Review Drama Doctor Cha Jung Sook: Drama Medis Komedi

review drama doctor cha


Aku melahirkan dan membesarkan dua anak menjadi manusia sesungguhnya. Kurasa membentuk dua orang seperti yang kulakukan jauh lebih baik untuk masa depan dan pembangunan negara 

-dr Cha 2023

Sebagai ibu rumah tangga yang menyandang pendidikan tinggi, sering kali dihadapkan pertanyaan yang kurang mengenakkan. Kenapa memilih menjadi ibu rumah tangga? Ngga sayang ijasahnya??

Sejatinya pertanyaan seperti itu sudah jelas jawabannya tapi selalu ada aja yang usil bertanya. Bisalah jawaban dari dokter Cha diatas bisa ilbi chingu gunakan.

Pembahasan ibu rumah tangga vs ibu bekerja selalu menjadi perbandingan yang tidak ada habisnya. Drama doctor Cha Jung Sook ini menyelipkan hal tersebut dalam alur ceritanya.

Bagaimana peran ibu dalam rumah tangga sebagai istri dan menantu. Tentang merelakan impian dan kembali meraih impian tersebut di usia yang tidak muda lagi. 

Oke kita bahas review dan sinopsis drama Korea doctor Cha Jung Sook...


Pemeran Drama Doctor Cha 

Uhm Jung Hwa sebagai Cha Jung Sook

Kim Byung Chul sebagai Seo In Ho

Myung Se Bin sebagai Choi Seung Hi

Min Wook Hyuk sebagai Roy Kim

Song Ji Ho sebagai Seo Jung Min

Lee Seo Yeon sebagai Seo I Rang

Park Jun Keum sebagai Kwak Ae Sim

Kim Mi Kyung sebagai Oh Deok Rye

Seo A Rin sebagai Choi Eun Seo


Profil Drama 

Judul : Doctor Cha

Hangeul : 닥터 차정숙 

Romanisasi : Dakteo Chajeongsuk

Penulis : Jung Yeo Rang 

Sutradara : Kim Dae Jin

Saluran : JTBC, Netflix

Episode : 16

Tayang : Sabtu & Minggu (15 april - 4 juni 2023)


Sinopsis Drama Doctor Cha Jung Sook

Cha Jung Sook adalah istri dari Seo In Ho. Keduanya ini adalah dokter. Hanya saja mereka ini menikah karena kecelakaan semasa kuliah.

Ketika masa residen, Cha Jung Sook harus berhenti karena melahirkan anak pertamanya. Sementara suaminya kini telah menjabat sebagai dokter kepala ahli bedah. 

Kehidupan sebagai ibu dan istri terus berlanjut sampai 20 tahun usia pernikahan mereka. Ia sibuk mengurus mertua, rumah dan kedua anaknya dengan baik.

Anak pertama telah berhasil lulus sebagai dokter dan sedang magang juga di rumah sakit ayahnya bekerja. Anak kedua sedang persiapan memasuki dunia perguruan tinggi.

Secara tiba-tiba Cha Jung Sook terkena sakit lever yang membutuhkan donor secepatnya. Berhasil selamat dari kematian membuatnya sadar akan apa itu kebahagiaan diri. 

Diapun mulai mencari kebahagiaan dirinya dan memutuskan untuk kembali menjadi dokter dan memulai dari dokter residen pertama. 

Berani Mengejar Mimpi

berani mengejar mimpi

Cha Jung Sook ini suka belajar. Bahkan nilai ujian masuk residen nyaris sempurna. Tapi usianya kini sudah tidak muda lagi. Hampir 50 tahun.

Seperti biasa terjadi pada negara yang menjunjung budaya patriarki. Wanita, seorang ibu rumah tangga ditambah memasuki usia setengah baya sudah tentu auto dicoret. 

Siapa yang ingin mempekerjakan wanita setengah baya sebagai seorang residen tahun pertama. Berbagai kekhawatiran sudah melanda tim seleksi.

Tapi anggaplah nasib sedang berpihak, Cha Jung Sook akhirnya diterima karena salah satu peserta memilih mundur. 

Sebenarnya dari sini kita diajak belajar bahwa berapapun usia kita teruslah berani mengejar mimpi. Memang sebagai wanita ada kalanya kita dihadapkan pada satu pilihan yang harus merelakan mimpi dan peluang.

Selama tidak melupakan mimpi itu aku rasa kita pasti bisa meraih mimpi tersebut entah diusia berapa. Asal tidak mimpi jadi PNS aja sih karena sudah pasti kepentok usia.

Pentingnya Peran Ibu Tapi Sering Diabaikan

Cha Jung Sook ini adalah sosok ibu berdedikasi pada keluarga. Selama ini dia selalu menyiapkan kebutuhan anak, suami dan ibu mertuanya. Bahkan urusan membersihkan rumah juga dilakukannya sendiri.

apa peran ibu di rumah

Tapi ketika musibah menimpanya, suaminya tidak berkenan mendonorkan hati sementara ibu mertuanya jelas-jelas membela putra tersayangnya. Padahal ketika Cha Jung Sook dirawat di rumah sakit sangat terlihat bahwa ada suami dan anak yang tidak terurus. 

Tapi ketika dia kembali sehat kehidupannya kembali seperti biasanya. Ada ibu mertua yang minta dibuatkan jus sehat, ada anak yang selalu bertanya diamana letak barang ini itu. Ditambah suami yang selalu protes rasa kopi buatannya.

Sementara ia sibuk wara wiri bak pembantu ada keluarga yang nampak sedang bercengkrama tertawa di meja makan. Tanpa adanya dirinya. 

Hal itu membuatnya kembali bertanya apa sebenarnya peran dia di dalam keluarga ini? Keluarga yang tampak harmonis dan sempurna ini. 

Disaat itulah dia memutuskan untuk melakukan hal yang membuatnya bahagia dan menikmati hidup. 

Perselingkuhan 

Setelah hidup bersama cukup lama. Rasa suka mulai memudar dan rasa bersyukur mulai menghilang. Cinta suami dan istri tidak mungkin terus membara selamanya 

-dr. Cha Jung Sook

Kisah cinta pertama seperti film Architecture 101 selalu jadi sumber godaan. Seo In Ho ini menikahi Cha Jung Sook karena suatu kekhilafan semasa kuliah. Padahal saat itu Seo In Ho berpacaran dengan Choi Seung Hi dan tidak ada hubungan apa-apa dengan Cha Jung Sook.

Karena situasi yang konyol dia justru menghamili Cha Jung Sook. Bagusnya dia lelaki bertanggung jawab dan menikahinya. Tentu saja ini menimbulkan luka dan dendam bagi Seung Hi. 

Sayangnya cerita cinta lama belum kelar ini menciptakan perselingkuhan. Seung Hi yang masih mencintai In Ho. Ketika mereka bertemu In Ho juga tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia saat bertemu kembali.

Mereka pun akhirnya terlibat hubungan terlarang sampai mempunyai anak. Sayangnya In Ho tidak segera bertobat dan justru jatuh semakin dalam pada hubungan terlarang ini. 

Selalu mengesampingkan istrinya dan membahagiakan selingkuhannya. Sehingga Seung Hi meski sebagai selingkuhan merasa diatas awan.

Pergolakan

Entah kenapa yang namanya istri itu pasti punya insting ketika suaminya bermain api. Ketika dia tahu bahwa suaminya dam Seung Hi bekerja di satu rumah sakit dia mulai menaruh rasa curiga. Terlabih Seung Hi ini adalah pacar In Ho di masa lalu.

Di satu sisi ternyata ada orang lain yang menaruh perhatian lebih ke Cha Jung Sook. Roy Kim tanpa sengaja mengetahui perselingkuhan Seo In Ho. 

adegan komedi drama doctor cha

Lucunya adalah ketika Roy Kim jelas- jelas menyukai Cha Jung Sook terlihat bahwa Seo In Ho merasa cemburu. Padahal dia sendiri juga punya selingkuhan kan.

Meski cinta sudah tidak membara setidaknya harus saling menghargai

-Roy Kim 

Sampai episode 7 kemarin terlihat adanya perebutan cinta antara Roy Kim dan Seo In Ho. Terlebih lagi Cha Jung Sook telah mengetahui jika suaminya menjalin hubungan dengan Seung Hi. 

Kesan & Kesimpulan

Drama Doctor Cha Jung Sook ini cukup menghibur lah. Meski bertemakan medis, jalan ceritanya cukup ringan ditambah melihat aksi komedi Kim Byung Chul. Spesialis peran bapak yang memaksa anak untuk sekolah sesuai keinginannya. 

Sebenarnya ragam aktingnya cukup bagus seperti di drama Sisyphus: The Myth. Cuma memang lebih seru lihat dia berakting komedi terlebih di drama Pegasus Market.

Jalan cerita yang diangkat sebenarnya cukup familier jika digambarkan dalam versi cinta remaja. Hanya saja ini lebih ke hubungan yang lebih dewasa. 

Disajikan dalam konflik rumah tangga dimana ada anak usia dewasa dan remaja. Tiba-tiba ada bujangan tampan yang jatuh cinta dengan ibu beranak dua. 

Berebut cinta dan perhatian dengan suami sah yang jelas melakukan perselingkuhan. Rada makjang memang sih tapi komedinya dapet lah.

Sebagai tontonan ringan dan menghibur ilbi chingu bisa coba nonton drama satu ini


Terimakasih sudah membaca

읽어주셔서 감사합니다

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar