Review Drama Korea The First Responders Season 2

review the first responders 2

Akhirnya drama yang ditunggu-tunggu tayang juga. Cukup lama nih menanti season 2 drama Kim Rae Won ini. 

Season 2 ini adalah drama lanjutan dari season 1. Bisa dibilang part 2 nya gitu. Seperti drama The Glory. jadi buat yang mau nonton kalian harus nonton season 1 dulu biar bisa memahami alur ceritanya. Biar feelnya juga dapet.

Karena ini adalah drama yang aku tunggu-tunggu langsung aja yuk kita review drama The First Responders Season 2.


Pemain Drama The First Responders S2

Kim Rae Won sebagai Jin Ho Gae

Son Ho Jun sebagai Bong Do Jin

Gong Seung Yeon sebagai Song Seol

Kang Ki Dong sebagai Gong Myung Pil

Seo Hyun Chul sebagai Baek Cham

Profile Drama

Judul: The First Responders 2

Hangeul: 소방서 옆 경찰서 그리고 국과수

Romanisasi: Sobangso Yeop Gyeongcalseo Geurigo Gukgwasu 

Sutradara: Shin Kyung Soo

Penulis: Min Ji Eun

Network: SBS, Disney+ Hotstar

Episode: 12


Sinopsis The First Responders 2

Orang yang memanipulasi bukti lebih sulit ditangkap daripada yang menghancurkannya

-Han Se Jin (NFS)

Melanjutkan cerita season 1 dimana kasus kebakaran berantai terjadi di Taewon. Jin Ho Gae dan Bong Do Jin yang masuk kedalam gedung parkir yang tengah terbakar tiba-tiba terperosok dari atap saat berusaha memadamkan api dari atas.

Rangkaian kejadian dramatis terjadi di dalam gedung yang tengah terbakar dan untungnya mereka berdua selamat. Namun ternyata ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Jin Ho Gae dan Myung Pil bertugas menyelidiki kasus pembunuhan tersebut.

Tapi rangkaian kebakaran berantai terus terjadi. Jin Ho Gae dan Myung Pil berpacu dengan waktu agar bisa menangkap pelaku dan menghentikan kasus ini. 

Sementara para petugas pemadam kebakaran mulai kewalahan menghadapi kebakaran yang terus menerus terjadi bahkan di lokasi yang berbeda dalam waktu yang sama. 

Kepolisian, pemadam kebakaran dan NFS (National Forensic Service) bekerjasama dalam mengungkap setiap kejahatan dibalik kejadian. 


Bong Do Jin Pamit

son ho jun drama

Setelah sekian lama menunggu ternyata Bong Do Jin cuma menemani sampai episode 3 saja chingu. Dia tewas dalam musibah kebakaran demi menolong anak kecil. Sungguh episode yang banyak menguras air mata.

Awalnya aku masih berharap ini cuma bohongan. Masih mengharap dia tiba-tiba hidup lagi kayak sinetron kan. Tapi ternyata tidak. Tubuhnya udah langsung diotopsi. Oke berarti sah dia sudah jadi tumbal pertama SBS. 


Kolaborasi Berubah

Pada season 1 kita akan melihat kolaborasi polisi dan para petugas pemadam kebakaran. Selepas buldozer pergi kolaborasinya juga berubah. 

Pada sadar ngga sih kalo judul dalam bahasa Koreanya saja juga berubah. Kalau yang season 1 secara harfiah diartikan kantor pemadam disebelah kantor polisi. Nah yang season 2 ada tambahannya jadi kantor pemadam disebelah kantor polisi dan juga layanan forensik nasional. 

Udah ketebak kan kolaborasinya kemana. 

Meski ada yang kurang selepas kepergian Bong Do Jin tapi keseruannya digantikan oleh orang-orang baru di NFS. Ceritanya juga jadi lebih kompleks menurutku.


Kepolisian & Layanan Forensik Nasional

drama the first responders 2

Dari awal cerita ternyata sudah ada kejelasan yang berbeda jelas dari season 1. Jika pada season 1 adegan otopsi tidak begitu disorot yang ada hanya hasilnya dan selesai.

Nah di season 2 ini kita bisa menyaksikan adegan otopsi secara nyata. Ada yang pernah penasaran ngga sih bagaimana otopsi itu dilakukan?  Nah nonton drama The First Responders Season 2 ini kuliah paket lengkap chingu. 

Kita bisa ikut tebak-tebakan mencari pelaku disetiap kasus yang ditangani kepolisian. Pastinya setiap episode akan ada korban yang perlu diotopsi dan ditelusuri penyebab kematiannya. Paling epik sejauh ini adalah panci presto bisa jadi senjata membunuh secara tidak terduga. 

Keseruan selanjutnya adalah kita bisa menyaksikan adegan otopsi tanpa sensor. Drama ini asli niat banget. Secara mereka butuh properti boneka manusia yang mirip dengan pemain yang jadi korban.

Karena mereka benar-benar dibelah. Organ-organnya diangkat dan diperiksa dengan seksama. Pokoknya kita bisa belajar ilmu otopsi dari drama ini. 

Son Ho Jun yang memerankan Bong Do Jin aja diotopsi beneran chingu. Bener-bener wajah tampan Son Ho Jun yang dalam keadaan gosong tipis-tipis dibelah dan diangkat organ-organnya untuk mengetahui penyebab kematiannya. 


Kesan Menonton Drama The First Responders Season 2 

Agak kecewa sih kenapa Bong Do Jin harus tewas. Jadi hilang bromance Kim Rae Won dan Son Ho Jun kan. Anna juga pergi dan digantikan oleh orang lain. Meski penggantinya ini lebih seru dan keren sih.

Terus banyak orang baru bermunculan. Anggota kepolisian masih tetap sih duo Jin Ho Gae dan Myung Pil. Sementara angota pemadam juga jadi jarang terlibat. Scene mereka berkurang. Kalau adapun paling hanya proses penyelamatan.

Anggota NFS mulai bertambah orang-orang baru. Mungkin karena scene mereka kini lebih banyak. Kerjaan mereka ngga cuma mengotopsi saja tapi juga ikut melakukan penyelidikan dari sudut pandang mereka.

Apakah drama ini seru dan recomended? 

Kalau menurutku seru karena aku memang suka drama kriminal dan misteri begini. Recomended buat yang suka genrenya. Apalagi drama ini memiliki episode yang singkat cuma 12. Tapi dibagi menjadi season-season. 

Menjelang episode akhir sungguh menguras dan mengaduk-aduk emosi penonton. Tapi akhirnya bisa bahagia dan berakhir menyenangkan semua pihak.

Oke sekian review dan sinopsis drama The First Responders Season 2. Selamat menonton 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar