Drama See You In My 19th Life: Belenggu Reinkarnasi

review drama see you in my 19th life

Drama Korea yang menceritakan tentang reinkarnasi bukan drama ini saja. Ada cukup banyak judul yang mengambil cerita tentang kelahiran kembali ini. Banyak juga sudut pandang yang digunakan. 

Drama See You In My 19th Life secara keseluruhan aku menyukai cara penulis menggambarkan tentang reinkarnasi. Sepanjang drama tentang kelahiran berulang yang pernah aku tonton, penggambaran tentang reinkarnasi disini cukup menarik.

Biasanya drama tentang reinkarnasi si tokoh utama ini lahir kembali dengan rupa yang sama alias diperankan oleh satu orang gitu hanya berbeda jaman. 

Sudut pandang yang diambil umumnya dari jaman Goryeo, Joseon atau masa penjajahan Jepang ke kehidupan masa kini. Tergantung setting waktu yang digunakan.

Sementara drama See You In My 19th Life setiap kehidupan yang dijalani itu berbeda-beda dan berbeda pula yang memerankan. Di suatu masa dia terlahir sebagai laki-laki. Dimasa lain dia terlahir sebagai perempuan. Dan itu lebih masuk akal bagiku ya. Meskipun fantasi aku tetap menuntut masuk secara logika sih. 

Jadi drama See You In My 19th Life menceritakan tentang apa? Mari kita review drama See You In My 19th Life.


Cast Drama See You In My 19th Life

Shin Hye Sun sebagai Ban Ji Eum

Ahn Bo Hyun sebagai Mun Seo Ha

Ha Yoon Kyung sebagai Yoon Cho Won 

Ahn Dong Go sebagai Ha Do Yun

Kim Si A sebagai Yoon Ju Won

Cha Chung Hwa sebagai Kim Ae Gyeong 

Lee Chae Min sebagai Kang Min Gi


Profile Drama

Judul: See You In My 19 Life

Hangeul: 이번 생도 잘 부탁해

Romanisasi: Ibeon Saengdo Jal Butakhae

Sutradara: Lee Na Jeong

Penulis: Lee Hye (webcomic), Choi Young Rin

Episode: 12

Network: tvN, Netflix


Sinopsis Drama See You In My 19 Life

sinopsis drama see you in my 19th life

Pada kehidupannya yang ke 18 dia terlahir sebagai Yoon Ju Won. Terlahir dalam keluarga kaya dan keluarga yang hangat. Yoon Ju Won yang berumur 12 tahun bertemu dengan anak laki-laki sahabat dari ibunya bernama Mun Seo Ha.

Mereka menjadi dekat dan Yoon Ju Won bisa hidup layaknya anak berusia 12 tahun tanpa memikirkan kenangan dari kehidupan di masa lalunya. Bersama Mun Seo Ha dia merasakan beban dalam dirinya berkurang. 

Sayangnya hidup Yoon Ju Won tidak lama. Dia meninggal dalam kecelakaan bersama Mun Seo Ha. Dan itu membuat trauma dan kesedihan jangka panjang bagi Mun Seo Ha yang selamat seorang diri.

Dalam kehidupannya yang ke 19 kini dia terlahir sebagai Ban Ji Eum. Dia yang mengingat hampir semua kehidupannya ingin bertemu lagi dengan Mun Seo Ha. 


Kenangan Masa Lalu

see you in my 19th life menceritakan tentang apa?

Kenapa aku bisa mengingat kehidupan lampauku? Apakah ini kutukan atau berkat bagiku. Apapun itu aku memutuskan untuk menerima takdirku. 

-Ban Ji Eum

Terlahir dengan memiliki keistimewaan bisa menjadi berkah bisa juga musibah. Setiap menginjak usia 8 tahun dia selalu bisa mengingat kehidupan masa lalunya. Awalnya terasa membingungkan tapi dia kemudian mulai terbiasa.

Di kehidupannya yang ke 19 dia masih terpaku pada Mun Seo Ha. Ban Ji Eum tanpa patah semangat terus menunggu agar bisa bertemu dengan Mun Seo Ha. 

Kesempatan untuk bertemu itu akhirnya datang juga. Bersamaan dengan tantangan yang juga akan datang. Mun Seo Ha masih terbelenggu dengan masa lalunya. Sehingga dia susah untuk membuka hati pada orang baru.

Kehilangan orang yang dia sayangi juga menciptakan trauma tersendiri baginya. Sehingga tidak mudah Mun Seo Ha menerima Ban Ji Eum yang tiba-tiba muncul dalam kehidupanya. 

Ban Ji Eum juga terus menyeret orang dimasa lalunya untuk kembali bersama. Dia memilih tinggal dengan keponakannya pada kehidupan dia sebelumnya. Kim Ae Gyeong yang mempercayai akhirnya membesarkan Ban Ji Eum yang dahulunya adalah pamannya.

Dia juga mengungkapkan kebenaran yang selama ini tidak bisa dia ceritakan kepada siapapun. Dia memberitahu Yoon Cho Won tentang dirinya dan masa lalunya yang dia ingat. Tentu tidak mudah untuk diterima.  


Beban Ban Ji Eum 

Hidup menjadi Ban Ji Eum sangat tidak mudah. Lahir di keluarga berantakan dan ayah yang tidak bertanggung jawab. Meski dia sudah memutuskan hubungan dengan keluarganya kini dia justru mendapatkan fakta bahwa ayahnya merupakan pelaku tabrak lari.

Ayahnya di masa sekarang adalah orang yang menyebabkan Yoon Ju Won meninggal di usia muda. Fakta bahwa kecelakaan di masa lalu tersebut bukanlah sekedar kecelakaan biasa. Melainkan ulah dari anggota keluarga Mun Seo Ha itu sendiri. 

Permasalahan menyedihkan keluarga lain hanya sebatas hiburan bagi orang lain

-Mun Seo Ha

Alasan Mun Seo Ha tidak membuka diri dan berhati-hati dengan Ban Ji Eum tidak lain karena Yoon Ju Won. Ban Ji Eum yang bersaing dengan dirinya sendiri. 

Dia harus melihat bagaimana orang-orang di kehidupannya sebelumnya merasa tersiksa akan kepergian dirinya. Dan ini adalah hal baru baginya.

Kehidupan ke 19 ini berbeda dari kehidupan dia sebelumnya. 


Segalanya Memiliki Awal Dan Akhir 

Pasti ada alasan kenapa Ban Ji Eum mengalami kelahiran berulang dan dia bisa mengingat semua kehidupan yang pernah dijalani itu. 

Sepintas di pertengahan episode mulai muncul masa jaman Goryeo. Ingatan yang hadir dalam bentuk mimpi. 

Sampai akhirnya semuanya terungkap. Kim Min Gi mengetahui cara agar dia bisa lepas dari ikatan reinkarnasi. Dan benar saja semua berawal dari kehidupan pertama kali. 

Kuncinya adalah mencari dendam apa yang dimiliki dalam kehidupan pertama tersebut. Untuk bisa mengakhiri kita harus tahu awalnya. 


Kesan Menonton Drama See You In My 19 Life

kesan menonton drama

Awalnya udah suka melihat Shin Hye Sun kembali bersama dengan dayangnya dalam drama Mr. Queen. Jadi berasa melanjutkan kisah drama tersebut.

Aku juga suka akting Shin Hye Sun disini. Beberapa adegan justru mengingatkanku dengan drama dia sebelumnya yaitu Angels Last Mission: Love. 

Ahn Bo Hyun setelah perannya jadi tentara bisa tampil apik sebagai Mun Seo Ha yang lemah dan imut. Duh meresahkan... Yang pasti tampilannya lebih oke sih ketimbang perannya di drama Yumi's Cells season 1

Dari segi cerita cukup menghibur hanya saja konflik yang dihadirkan tidak dieksekusi secara maksimal. Tidak mengguncang kehidupan gitu. 

Konflik yang dihadirkan ada dua. Pertama tentang kecelakaan mobil Mun Seo Ha yang menewaskan Yoon Ju Won ternyata didalangi oleh pamannya sendiri. Oke sih sebenarnya bukan maksudnya mencelakai keponakannya. 

Tapi tetap ada konflik yang bikin penasaran pada awalnya. Hanya saja semuanya seolah lancar tanpa hambatan kayak saluran air aja. Eksekusi konfliknya kayak "lho udahan gitu doang".

Konflik kedua adalah hubungan Mun Seo Ha dan Ban Ji Eum. Kenangan masa lalu Ban Ji Eum yang menyebabkan dia terus mengingat kehidupan berulangnya. Berimbas akan hubungannya dengan Mun Seo Ha kedepannya. 

Jadi rasa penasaran akan misteri reinkarnasi tersebut berhasil terjawabkan ya. Hanya saja semuanya ringan gitu. Oke balik lagi ke genre sih tepatnya. 

Menurutku drama ini cocok untuk kalian yang suka cerita ringan, minim konflik dan romantis. 


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar