Netflix Series The Silent Sea (2021): Karena Air

The-silent-sea-netflix


Setelah booming dengan garapan Squid Game lalu Hellbound, Netflix balik lagi mengeluarkan serial berjudul The Silent Sea yang dibintangi oleh sederat bintang papan atas.  Ngga tanggung-tanggung Netflix menggaet Gong Yoo dan Bae Doona sebagai pemeran utama. Bahkan pemeran pendampingnya pun sudah sering muncul di berbagai drama. Bahkan kedua pemeran drama Beyond Evil kembali dipertemukan dan terlibat akting bersama.

Jujur saja awal mendengar judulnya aku mengira setting tempatnya adalah di laut atau tempat yang berbau air.  Tapi kembali dibikin penasaran saat trailer rilis dan setting tempatnya di bulan. Aku pun jadi bertanya-tanya apa hubungan bulan dan laut sunyi??

Jadi kepikiran betapa pentingnya membuat judul yang bikin orang penasaran tapi tetap terkait dengan isi cerita. Tentunya ini juga berkaitan saat kita membuat blogpost. 


Sinopsis The Silent Sea

Sinopsis-the-silent-sea

The Silent Sea yang rilis tanggal 24 Desember 2021 bercerita tentang sebuah tim yang dikirim ke bulan untuk menyelesaikan misi dalam waktu 24 jam. 

Kisah dimulai dari bumi pada tahun 2075 yang mengering. Bumi berubah menjadi gurun pasir dan pasokan air sangat terbatas. Laut, sungai sudah tidak ada lagi. Bahkan untuk mendapatkan air dibagi berdasarkan golongan menggunakan sistem kartu. Kartu sakti untuk bisa menikmati air tanpa batas tentunya kartu emas.

Para petinggi yang dipimpin oleh Direktur Choi memutuskan untuk mengirim pasukan ke pangkalan Balhae yang ada di bulan untuk mengambil sebuah sampel misterius. Pangkalan Balhae adalah stasiun penelitian yang ditutup 5 tahun lalu karena sebuah accident yang menimbulkan banyak tanda tanya. 

Gong Yoo bertugas sebagai kepala tim dan Bae Doona sebagai Doktor Astrobiologi. Selain itu tim juga terdiri dari dokter, teknisi, pilot, co-pilot, kepala keamanan, penasehat dll. Bae Doona ditunjuk secara langsung oleh direktur Choi agar ikut bergabung. Awalnya dia ragu dan menolak tapi demi mencari kebenaran atas kecelakaan yang terjadi dan menimpa kakaknya dia ikut bergabung dalam tim. Jumlah mereka yang pergi ke bulan adalah 11 orang.

Namun sesampainya di bulan mereka menghadapi situasi yang mencekam bahkan satu persatu anggota mati misterius. Dilain sisi mereka juga menemukan kebenaran atas kejadian di stasiun Balhae. 


Profile  

Judul: The Silent Sea

Hangeul: 고요의 바다 

Sutradara: Choi Hang Yong

Penulis: Park Eun Kyo

Network: Netflix

Episode: 8

Genre: Sci-Fic, Thriller, Mistery


Cast The Silent Sea 

cast-the-silent-sea

Bae Doona as Doktor Song Ji An

Gong Yoo as Kapten Han Yun Jae

Lee Joon as Ryu Tae Suk

Kim Sun Young as Dokter Hong Ga Young

Lee Moo Saeng as Kepala Gong Soo Hyuk

Lee Sung Wook as Kim Sun

Jung Soon Won as Gong Soo Chan

Choi Young Woo as Kopilot Lee Gi Su

Cha Rae Hyoung as E1

Yoo Hee Je as E2

Yu Seong Ju as Penasehat Hwang

Kim Si A as Luna 073

Kang Mal Geum as Song Won Kyung

Gil Hae Yeon as Direktur Choi

Heo Sung Tae as Kepala Kim


Find Luna

Luna-the-silent-sea

Sebelum kakak Doktor Song dinyatakan meninggal, dia menerima sebuah pesan terenkripsi yang bertuliskan "Find Luna". Itulah rasa penasaran terbesarnya terhadap stasiun Balhae yang ternyata adalah tempat sang kakak melakukan penelitian dan merupakan ketua peneliti disana.

Apa atau siapa itu Luna??? 

Ternyata luna adalah manusia. Tepatnya anak yang dikloning untuk menguji air Lunar kepada manusia. Air Lunar adalah air yang ditemukan di bulan oleh Song Won Kyung. Dia berharap bisa menggunakan air tersebut di bumi. Tapi nyatanya air Lunar tidaklah sama dengan air umumnya di bumi. Air ini mampu memperbanyak diri dengan cara memakan sel induk. Sel induk (makhluk hidup) perlahan akan mati.

Jadi selama 5 tahun para peneliti berusaha menjinakkan air lunar tersebut. Sayangnya sampai pangkalan tersebut ditutup dan menewaskan seluruh kru air Lunar tersebut masih belum dapat dijinakkan. 

Luna 073 merupakan satu-satunya dari 72 percobaan yang bisa dikatakan berhasil. Tapi Luna tidak seperti manusia pada umumnya. 


Kesan Menonton The Silent Sea

Memang serial Netflix tidak pernah membuat penontonnya kecewa. Aku menyukai drama ini. Bisa kuberi nilai 9 dari 10 untuk series ini.

Adegan menegangkan. kerjasama tim, pengkhianatan, rasa egois manusia semua ada. 

Bisa dibilang ini drama kebencanaan pada umumnya dengan plot cerita yang fresh. Seperti biasa meski dalam kondisi menyusahkan bagaimanapun yang namanya para petinggi di dalam pemerintahan atau orang-orang yang berkuasa tetap saja memikirkan dirinya sendiri. Mengatasnamakan masyarakat. Lalu yang berjuang tidak dipikirkan keselamatannya.

Dalam drama ini diceritakan bahwa stasiun Balhae ditutup begitu saja dan peneliti maupun kru didalamnya sengaja dibiarkan tewas. Alias pemerintah berkhianat pada mereka.

Tapi aku suka ceritanya yang fresh dan latar tempatnya bulan. Hal yang berkaitan dengan sains begini memang selalu menarik untuk ditonton. Memang ini bukan satu-satunya drama yang mengangkat bulan sebagai latar belakang cerita. Film The Martian juga sama mengambil bulan sebagai latar belakang namun ceritanya lebih ke bertahan hidup di bulan.

Aku masih yang takjub dengan masalah yang diangkat. Mereka pergi ke bulan tapi justru harus menghadapi masalah antara hidup dan mati. Dan bisa-bisanya mereka membuat air sebagai hal yang mematikan. Air yang selama ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada aja ide cemerlang yang disajikan.   


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

20 Komentar

  1. Suka dengan genre seperti ini, apalagi pemainnya mas Gong Yoo. Tapi beberapa kali liat review orang, ada yang bilang kurang oke dan monoton. Tapi dilihat di sini kayaknya menarik untuk ditonton. Next masuk list bareng drakor lainnya.

    BalasHapus
  2. Makasih kak informasi filmnya, aku lagi suka genre-genre yang kaya gini dan sempet lihat sekilas judulnya tapi ragu buat nonton. Ini udah tamat kan ya kak ?

    BalasHapus
  3. Gila nih Korea makin keren film sains fiksinya. Space Sweepers kritik soal sampah dan lingkungan, The Silent Sea juga kritik lingkungan atas terancam punahnya air. GongYoo dan Bae Donna wajib tonton!

    BalasHapus
  4. Salah satu yang menarik atau menjadi keunggulan drama/film Korea adalah piawai memasukkan isu penting yang terjadi di negaranya dalam karya fiksi. Saya sendiri sudah nandain The Silent Sea ini, tapi biasanya saya nonton kalau episodenya hampir atau sudah selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ditonton kak. ini sudah tamat dan cuma 8 episode

      Hapus
  5. wah aku belum nonton nih serial yang ini. memng penulis cerita korea ini idenya banyak banget yaa dan selalu bikin kagum

    BalasHapus
  6. Menarik, filmnya bagus ya kak karena tema yg diangkatnya juga unik mengenai masalah hidup dan mati di bulan. Auto list film selanjutnya nih mba, film the silent sea ini...

    BalasHapus
  7. Setelah Space Sweeper, sekarang ada The Silent Sea ya dari Korea yang setting-nya di luar angkasa. Makin canggih aja dan membuktikan bahwa Korea gak cuma tentang drama cinta-cintaan doang 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener kak. Drama korea kini makin banyak genrenya.

      Hapus
  8. Film yang bakal aku tonton malam ini sambil count down malam tahun baruan. Aku tuh suka banget ama science fiction terutama yg berhubungan ama alam semesta. Film Korea smg bs jd pesaing tangguh selain Hollywood yg sering wara wiri di bioskop. China jg udh mulai bikin science fiction kayak gini. Seru jg efek2nya.

    BalasHapus
  9. Hi Kapten Han, Fenni di sini hahaha..
    Tayangan asik sih ini buat nyambut tahun baru nanti malam. Terlebih lagi si babang Gong Yoo yang main. Kan biar bisa move on daku dari Train to Bussan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kak ditonton. jangan kaget sama endingnya ya.

      Hapus
  10. Industri film Korea makin maju aja nih, makin banyak genre film yang keren

    BalasHapus
  11. Baru mau nonton drama ini soalnya ada Om Gong Yoo, hehehe. Takjub banget sama film Korea dengan tema begini, kayak film Hollywood.

    BalasHapus
  12. Wah belum nonton. Baru baca spoilernya seru, bikin penasaran ini Mbak.

    Makasih rekomennya, suami juga bakal suka yang science fiction gini

    BalasHapus
  13. konsep dan ide cerita seperti ini yang seharusnya juga "diadopsi" oleh industri serial drama di Indonesia ya, kak.. simple, tapi punya anti klimax yang sulit ditebak, walaupun mengusung tentang prinsip hidup sederhana keseharian, tapi disuguhkan pada kondisi kehidupan yang menari, seperti saat di bulan. Cerdas!

    BalasHapus
  14. Kayaknya semua drama dan film yang Gong Yoo mainkan selalu bagus ya. Dari sinopsisnya juga keren ini kayaknya, ekspedisi ke bulan biasanya selalu menarik dan menegangkan. Jadi pengin nonton.

    BalasHapus
  15. mba, baca reviewmu aja saya sudah membayangkan kerennya film ini loh, gimana klo udah nonton ya. Bisa-bisa diulang-ulang

    BalasHapus
  16. WAAAAH kalo ada Gong Yoo dan Doona pasti keren bangettttt! wajib nontoooon

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif