Drama Korea Brain Works : Belajar Ilmu Otak Bareng Jung Yong Hwa

review drama brain works


Anyeonghaseyo ilbi chingu...

Satu percobaan lebih baik daripada hanya berfikir

-Shin Ha Ru 2023

Boice (Penggemar CNBLUE) kalian sudah menonton drama terbaru sang vokalis (Jung Yong Hwa). FYI, buat yang belum tahu jadi Jung Yong Hwa ini adalah vokalis di grup band bernama CNBLUE. 

Member CNBLUE terdiri dari tiga orang yaitu Jung Yong Hwa, Kang Min Hyuk dan Lee Jung Shin. Mereka ini udah bolak balik membintangi berbagai drama ya chingu. Tidak bersama-sama dengan member tapi berjalan sendiri-sendiri.

Oke balik ke drama yang dibintangi oleh Jung Yong Hwa yang dibintangi ini berjudul Brain Works. Dari judulnya sudah ketahuan dong ya drama yang ada hubungannya dengan otak. 

Awalnya kukira Jung Yong Hwa ini berperan sebagai dokter tapi ternyata bukan chingu. Lebih tepatnya dia adalah doktor yang bergelut di bidang penelitian otak manusia. Dia mempelajari struktur otak yang penuh teka teki.

Neurosains adalah ilmu yang mempelajari sistem saraf makhluk hidup yang fokusnya adalah seluk- beluk otak manusia. Bersama Jung Yong Hwa kita diajak belajar tentang ilmu otak ini chingu... seperti apa dramanya??? Yuk kita bahas


Pemain drama Brain Works

Jung Yong Hwa sebagai Shin Ha Ru

Cha Tae Hyun sebagai Geum Myung Sa

Kwak Sun Young sebagai Seol So Jung

Ye Ji Won sebagai Kim Mo Ran

Kim Soo Jin sebagai Shin Ji Hyeong


Profil drama Brain Works

Judul : Brain Works / Brain Cooperation 

Hangeul : 두뇌공조 

Romanisasi : Donwegongjo

Sutradara : Lee Jin Seo

Penulis : Park Kyung Sun

Tayang : KBS2, Vidio

Waktu Tayang : Senin-Selasa

Episode : 16 


Sinopsis Drama Brain Works

Shin Ha Ru adalah seorang ahli ilmu saraf yang sangat tergila-gila dalam mempelajari otak manusia. Dia adalah tipe orang yang mengusahakan segala cara untuk mendapatkan keinginannya. Dia sangat percaya diri akan dirinya dan kemampuannya. Tapi dia tidak memiliki hati yang hangat kepada sesama. Kurang pandai bersosialisasi terhadap orang. 

Geum Myung Sa adalah seorang detektif yang baik hati dan berprestasi. Kini dia bertugas di bagian tindak kriminal yang berhubungan dengan saraf. Dia dipimpin oleh kapten wanita Seol So Jung yang pemalu. Tapi karena mengalami kecelakaan kepribadian kapten Seol berubah drastis. 

Karena suatu kesalahan Shin Ha Ru harus terlibat dengan detektif Geum Myung Sa. Shin Ha Ru bertekad membalas dendam kepada sang detektif dengan cara bekerjasama dengannya. Menjatuhkannya secara perlahan.


Teman Tapi Dendam

drama jung yong hwa cha tae hyun


Masalah bisa menjadi berkah bagi sebagian orang

-Shin Ha Ru

Detektif Geum Myung Sa tanpa sadar mengungkapkan kesalahan fatal Shin Ha Ru. Fakta ini sejatinya hanya diketahui oleh asisten Ha Ru. Tapi kemudian muncul berita dan cukup membuat heboh  masyarakat sehingga mempengaruhi kredibilitasnya sebagai doktor di lembaga penelitian. 

Ha Ru yang mengetahui siapa sumber kebocoran informasi rahasia tersebut langsung dendam bin murka. Karena dia sampai harus kehilangan pekerjaannya.

Balas dendam yang direncanakan oleh Shin Ha Ru ini dilakukan dengan cara cerdas karena dia adalah ahli dalam mengetahui isi otak manusia tapi juga berakhir kocak. Dia berusaha mencari celah busuk detektif Myung Sa tapi justru dia jadi membantu sang detektif mendapat penghargaan.

Dua orang ini jadi kombinasi layaknya serial Tom & Jerry. Kadang berantem tapi ya kadang bekerjasama menyelesaikan kasus. Dalam menyelesaikan kasus dia selalu menemukan hal baru yang bisa dipelajari daripada hanya berdiam diri dalam ruang penelitian. 


Belajar Ilmu Otak bersama Doktor Tampan

jung yong hwa

Chingu pasti tahu kan kalau drama Korea itu menghadirkan cerita penuh riset mendalam. Kita bisa lho belajar dari drama Korea. 

Di drama ini kita akan belajar memahami bagaimana otak manusia bekerja. Shin Ha Ru akan menjelaskan bagaimana otak mempengaruhi perilaku manusia. Terdapat animasi lucu juga yang membantu menjelaskan deskripsi dengan jelas.

Otak adalah pendongeng yang baik 

-Kapten Seol 

Kalian tahu ngga sih kalau ada penyakit dimana orang tidak bisa mengenali wajahnya sendiri apalagi wajah pasangannya. Penyakit ini dinamakan prosopagnosia. Penyakit ini beneran ada lho bukan fiksi dalam drama. 

Mengutip dari situs terkenal alodokter, Prosopagnosia atau face blindness disebabkan oleh kelainan genetik atau masalah pada otak yang berfungsi untuk mendeteksi dan mengingat wajah.

Satu lagi ada juga yang dinamakan sindrom Capgras yaitu kondisi yang ditandai dengan kepercayaan delesional seseorang menegenai orang yang dikasihi baik itu anak, istri, suami orang tua telah tergantikan oleh impositors. 

Penderita sindrom ini mengalami delusi yang membuatnya salah atau tidak mampu mengenali orang terdekat. Penderita bersikeras menganggap bahwa orang itu (keluarga atau teman) adalah orang asing atau digantikan oleh penipu yang sedang menyamar karena mereka tidak merasa kedekatan emosional dengan orang tersebut.  

Penjelasannya rumit??? Maka dalam dramanya sudah disajikan cerita yang memudahkan kita untuk memahami dua kondisi kelainan ini. 

Sebagai orang awam tentunya ini adalah pengetahuan baru bagi aku. Setidaknya menambah kosakata baru kalau ada lho kelainan yang terdengar tidak masuk akal ini. 


Brain Washing Terpidana Mati

Kalian pasti kenal kakek-kakek ini yang suka muncul di berbagai drama tapi perannya selalu antagonis. Pelaku kejahatan atau orang yang suka menindas karena memiliki kekuasaan.

kdrama brain works

Nah di drama ini juga karakter yang diperankan masih sama. Karakternya kali ini adalah seorang tahanan terpidana mati dengan otak psikopat. Dia membunuh pasiennya dengan tindakan malpraktek ala-ala serial barat itu. 

Ibarat kata beliau ini adalah seniornya doktor Shin Ha Ru. Rekan kerja bapaknya Ha Ru. Dia juga paham ilmu neurosains. Lha dia adalah doktor hebat dan terkenal yang sayangnya menyalahgunakan kepintarannya dengan dalih otak psikopat yang tidak bisa ditolak.

Beliau ini pandai banget mencuci otak orang disekitarnya agar melakukan kejahatan. Targetnya tentu sipir penjara yang sering berhubungan dengannya. Beliau ini bisa dikatakan tahanan istimewa ya. Ditempatkan di tahanan isolasi tapi tetep mendapat keistimewaan dibanding tahanan maling ayam. Eh kok jadi maling ayam. 

Saking gabutnya dia dipenjara mulailah dia menghasut para sipir sampai ada yang bunuh diri lah bahkan sampai melakukan pembunuhan juga. Nah beliau ini juga sedang mengkonfrontasi otak Shin Ha Ru. Apakah Shin Ha Ru akan terpengaruh?? 


Kesan Menonton Drama Brain Works

Otak kita tidak akrab dengan konsep penyangkalan, itulah sebabnya kita tidak bisa menyuruhnya berhenti melakukan sesuatu

-Shin Ha Ru 

Karena aku adalah penggemar Jung Yong Hwa jadi drama ini wajib ditonton. So far jalan ceritanya tidak mengecewakan. Aktingnya disini tentu aku suka. Setelah berakting jadi cowok kulkas sepuluh pintu dalam drama Heartstring lalu jadi lelaki yang suka kesurupan dalam drama Sell Your Haunted House

Ngga kalah kocak berakting jadi cowok aneh di drama The Package. Kali ini dia masih di zona terbaiknya jadi lelaki egois bin jutek. Emang wajahnya kurang cocok untuk memerankan tokoh kocak. 

kesan menonton drama brain works

Bromance dengan Cha Tae Hyun menghadirkan warna tersendiri pada karakternya. Apalagi peran Cha Tae Hyun disini masih karakter kocak ya. Jadi perpaduan kedua orang ini menciptakan harmonisasi.

Tidak kalah bikin penasaran adalah masa lalu Shin Ha Ru yang masih menjadi misteri terlebih ada seorang psikopat yang sedang mengincar dirinya. Apakah kehadiran detektif Geum Myung Sa akan menyelamatkan Shin Ha Ru dan merubah karakter dirinya??

Itulah review drama Brain Works yang diperankan oleh Jung Yong Hwa. Drama ini mengedukasi kita sebagai orang awam bahwa ada kelainan yang terlihat aneh tapi nyata adanya. Penasaran bukan? Yuk ditonton dramanya. 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다




Sumber :

https://psikologi.ugm.ac.id/fakultas-psikologi-ugm-gencar-perkenalkan-pendekatan-neurosains/

https://www.alodokter.com/mengenal-prosopagnosia-kondisi-ketika-sulit-mengidentifikasi-wajah

https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/apa-itu-sindrom-capgras/

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar