mudahan tahun ini bisa daftar dan diterima. 

Ikut Blogspedia Coaching

Tahun lalu sempet dapet golden tiket untuk masuk blogspedia coaching. Tapi karena syaratnya blog masih belum berdomain jadi aku kasih ke orang lain tiketnya. Dan kebetulan beberapa bulan setelahnya aku memutuskan membuat 1 blog baru tanpa niche alias gado gado gitu. Jadi mulai kepikiran mau dimentorin sama mbak Marita nih. Dasar aku!

Laptop Baru 

Pengen banget punya laptop baru karena laptop yang sekarang sudah banyak kurangnya. Alias ini laptop yang hampir mati tapi terselamatkan namun akhirnya cacat. Alhamdulillahnya dia masih baik sama aku. Kalo untuk ngetik doang dia jarang rewel. 

Tapi kalo dia udah on terlalu lama maka makin loading sekali gerakannya.


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

  1. semangat buat resolusi adsensenya ya mba
    aku belum coba daftar lagi setelah pernah ditolak beberapa tahun lalu
    tauhun 2020 atau 2021 adalah tahun dimana aku juga rajin gabung di komunitas blogger dan ketemu banyak temen temen blogger. seneng juga bisa dapet banyak networking dsini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo punya temen sesama blogger itu enak mbk. Bisa sharing2 bagi ilmu. Iya mbk mudah2an aja pas daftar nanti bisa kayak orang2 langsung diterima.

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif