7 Alasan Tetap Menonton Drama Korea

Annyeonghaseo (안녕하세요) Chingu...

Aku mau membahas alasan apa yang membuat orang menggemari drama korea? Sering loh orang bilang ngedrakor itu salah satu aktifitas buang-buang waktu. Hmmm aku sendiri sih ngga setuju ya. 

Setiap orang punya cara mereka sendiri dalam menikmati waktu mereka. Hidup tidak melulu harus bekerja terus-terusan. Pekerja kantoran aja punya hari libur. Apalagi kami sebagai emak-emak yang harus dirumah aja, waktu 24 jam itu bisa berasa kurang loh. Ada aja kerjaannya. 

Inilah alasan aku tetap menonton drama Korea.

1. Sinematografi Memanjakan Mata

Udah bukan rahasia sih ya kalo sinematografinya drama Korea itu bisa sekelas film. Padahal ini drama loh yang episodenya bisa 16 atau 32 tergantung durasinya. 

Kalian pasti pernah nonton drama hits Goblin atau Its Okay To Not Be Okay atau The Legend of Blue Sea. Gimana sinematografisnya? ngga nyangka kan kalo salah satu adegan fenomenal dalam drama Goblin syutingnya cuma dilakukan dalam ruangan tapi hasilnya bisa keren banget. 

Atau rumahnya Ko Mun Yeong dalam drama Its Okay To Not Be Okay yang bak istana itu ternyata cuma efek CGI loh. Hasil akhirnya sungguh smooth, bikin takjub.

2. Temanya Bermacam-Macam

Tema yang diangkat di drama Korea ngga itu-itu aja. Beda sama tayangan stasiun tv lokal kita yang ngga jauh-jauh dari harta, tahta, wanita dan warisan, hahaha. 

Kalo drakor temanya ada aja. Mulai dari yang fantasi sampai slice of life. Tema kedokteran, prostitusi, bullying, game seperti drama Memories of Alhambra. Sampai drama hits Start Up tentang bisnis. Tentunya masih banyak tema yang bisa dipilih sesuai selera kita.

3. Kualitas Akting Pemerannya

Sudah tidak diragukan lagi kalau aktor dan aktrisnya memiliki kemampuan akting yang bukan abal-abal apalagi cuma modal tampang. Mereka memulai akting perannya dari bawah, sampai bisa menjadi pemeran utama. 

Mereka tidak bermodalkan gimmick saja apalagi sensasi. Contohnya saja aktor Lee Jae Wook yang memulai aktingnya dari peran yang tidak dilihat sampai bisa menjadi pemeran utama.

4. Kaya Akan Pesan/ Hikmah

Setiap drama genre apapun itu selalu menyelipkan pesan atau hikmah yang disampaikan. Itulah mengapa aku menyukai drama Korea. 

5. Memberi Wawasan

Meskipun sebagai hiburan namun ada saja wawasan yang bisa diambil dari sebuah drama. Misalkan saja kita menonton drama dengan tema medis. Tentu banyak istilah medis yang sebelumnya tidak kita ketahui tapi karena nonton drama akhirnya kita jadi tau istilah medis.

Saat aku menonton drama Fix You/ Soul Mechanic yang membahas mengenai kesehatan mental. Aku jadi tau istilah penyakit mental ada ADHD, PTSD, BPD dan lainnya. 

Drama ini memberikan banyak wawasan mengenai kesehatan mental loh. Bagi yang belum nonton aku merekomendasikan drama ini sih.

6. Episodenya Singkat

Nah ini salah satu kelebihan drakor. Episodenya singkat. Kalo dulu 20 episode udah lumayan banyak. Sekarang ini episodenya paling banyak 16 tergantung durasi per episodenya. Bahkan ada drama singkat dengan hanya 8 atau 10 episode saja. Meskipun singkat tapi tetep poin-poin utamanya masih ada.

7. Mencari Inspirasi

Menonton drakor bisa memunculkan inspirasi. Bisa inspirasi fashionnya, makeup aktrisnya bahakan gaya rambutnya, hahaha. Tapi bagi blogger nonton drakor bisa jadi buat bahan tulisan. Biasanya setelah nonton drakor atau pas lagi nonton itu inspirasi mendadak nongol. 

Itulah berbagai alasan menonton drama Korea. Jadi sebenarnya ngedrakor itu bukanlah hal yang tidak bermanfaat. 

Bisa jadi bermanfaat kok asal ngga dibawa di kehidupan nyata dan kitanya bisa mengatur waktu. Kita juga jadi terinspirasi buat belajar bahasa Korea kan. Jadi nambah ilmu baru juga.         


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다

Baca Juga

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Aku kadang gak tahan nonton drama karena lama mba, udah keburu bosen. Kadang langsung skip episode terakhir aja wkwk

    Tapi kalau menarik harus marathon dan selesai saat itu juga, jadi aku mending menghindari racun drama. Takut kecanduannya itu lho hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bikin kecanduan mbk. Hahaha saking bagusnya. Malah bisa bikin susah move on juga hahaha

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif