Review Drama Korea The King's Affection

review the kings affection

Annyeong, chingu deul! 

Penggemar drama sageuk mana suaranya? Mari merapat! Genre sageuk memang selalu punya magnet khusus yang menarik untuk ditonton. Walaupun masalah utamanya cenderung sama–perebutan kekuasaan di kerajaan, tetapi dengan setiap drama genre sejarah selalu punya ‘kemasan’ berbeda yang jadi ciri khas masing-masing.

The King’s Affection salah satunya. Menurutku, yang paling menarik dari drama ini adalah tokoh utamanya. Raja lazimnya diperankan oleh aktor laki-laki. Di drama ini raja diperankan oleh aktris perempuan. Iya, raja. Bukan ratu.

Sebetulnya ini bukan pertama kalinya aktris perempuan menyamar sebagai pria, terutama dalam drama sageuk. Kalau kamu masih ingat, Park Min Young pernah jadi sarjana di Sungkyungkwan Scandal. Atau Kim Yoo Jung yang jadi kasim muda di Love in Moonlight.

Tapi, di The King’s Affection ini berbeda. Pasalnya yang diperankan bukan tokoh pria biasa, melainkan Putra Mahkota yang akhirnya menjadi Raja Joseon.

Belum lagi kisah cinta yang dialami tokoh-tokoh di sana. Tragis dan begitu membekas di hati penonton. Kisah romansa, intrik politik dan sedikit dibumbui komedi, semua dikemas dalam tayangan yang indah sepanjang 20 episode. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini ya!

Sinopsis Drama The King’s Affection


drama the king affection

Drama The King’s Affection bercerita tentang Dami yang harus berpura-pura menjadi Putra Mahkota, saudara kembarnya, yang meninggal di usia muda.

Kisah tragis ini berawal ketika istri Putra Mahkota terdahulu melahirkan anak kembar. Saat itu anak kembar di yang lahir di istana dianggap sebagai aib dan kutukan. Apalagi yang lahir bukan hanya kembar laki-laki, tetapi sepasang kembar laki-laki dan perempuan.

Raja terdahulu akhirnya memerintahkan untuk membunuh si adik perempuan dan menyembunyikan fakta kelahiran kembar ini dari dunia. Sang istri Putra Mahkota yang tidak tega lalu memutuskan untuk mempertahankan keduanya, namun si adik perempuan harus dikirim keluar istana. Segala upaya dilakukan untuk menyelamatkan si adik perempuan secara sembunyi-sembunyi.

Sampai suatu ketika fakta ini terungkap dan berujung pada terbunuhnya Lee Hwi, Putra Mahkota asli. Sejak saat itulah Dami harus menggantikan posisi kakaknya sebagai pewaris tahta kerajaan dan menjalani dalam kepura-puraan demi keamanan semua pihak.


Profil Drama The King’s Affection


Judul Asli: Yeonmo (연모)

Genre: Historical, Romance, Fiction, Comedy

Network: KBS2 / Netflix

Jumlah Episode: 20

Tanggal Rilis: 11 Oktober-14 Desember 2021

Produser: Song Hyun Wook

Penulis: Lee So Young (cartoon), Han Hee Jung

Pemeran Drama The King’s Affection


Park Eun Bin as Lee Hwi, Dami

Ro Woon SF9 as Jung Ji Un

Nam Yoon Soo as Lee Hyun (Prince Jaeun)

Choi Byung Chan (VICTON) as Kim Ga On

Bae Yoon Kyoung as Shin So Eun

Jung Chae Yeon (former I.O.I) as No Ha Kyung

Choi Myung Bin as young Lee Hwi, young Dami

Go Woo Rim as young Jung Ji Un


Alur Cerita Drama The King’s Affection

Drama ini dibuka dengan peristiwa lahirnya sepasang saudara kembar laki-laki dan perempuan dari istri Putra Mahkota di era Joseon. Karena kelahiran kembar di kerjaan dianggap aib dan membawa petaka, raja terdahulu memerintahkan untuk membunuh adik perempuan dari pasangan kembar tersebut.

Keputusan ini tentu bukan murni ide raja terdahulu dan Putra Mahkota, melainkan ada campur tangan Menteri Han Ki Jae yang punya pengaruh besar dalam kekuasaan raja, yang tak lain adalah kakak ipar raja sekaligus kakek kandung si bayi kembar.

Istri Putra Mahkota tidak mungkin tega membunuh darah dagingnya sendiri. Ia akhirnya mengirim anak perempuannya ke luar istana secara diam-diam.

Di sisi lain, segala upaya dilakukan oleh Han Ki Jae untuk menutupi fakta kelahiran pasangan kembar keturunan Putra Mahkota ini. Semua orang yang mengetahui fakta ini dibantai tragis–dayang, tabib dan perawat yang membantu persalinan dibunuh malam itu juga.

Sampai bertahun-tahun lamanya fakta ini berhasil disembunyikan dari publik. Sampai akhirnya raja terdahulu mangkat dan tahta diturunkan kepada Raja Hyejong. Si kembar laki-laki pun otomatis menjadi Putra Mahkota Lee Hwi. Namun siapa sangka, si adik perempuan ternyata kembali ke istana sebagai dayang muda bernama Dami.

Suatu ketika, Dami bertemu dengan Putra Mahkota Lee Hwi. Mereka pun sama-sama menyadari bahwa mereka memiliki wajah yang mirip bahkan identik. Karena kemiripan wajah inilah Lee Hwi sering meminta Dami menyamar sebagai dirinya agar ia bisa keluar istana tanpa sepengetahuan orang kerajaan.

Ratu yang mengetahui hal ini langsung mengenali bahwa Dami adalah anaknya yang bertahun-tahun silam ia kirim keluar istana. Ratu pun bersusah payah menyembunyikan kenyataan ini dari ayahnya, Han Ki Jae.

Tapi bukan Han Ki Jae namanya kalau tidak mengetahui seluk-beluk peristiwa di istana. Raja Hyejong saja bahkan bertekuk lutut di kekuasaan Han Ki Jae. Akhirnya, Han Ki Jae memerintahkan orang kepercayaannya untuk membunuh Dami.

Saat itu Lee Hwi dan Dami sedang bertukar posisi. Dan, dengan tragisnya, justru Lee Hwi lah yang terbunuh oleh utusan Han Ki Jae. Peristiwa ini hanya diketahui oleh Ratu, dayang kepercayaannya serta sidayang kepercayaan Lee Hwi.

Dami yang bertahan hidup akhirnya mengetahui bahwa Lee Hwi sebetulnya adalah kakak kandungnya. Saudara kembarnya. Sejak saat itulah ia harus hidup dengan berpura-pura menjadi Lee Hwi, sang kakak sekaligus Putra Mahkota, demi keselamatan dan keamanan semua pihak. Hidup yang sama sekali tidak pernah diinginkan, sangat tiba-tiba, tapi mau tidak mau harus ia terima.

Dami harus rela menghapus semua kenangan masa lalunya, termasuk cinta pertamanya, Jung Ji Un. Apalah daya, takdir mempertemukan keduanya setelah bertahun-tahun kemudian Jung Ji Un menjadi bangsawan, tabib sekaligus guru di istana yang mengajar Putra Mahkota secara langsung.

Jung Ji Un dan Lee Hwi (yang sebetulnya adalah Dami) semakin sering berinteraksi satu sama lain. Puncaknya adalah ketika Ji Un membantu Lee Hwi kabur dari istana setelah posisinya sebagai Putra Mahkota dilengserkan akibat taktik politik di kerajaan.

park eun bin dan rowon

Lee Hwi yang terluka harus dirawat oleh Ji Un dan saat itulah fakta bahwa Lee Hwi adalah perempuan diketahui oleh Ji Un.

Di sisi lain, dengan memanfaatkan segala kekuasaannya, Han Ki Jae akhirnya berhasil membawa kembali Lee Hwi ke istana dan menggantikan tahta kerajaan yang kosong setelah Raja Hyejong wafat.

Bagaimana kisah berikutnya? Apakah identitas asli Lee Hwi sebagai perempuan akhirnya terungkap? Bagaimana kisah cintanya dengan Jung Ji Un? Kalau kamu penasaran dengan kelanjutannya, kamu bisa menonton drama ini di Netflix ya, chingu

Kesan Setelah Menonton Drama The King’s Affection

Drama sageuk kayaknya memang selalu punya konflik yang berat ya, karena nggak jauh-jauh dari konflik perebutan kekuasaan atau intrik politik. The King’s Affection ini pun begitu. Tetapi bumbu-bumbu romansa dan komedi di dalamnya yang bikin aku suka. Semuanya dikemas begitu rapi dan indah, sekaligus tragis dan mengenaskan.

Apa sih yang bikin drama jadi recommended? Ini nih kesan yang aku rasakan setelah nonton drama The King’s Affection.

1. Akting Pemain yang Luar Biasa

Aku paling kagum dengan akting Park Eun Bin. Kalau orang yang belum kenal, mungkin ngiranya dia cowok, karena yaa kelihatan ganteng. Padahal dia perempuan. Park Eun Bin betul-betul sukses memerankan karakternya, baik sebagai Lee Hwi dan Dami. Halus banget, nggak kelihatan kalau cewek. Apalagi suara dan mimik mukanya sangat menjiwai peran. Wah, jadi makin terpesona

akting park eun bin

Pemain lainnya juga tidak kalah keren. Kamu pasti tahu Rowoon ‘kan? Terkenal banget ketika main drama Extraordinary You beberapa tahun lalu. Chemistry antara Rowoon dan Park Eun Bin itu lo yang bikin baper. Makanya tidak heran kalau mereka menang kategori Best Couple di KBS Drama Awards tahun itu.

Drama ini juga didukung dengan akting-akting keren dari pemain lainnya seperti Nam Yoon Soo, Bae Soo Bin (yang main drama 49 Days), Kim In Kwon (yang jadi chef kerajaan di Mr. Queen) dan masih banyak lagi aktor lainnya.

2. Cerita Cinta yang Tragis

Drama ini mungkin didominasi dengan konflik perebutan kekuasaan di istana. Selain itu, meski dibumbui dengan komedi, namun kisah cinta antara Lee Hwi a.k.a Dami dan Jung Ji Un adalah kisah yang tragis.

Saat masih muda, kisah cinta keduanya harus dipisahkan secara paksa karena keadaan dan keserakahan. Setelah dewasa dan semua fakta terungkap, Dami dan Ji Un tidak bisa serta merta menunjukkan hubungan mereka karena Dami harus berpura-pura sebagai Lee Hwi, raja Joseon.

Yang paling tragis dan menyakitkan menurutku adalah kenyataan bahwa ayah Jung Ji Un yang merupakan tangan kanan Han Ki Jae adalah orang yang membunuh Lee Hwi asli–kakak kandung Dami. Duh, ini nggak kebayang betapa sakitnya ketika ayah dari orang yang kita cintai adalah pelaku pembunuhan kakak kandung kita sendiri! Nyesek banget, sumpah…

3. OST yang Gak Kalah Keren

Sepanjang menyaksikan drama ini, aku terbuai oleh musik-musik latar yang indah dan merdu. Nggak tanggung-tanggung, soundtrack-soundtrack drama ini dibawakan oleh para penyanyi legenda Korea. Sebut saja Super Junior KRY (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung). Lalu ada Queen of OST, Lyn dan Baek Ji Young. Serta masih banyak lagi penyanyi lain yang suaranya merdu dan enak sekali didengar. Oiya, Rowoon juga kebagian mengisi OST drama ini, lo!

4. Recommended

Menurutku pribadi, drama ini sangat layak ditonton. Recommended, terutama bagi mereka yang suka genre-genre historical. Selain alur cerita yang sukses mengobok-obok perasaan penonton, visual drama ini juga memanjakan mata. Bertabur aktris dan aktor tampan, ditambah view latar Joseon yang digambarkan dengan baik.


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다

Baca Juga

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Hwah ada Ro Woon SF9, pasti banyak yang suka nih dengan aktingnya, apalagi jalan ceritanya lumayan tragis juga, pasti banyak yang penasaran buat nonton

    BalasHapus
  2. Ihh kok tragis bgt dramanya mbaak. Alurnya juga panjang bgt ya. Kisah bayi lahir perempuan yg dibunuh ternyata bukan jaman nabi aja ya, di Korea juga sama.

    BalasHapus
  3. Dramanya menarik banget, sukak sama actingnya eunbi. Intrik politiknya mantep betul. Rowoon punya bapak sadis banget di drama ini T_T

    BalasHapus
  4. Drama yang bikin aku terrowoon-rowoon. Edaaan.... Eddaaan!!! Keren banget eunbining!! Dan suka banget sama roonie di sini!! Wajib nonton sih ini...

    BalasHapus
  5. Menarik ceritanya. Aku juga nyesek sih kalau tahu bahwa ayah dari orang yang kita cinta adalah pembunuh saudara sendiri. Hiks nggak Kuat banget. Kasian duo sejoli ini cinta antara Lee Hwi a.k.a Dami dan Jung Ji Un.

    BalasHapus
  6. Drakor yang berlatar kerajaan keren banget, suka! Apalagi dengan konflik yang diangkat penuh misteri, pasti bikin hati penontonnya deg2an terus, eittss tapi jangan terbawa perasaan sama kisah cinta Dami dan Jung Ji Un, ya! Berat di pikiran hhi

    BalasHapus
  7. Dari The King's Affection ini sukses mengantarkan Pak Eun Bin sebagai Best Actress, netizen award, sama best couple award

    BalasHapus
  8. Uda lama aku tuh nggak nonton Drakor ttg kerajaan. Sekarang pun selera nontonku kalau muncul cupilkan drama/film di video FB baru aku cari judulnya.. kalau gk yaa gk nonton² hehehe
    Tapi khusus utk Drakor nii bakalan masuk wihslist tontonanku dehhh 😍

    BalasHapus
  9. aha menarik seklai ceritanya, keren yan bisa memerankan cowok dan cewek bersamaan, pendalaman karakter yang luar biasa nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, Yuk bijak berkomentar dan tidak menaruh link aktif