One Dollar Lawyer Drama Hukum Komedi Mengiris Hati

drama tentang hukum

Satu lagi drama Korea hukum yang hadir menyerupai drama Extraordinary Attorney Woo. Ya bisa dibilang serupa tapi tak sama. Berputar di dunia pengacara yang bisa dibilang berbeda dengan pengacara pada umumnya.

Drama Korea tentang jaksa dan pengacara ini sudah merupakan paket lengkap ya chingu. Jadi kalo udah ada pengacara pasti ada jaksa dan adegan di ruang sidangnya dong. 

Siapa yang lagi ngikutin sidangnya Ferdy Sambo Cs?? Ngga kaget dong ya dengan suasana ruang sidang dan orang-orangnya. Kan sudah belajar dari drakor. Meskipun ngga sama persis sih pastinya. Oke ngga mau bahas tentang Sambo ini.

Drama Korea One Dollar Lawyer menggandeng aktor Nam Koong Min menjadi pemeran utama pria. Bukan Nam Goong Min namanya kalau ngga bisa berakting ajaib. Tingkahnya sebagai pengacara diluar kebiasaan pengacara pada umumnya yang terkadang bikin gelak tawa ternyata tersimpan kisah masa lalu yang tragis. 

Mari kita ulas drama One Dollar Lawyer


Sinopsis Drama One Dollar Lawyers

Cheon Ji Hun (Nam Koong Min) merupakan pengacara nyentrik dengan ciri khas kacamata hitamnya. Uniknya lagi dia hanya mengenakan tarif 1000 won untuk jasanya sebagai pengacara. Meski bertarif murah dia merupakan pengacara terampil dan hebat. Bahkan dia dikenal belum pernah kalah dalam menangani kasusnya. 

Baek Ma Ri  ( Kim Ji Eun) awalnya dia bekerja sebagai asisten jaksa setelah lulus dari Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Dia adalah wanita yang percaya diri dan memiliki harga diri yang tinggi. Sayangnya dia kalah dalam persidangan saat melawan Cheon Ji Hun yang membuatnya tidak bisa melanjutkan bekerja sebagai asisten jaksa. Kakeknya adalah pemilik firma hukum Baek. Dia mengirim cucunya untuk magang di tempat kerja Cheon Ji Hun jika ingin bekerja di firma hukum Baek. 


Pemain Drama One Dollar Lawyer

Nam Koong Min sebagai Cheon Ji Hun

Kim Ji Eun sebagai Baek Ma Ri

Park Jin Woo sebagai Sa Mu Jang

Choi Dae Hoon sebagai Seo Min Hyeok

Gong Min Jung sebagai Na Ye Jin

Lee Deok Hwa sebagai Baek Hyun Mu 

Lee Chung Ah sebagai Lee Joo Young 

Profil Drama One Dollar Lawyer

Judul : One Dollar Lawyer

Hangeul : 천원짜리 변호사

Romanisasi : Cheonwonjjari Byeonhosa

Stasiun Tayang : SBS, Disney + Hotstar

Episode : 12

Tahun :2022

Jadwal Tayang : Jumat & Sabtu


Review Drama One Dollar Lawyer

review drama one dollar lawyer

Pernah tidak kalian saat menonton drama karena coba-coba eh ngga taunya berasa nemu harta karun. Langsung bilang daebak! Aku merasakan itu saat nonton drama ini. Asli awalnya ngga berharap banyak karena kayaknya kurang hype dibanding drama lainnya. Karena jarang muncul spoilernya di medsos. Tapi ternyata pas nonton bikin ketagihan chingu.... 

Aksi Nyeleneh Memenangkan Kasus

Emang beda pengacara satu ini. Kalau dilihat dari caranya bekerja seperti tidak serius dan main-main. Ternyata ini yang dinamakan bermain sambil memecahkan kasus. Pemikirannya emang beda dari pada yang lain.

Karena bayaran untuk setiap kasus adalah sama jadi dia berhak memilih siapa klien yang akan dibelanya. Rata-rata memang dia membela orang lemah khas drama pahlawan gitu. Tapi terkadang membela yang berduit juga dengan cara meminta bayarannya agak beda. Kekerasan?? no...no... caranya bahkan cukup nyeleneh.

Ada satu kasus yang bahkan bisa selesai hanya dengan permainan bingo. Agak unik memang. Jadi kasus ini bermula dari ada pegawai perusahaan dengan jabatan tinggi suka menganiaya satpam kompleknya. Sang satpam tentu tidak berdaya. Tapi cucu si kakek ini meminta bantuan kepada Baek Ma Ri.

Cara Ji Hun membantu si satpam ini adalah dengan mengalihkan terduga pelaku yang padahal adalah korban disini. Adegan menjatuhkan bumper mobil ini asli kocak banget. 

Beralih ke adegan Ji Hun sedang asik main bingo dengan salah satu CEO perusahaan yang sedang ditahan. Jadi dia sebenarnya sedang dilobi agar mau membela si bapak CEO ini. Ditawarin bayaran mahal masih menolak juga. 

Awalnya aku mengira ini adalah dua kasus yang berbeda. Karena kasus bumper mobil ini ditangani oleh Baek Ma Ri. Sementara Ji Hun ini tampak sedang menangani kasus lain. Tapi ternyata ini mengerucut jadi satu penyelesaian. Bisa kubilang ini sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. 

Benar saja keseriusan berlatih bingo yang diremehkan Ma Ri berhasil menyelesaikan dua kasus sekaligus tanpa ribet. Kasus bumper mobil serta tuntutan pegawai di perusahaan bapak CEO ini. 

Aku suka pemikiran Ji Hun disini. Bisa saja tuntutan pegawai itu diproses sesuai hukum dan mengikuti jalur hukum tapi mau berapa lama sampai proses itu selesai. Sementara mereka tetap butuh bekerja untuk kehidupan sehari-harinya. 

Ternyata Mantan Jaksa

Awal karirnya Cheon Ji Hun adalah seorang jaksa. Sebagai jaksa dia terkenal pekerja keras dan suka mengusut kasus sampai ke akarnya. Dia adalah jaksa yang berprestasi alis menakjubkan.

nam koong min drama

Tetap saja dia suka melawan aturan tapi jika dipikir tindakannya memang benar. Bahkan sampai membawa tersangka ke acara red carpet Lee Je Hoon si pengemudi dalam drama Taxi Driver yang muncul sebagai cameo berakting dadah....dadah.... tampan.

Kasus penangkapan Choi Ki Tae ini membawanya bertemu pada banyak hal. Termasuk bertemu pada calon istrinya. Calon istrinya merupakan pengacara Choi Ki Tae yang sejujurnya benci harus membela orang yang bersalah. Maka dari itu dia meminta pada Ji Hun untuk menang dalam kasus ini. Biasalah ya semakin sering mereka bertemu mulailah ada benih-benih cinta yang timbul. Begitulah sampai dia melamar Lee Joo Young. 

Fokusnya saat itu mengungkap kasus pencucian dana gelap yang mengalir pada pejabat tinggi. Penyelidikannya itu berujung pada satu orang yang tidak lain adalah ayahnya sendiri. Orang yang sangat dia hormati. Idealismenya yang tinggi tidak membuatnya lantas mundur. Dia tetap menyelidiki ayahnya sendiri yang saat itu sedang maju dalam pencalonan Menteri Hukumlah kalo kita bilang. 

Dibalik Bayaran 1000 Won

Ada kisah mengiris hati dibalik angka 1000 won yang menjadi bayarannya serta penampilan dengan kacamata hitamnya.

sinopsis drama one dollar lawyer

Ketika dia menyelidiki ayahnya, lebih tepatnya sih membantu ayahnya. Karena tidak mungkin sang ayah menerima dana besar tidak untuk dibagikan lagi demi lolos pencalonan. Sang ayah juga mengakui jika banyak orang yang menerima dana darinya dan akan memberikan daftar nama itu kelak.

Tanpa dia duga sang ayah yang harusnya pulang malam itu seusai penyelidikan justru bunuh diri dari gedung tempat kerja Ji Hun. Tentu saja ada yang melatarbelakangi sang ayah untuk bunuh diri. Apalagi dimalam kejadian sang ayah mendapat telepon misterius yang diangkat oleh Ji Hun.

Dilain sisi Lee Joo Young berhenti dari firma hukum Baek dan membuka kantor pengacaranya sendiri. Saat proses persiapan pembukaan dia tanpa sengaja mengetahui hal penting tentang ayah Ji Hun. 

Tentunya dia ingin menyampaikan hal itu kepada Ji Hun tapi sepertinya hal itu adalah sebuah rahasia besar yang seharusnya tidak boleh ada yang tahu. Dalam perjalanan menemui Ji Hun dia justru terbunuh dan membawa mati rahasia yang diketahuinya.

Nasib malang sungguh menghujam bertubi-tubi. Demi mengungkap dalang dibalik kasus bunuh diri ayahnya dan terbunuhnya sang calon istri dia akhirnya meninggalkan kejaksaan dan meneruskan impian calon istrinya yaitu menjalankan kantor pengacara yang bisa membantu banyak orang, dan dia bisa memilih orang yang ingin dia bela dengan menerima bayaran yang sangat murah yaitu 1000 won saja.

Kesimpulan

Drama tentang hukum yang satu ini cukup berbeda karena dikemas dengan alur ringan dan menghibur. Sedikit berbeda dengan drama Park Eun Bin Attorney Woo yang menggambarkan pengacara cerdas tapi memiliki sindrom autisme.

Drama ini juga menggambarkan sosok pengacara cerdas dengan gaya berpikir yang out of the box dalam memenangkan kasusnya. Berbagai kasus dapat diselesaikan dengan mudah dan simpel dari sudut pandangnya.

Setiap episodenya cukup bikin menghibur. Meski ini adalah drama hukum tapi bisa dinikmati dengan santai tanpa harus overthingking. Apalagi selalu ada tingkah nyeleneh dari Cheon Ji Hun. 

Drama ini recomended untuk yang sedang mencari drama dengan alur cerita ringan dan menghibur. 

Quote Drama One Dollar Lawyer

Banyak cara untuk menyelesaikan masalah. Cheon Ji Hun

Masih muda bukan hak istimewa. Kejahatan tidak berkurang karena usia mudamu. Cheon Ji Hun

Hukum negara ini tidak menyelamatkan seseorang yang pernah ditipu. Jadi jangan sampai tertipu. Ibu kompleks Cho Eul Rye

 

Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah, ulasannya keren kak. Aku juga nonton drama ini. Kata orang-orang tuh dramanya berat padahal ga sama sekali. Malah aku ngerasanya lebih banyak komedinya ya soalnya Ji Hun sama Ma Ri tuh kocaknya dapet banget hahaha.

    Setuju banget sama permainan bingo, itu ga terbayangkan banget sih. Keren keren, semoga aja di akhir Ji Hun bahagia. Kasian diaaa huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh menghibur banget aksi mereka. banyak kocaknya juga

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif