Drama The First Responders Kolaborasi Polisi dan Tim Penyelamat

review drama the first responders

Annyeong ilbi chingu 

Ketika trailer drama ini muncul aku udah menunggu banget. Pokoknya drama ini harus nonton ngga boleh terlewat. Bukan karena sudah tau ceritanya bakal gimana tapi karena deretan pemainnya.

Ada hal yang menjadi pertimbangan aku kalau nonton drama atau film. Pertama itu adalah pemainnya. Kedua jalan ceritanya. Ada kok drama yang kata orang pemainnya jelek ngga good looking terus mereka ogah nonton. Kalau jalan ceritanya oke aku sih nonton aja. 

Nah kalau drama The First Responders ini karena pemainnya adalah Kim Rae Won dan Son Ho Jun. Jarang-jarang kan ada dua aktor idolaku seproyek bareng gini.  

Baiklah mari kita langsung bahas sinopsis dan review drama The First Responders. Drama gabungan Son Ho Jun bareng Kim Rae Won dalam sebuah cerita tim gabungan pula. 


Sinopsis Drama The First Responders

Sebuah kerjasama dalam menangani kasus gabungan. Ada beberapa kasus yang harus melibatkan kepolisian dan tim penyelamat yaitu pemadam kebakaran dan tenaga medis. Kode 119 (Korea Selatan).

Seorang polisi bernama Jin Ho Gae baru saja ditugaskan di kepolisian daerah Taewon. Dia bukan orang yang ramah. Tapi dalam memecahkan kasus dia adalah ahlinya. Dia bahkan memiliki julukan anjing jindo atau anjing gila. 

Karena jika kasus sudah dalam gigitannya mustahil untuk tidak terpecahkan. Tersangka pasti akan ketemu.

Disebelah kantor polisi ada kantor pemadam kebakaran. Bong Do Jin adalah seorang pemadam kebakaran yang berdedikasi pada kerjaannya. Slogan pantang pulang sebelum padam selalu diterapkan. Sebab itu dia mempunyai julukan Buldoser. 

Song Seol adalah petugas paramedis. Dia memiliki hati yang hangat dan selalu mengutamakan korban. 

Ketiga orang ini saling terlibat saat memecahkan kasus gabungan. 

Cast Drama The Fist Responders

Kim Rae Won sebagai Jin Ho Gae

Son Ho Jun sebagai Bong Do Jin

Gong Seung Yeon sebagai Song Seol

Seo Hyun Chul sebagai Baek Cham

Kang Ki Dong sebagai Gongmyung Pil

Ji Woo sebagai Bong An Na

Lee Do Yub sebagai Ma Tae Hwa

Profile Drama

Judul : The First Responders

Hangeul : 서방서 옆 경찰서 

Network : SBS, Disney+

Episode : 12 (season 1)

Jadwal Tayang : Jumat-Sabtu


Review Drama The First Responders

drama kim rae won son ho jun

Drama ini bener-bener sudah bagus dari episode pertama tayang. Episode pertama dibuka dengan kasus menegangkan yang memperlihatkan bagaimana tim kepolisian bekerjasama dengan tim pemadam dan paramedis. 

Kasus pertama berstatus code one yaitu kode darurat yang dikeluarkan untuk kejahatan berbahaya. Pada kasus ini ada seseorang yang diculik dan disekap oleh psikopat.

Langsung ngeri ya kasus pertama. Tentunya kerjasama dan ketepatan waktu penyelamatan sangat penting disini. Jadi episode pertama ini sudah bisa bikin penonton merasa tegang.

Kode-Kode Darurat

Drama ini modelnya cepat. Jadi satu episode untuk menyelesaikan satu kasus. Nontonnya jadi berasa ngga tanggung. 

Sebabnya setiap kasus dimulai dengan adanya kode darurat yang menandakan kasus gabungan. Aku pribadi kurang tahu apakah ini kode internasional atau memang kode untuk negara Korea Selatan sendiri. 

Aku sudah mencoba mencari dari berbagai sumber tapi belum ketemu apakah kode ini nyata adanya atau hanya untuk keperluan drama.

Beberapa kode yang muncul dalam drama ini diantaranya :   

Code one : kode darurat yang dikeluarkan untuk kejahatan berbahaya

Code two : kode darurat yang dikeluarkan saat ada potensi nyawa terancam atau kebutuhan untuk mencegah kejahatan

Code V30 : Kode penyakit yang dikeluarkan saat pejalan kaki terluka dalam kecelakaan

Code Balck : Kode darurat yang dikeluarkan saat nyawa orang lain terancam, seperti ancaman bom dan terorisme

Code Yellow : Kode darurat yang dikeluarkan saat seorang pasien menghilang

Code Red : Kode darurat yang menandakan kebakaran

Code Blue : Kode darurat medis jika terjadi serangan jantung

Code Clear : Kode untuk akhir keadaan darurat

Code Pink : Kode terkait obstetri dan anak

Ciri Khas Drama Kepolisian

Tahukah kalian sebagian besar drama dengan tema pengungkapan kasus begini seperti drama Beyond Evil selalu ada kasus inti yang harus dipecahkan. Kasus inti tersebut pasti berhubungan dengan orang kuat atau tidak berhubungan dengan orang yang mempunyai jabatan tinggi sehingga tidak mudah dikalahkan.

Pun sama dengan drama ini. Kasus-kasus yang muncul bisa dibilang sebagai kasus pemanis drama. Karena jika terlalu fokus pada kasus inti yang harus diungkap aku yakin drama ini jadi membosankan.

Drama ini mempunyai satu inti kasus yaitu mengungkap kematian Seok Mi Jung yang sudah jelas tersangkanya. Namun tersangka tersebut bukanlah orang sembarangan jadi bisa saja berkelit dengan mudah. 

Ma Tae Hwa adalah sosok yang dikejar oleh Jin Ho Gae. Drama ini menjadi lebih greget ketika mereka saling bertemu dan Ma Tae Hwa yang bagaikan belut setiap mau ditangkap. 

Kalian lihat perbedaan polisi dan petugas damkar? Warga sipil menjunjung kalian dengan rasa syukur. Tapi kami (polisi) selalu didatangi penjahat yang dendam kepada kami. _Jin Ho Gae

Tidak berhenti sampai disitu Jin Ho Gae merasa bahwa Ma Tae Hwa yang dia kejar bukanlah akar intinya. Ada sosok penggerak lain dibelakangnya. Penyelidikan ini sepertinya akan berkembang menjadi kasus lain. Apakah ini yang akan dilanjutkan ke season 2? Mengingat drama ini akan berlanjut ke season 2.

Foto terlihat berbeda tergantung bingkainya. Kita bisa membingkai kasusnya sesuai keinginan kita. Kasus ditangan polisi dan ditangan kejaksaan bisa memberi hasil berbeda _Kepala jaksa Jin Cheol Joong

Kasus Luar Biasa

Ada satu kasus yang bikin aku terkesima. Kok bisa sih penulis memikirkan adegan yang sungguh diluar nalar. Bisa bikin teka-teki untuk penonton agar makin penasaran.

Kasus ini disamarkan sebagai kebakaran biasa dan orang hilang. Kasus ini telah terkubur berbulan-bulan. Sampai akhirnya jatuh pada jangkauan anjing gila Ho Gae.

Tidak ada yang menghilang tanpa jejak_ Jin Ho Gae

Yang bikin aku speachless adalah bagaimana tersangka menghilangkan jasad korban. Si korban dibunuh, dimutilasi dan dikuliti alias di fillet kayak ayam dah. Daging dan jeroan dibuang ke kloset demi menghilangkan jejak. 

Dahlah pinter banget emang si tersangka. Jangan dibayangin ya chingu. Ini adalah definisi membunuh dengan effort luar biasa. Lalu bagaimana dengan jejak tulang belulang? silahkan ditonton dramanya chingu.

Tulang adalah catatan hidup dan mati seseorang_ Yoon Hong (NFS)   

Pelajaran Tentang Autopsi

Bukan drama Korea kalau tidak memberi pengetahuan baru kepada penontonnya. Sebagai orang awam yang tidak menempuh pendidikan tentang ilmu forensik tentu ini adalah pelajaran baru bagiku.

Selain melibatkan petugas damkar dan paramedis ada beberapa kasus yang harus melibatkan NFS (National Forensic Service) untuk memperkuat bukti dan mengetahui penyebab kematian korban.

Jika otopsi bisa mengidentifikasi pelaku kita tidak perlu polisi_ Yoon Hong (NFS)

Dari sini kita jadi tahu bagaimana cara melakukan autopsi pada jasad yang hanya tinggal kerangka, jasad yang sudah tidak berbentuk bahkan jasad bayi yang dibuang orang tuanya.

Mungkin tidak sedetail cara kerja aslinya tapi penggambaran dalam drama ini sudah mendetail menurutku. 

Leher adalah jejak peristiwa selain jantung

 

Kesan Menonton Drama The First Responders

Langsung suka dan ngga bisa berhenti nontonnya. Drama ini keren dan bagus banget beneran. Tegangnya dapet, penasarannya dapet dan rasa takjub saat Ho Gae dan Myung Pil menyelesaikan kasus dengan cara yang unik.

kolaborasi

Love line dalam drama ini ada tapi dikit. Sebagai pemanis ditengah ketegangan. Bener-bener adegan manis. 

Hanya saja masih ada kekurangannya dimana interaksi antara Kim Rae Won dan Son Ho Jun masih kurang banyak. Padahal mereka jika bersama bisa menunjukkan bromance jaim-jaim gitu. Saling mengagumi kehebatan masing-masing tapi ogah mengakui.

Karakter Gong Seung Yeon dalam drama ini juga hanya sedikit berbeda dengan peran dia dalam drama Bulgasal. Akting sorot matanya tidak berubah.

Oh iya ada satu lagi kata motivasi untuk kita semua dari bapak kepala jaksa 

Jangan pikirkan hari esok, pikirkan setahun kedepan

romance drama

Baiklah sekian review drama The First Responders ini. Buat yang suka drama aksi penyelamatan dan misteri kalian harus nonton drama ini. Dramanya tidak mengecewakan.

  

Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Jujurly, aku bukan penggemar drakor. Tapi setelah baca review drakor ini, aku auto tertarik dan pingin banget nonton.... JAlan ceritanya unik, aktingnya jawara....

    BalasHapus
  2. Suka Rowoonnya sih. Masuk list nonton dulu aja, deh. Suka sama sinopsis dan reviewnya. Cerita detektif emang kegemaran selain drama keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Rowon mba. Ini Kim Rae Won. Beda orang 😁

      Hapus
  3. Eh ketemu Rawon lagi, ceritanya unik nih wajib masuk list tontonan (list tontonan numpuk) 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya mirip ya pak. Tp bukan Rowon. Beda orang ini hahaha

      Hapus
  4. Udah lama banget ga menikmati sajian khas Korea, bukan kuliner tapi drakor nya. Kayak kulineenya, drakornya bikin semua ketagihan. Apalagi dengan aktor kesayangan, bikin makin ga mau beranjak

    BalasHapus
  5. Mbaaaak. Aku belum sempat nonton ini padahal udah lama kan masuk wishlist. Ya ampun mo liburaaan mo nonton :(

    Kalo vibesnya kayak Beyond Evil wah mesti ditonton. Gilaak. Keren banget sih itu. Ini juga kayaknya minta banget ditonton..

    Btw, quote nya yang terakhir beneran menginspirasi. Makasih yak :*

    BalasHapus
  6. Kakak yang satu ini memang juara banget kalau bahas korea-an...jadi referensi buat saya yang blank sama sekali...cus mau nonton jugaaa

    BalasHapus
  7. Jadi film The First Responders ini film ala ala CSI versi korsel kali ya? Begitu sih yang aku tangkap. Kalau ceritanya to be continue per episode aku nggak tertarik. Nggak kuat menahan pinisirin wkwk. TPi kayaknya filmnya sekali putus gitu ya? Tapi aku suka sama cara mengungkap misteri gitu sih.. Nyari ah filmnya.

    BalasHapus
  8. Aku tuh drakor lebih suka romantic comedy, tp baca ini seru juga, bikin mindblowing dan penasaran. Masuk list nih soon ^^

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif