Review Drama Island part 1 Gambaran Sisi Gelap Pulau Jeju

review sinopsis drama Island 1


Apa kau tahu alasan manusia bereinkarnasi? Untuk menebus dosa di masa lalu dan juga kesempatan menghapus dosa-dosa mereka. Reinkarnasi merupakan kesempatan untuk penebusan dosa dan hidup baru 

-Island 2023

Aku suka drama yang menceritakan tentang reinkarnasi atau biasa disebut lahir kembali. Aku sendiri percaya dan memahami konsep dari lingkaran reinkarnasi ini, itulah sebabnya aku mudah mencerna drama dengan genre fantasi begini.

Karena drama ini mengusung tema dark maka kalian tidak akan melihat pulau Jeju yang cerah atau pantai yang indah. Jeju disini muncul menampilkan sisi gelapnya. 

Ilbi chingu tahu kan kalau Pulau Jeju itu identik dengan patung batunya yang disebut dolhareubang. Dolhareubang merupakan sombol Pulau Jeju berbentuk manusia yang dipahat dari batu basal. 

Drama island ini mengangkat legenda tentang iblis jahat yang telah lama menghuni pulau Jeju. Seperti apa dramanya?? 

Mari kita bahas review & sinopsis drama Island season 1


Pemain Drama Island

Kim Nam Gil sebagai Van

Lee Da Hee sebagai Won Mi Ho

Cha Eun Woo sebagai Pendeta Johan

Sung Joon sebagai Gong Tan 

Ko Du Shim sebagai Geum Baek Joo 

Profil Drama Island

Judul : Island

Hangeul : 아일랜드 

Romanisasi : Aillaendeu

Sutradara : Park Kwang Hyun

Penulis : Jang Yoon Mi

Penulis Webcomic : Yoon In Wan, Yang Kyung Il

Genre : Fantasy, Action, Thriller, Exorcism

Network : TVING, Prime Video

Episode : 6


Sinopsis Drama Island 

Berlatar tempat di Pulau Jeju tempat dimana iblis nafsu mulai bangkit dan mengancam keselamatan umat manusia. 

Van si manusia setengah iblis yang abadi bertugas untuk menumpas para iblis nafsu tersebut. Dia dulunya adalah anak manusia yang selamat dari serangan iblis. 

Seorang Buddhis menyelamatkan anak tersebut namun justru dijadikan kelinci percobaan dengan menjadikannya manusia setengah iblis dengan cara memasukkan darah iblis nafsu kedalam tubuh anak-anak ini.

Hanya dua anak yang selamat yaitu si Van sendiri dan Gong Tan. Mereka dilatih (lebih mirip penyiksaan sih) untuk menumpas para iblis nafsu. 

Lee Da Hee merupakan Wonjeong di masa lalu. Dia dilatih untuk membuat perisai yang bisa mengurung para iblis agar tidak berkeliaran. Kelahirannya kini sebagai Won Mi Ho membawanya pada nasib buruk. 


Takdir Mempertemukan

sinopsis drama island

Manusia punya hukum sebab akibat dan dipertemukan kembali oleh takdir. 

-Island 2023

Won Mi Ho ini adalah pewaris grup Daehan. Perusahaan besar di Seoul lah. Anak perusahannya juga banyak sehingga dia cukup terkenal.

Biasalah adanya perebutan kekuasaan antar keluarga membuat ayah Mi Ho memberi pilihan antara pergi ke Pulau Jeju atau ke Amerika. Negara pelarian khas warga Korea banget ini. 

Kalau pergi ke Amerika ya ngga jadi drama lah. Udah kelar, kkeut.

Akhirnya atas saran pamannya dia setuju pergi ke Jeju dan jadi guru. Awal menginjakkan kaki di Jeju dia sudah disambut oleh iblis nafsu. 

Harinya yang selama ini hanya tentang saham dan bisnis berubah total menjadi hal yang tak terduga. Kemanapun dia pergi akan selalu ada iblis nafsu yang memburunya. Sampai muncullah Van yang selalu jadi sosok penyelamat.

Pertemuan keduanya menyiratkan bahwa ada sesuatu di antara mereka.


Welcome Johan

cha eun woo drama island

Pendeta Johan diperankan oleh Cha Eun Woo adalah utusan dari keuskupan Italia. Kok sampai Italia segala? Ya intinya pendeta di Italia mengetahui ramalan tentang dunia gelap yang bangkit dan membahayakan umat manusia. 

Hanya sosok wanita dari masa lalu yaitu Wonjeong yang bisa menyelamatkan umat manusia dari kegelapan dunia. Sosok wanita ini telah lahir kembali. Johan disini bertugas untuk menjaganya dan membangkitkan kekuatan Wonjeong. Agar dia bisa menyelesaikan misi dari masa lalu.

Kini dia tinggal bersama Mi Ho sebagai keponakan dari pamannya. Dia mengetahui cerita tentang Wonjeong dan Van sehingga hubungannya dengan Van disini agak mancing-mancing emosi Van.

Hanya saja kekuatan Johan disini belum terlihat. Dia masih belum bisa menghadapi iblis nafsu sendirian. Untuk saat ini dia hanya bisa memancing keluarnya iblis nafsu yang bersembunyi dalam tubuh manusia.


Kesan Menonton Drama Island 

Wah aku terpana. Bukan hanya karena deretan pemain utama nya yang sudah memanjakan mata tapi juga dari segi akting mereka.

Kim Nam Gil yang bertarung penuh semangat, rasa kelelahannya, ekspresi wajahnya yang dingin dan kesepian. Sudah suatu kepantasan jika bayarannya mahal. 

Tidak kalah keren Cha Eun Woo yang berubah ngga melankolis lagi dong. Dia berani keluar dari zona nyamannya sebagai pemain drama romantis yang cool. Tetep sih ketampanan nya memang tidak bisa ditolak. Meski sebagai pendeta dia tetap digandrungi para wanita yang melihatnya.

ending drama island part 1

Hanya saja yang membuatku begitu takjub adalah ketika dia bertarung melawan Van (Kim Nam Gil). Itu kayak penyegaran banget bagi akting Cha Eun Woo setelah film Decibel.

Hanya saja semakin episode berjalan drama ini justru mengingatkanku dengan drama Bulgasal. Dimana pemeran utama wanita dikejar-kejar iblis yang ingin membunuhnya karena terikat masa lalu.


Ending Drama Island Season 1

Tidak ada akhir yang bisa membuat semua orang puas.

-Island 2023

Kayaknya drama 2023 ini trendnya adalah membuat drama menjadi beberapa bagian. Entah bisa disebut season atau lebih baik disebut part saja. Karena bisa dibilang ini seperti penundaan episode. Bukan yang satu cerita selesai lalu dilanjutkan dengan musim kedua seperti drama Missing The Other Side 2.

Layaknya drama The First Responders dan The Glory drama Island ini juga mengalami penundaan episode. Karena dia masih dilanjutkan di tahun yang sama hanya menunggu beberapa bulan saja.

Karena dipotong begitu saja tentu saja ending drama Island 1 ini penuh tanda tanya dan rasa penasaran. Seperti pertanyaan Gong Tan punya sekte untuk memanipulasi manusia? Lalu apa hubungan Yeom Ji (murid SMA) dengan Gong Tan? 

Seperti dugaanku dia bukanlah murid SMA biasa yang kemunculannya tidak perlu dipertimbangkan. Mengingat kemunculannya cukup sering dan mencurigakan. 

Itulah yang bisa aku sampaikan untuk review dan sinopsis drama Island season 1. Yang belum nonton karena menunggu part 2 harap sabar menunggu tanggal 24 Februari 2023 ya. Semoga tidak ada perubahan jadwal tayang.


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

3 Komentar

  1. haduuuh, cha eun woo........ kok ada pendeta yang auranya bad boy dan visualnya ugal2an beginiii?? keren sih cha eun woo berani nyobain peran baru, nggak flower boy yang melankolis lagi...

    kalo kim nam gil sama lee dahee emang udah gak perlu dipertanyakan sih ya, keren mereka tuh aktingnya..

    jujurly, agak sebel gak sih mbak liat drama dipotong di tengah2 begini, pas lagi seru2nya tiba2 mandek.. hiks.. 2023 kenapa sih drama yang seru malah dibikin part2 begini...

    BalasHapus
  2. setelah mengira bahwa misteri wo min ho sudah terbuka di part 1 eh ternyata misteri baru muncul di akhir seri, siapa sebenarnya kamu hai yeom ji? bikin penasaran dan ga sabar nunggu part 2 nya

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif